10 Kebiasaan Buruk yang Dapat Membuat Kulit Kusam, Segera Hindari

Sumber: Detik

Wajah yang cerah, mulus, dan bercahaya pasti jadi impian banyak orang, terutama perempuan. Berbagai cara pun dilakukan demi mendapatkan wajah impian tersebut, mulai dari menggunakan berbagai produk skincare, perawatan ke salon, hingga mengonsumsi berbagai suplemen atau vitamin. Meski begitu, kadang ada saja kebiasaan-kebiasaan yang membuat wajah terlihat kusam. Apa saja yah? Baca di bawah ini yah!

Memilih Produk Skincare yang Salah

Foto: Istimewa

Untuk mendapatkan wajah yang cerah dan terlihat sehat, salah satu yang dibutuhkan adalah produk skincare yang tepat. Jika kamu menggunakan produk yang tidak sesuai dengan kulit wajahmu, bukan hanya jerawat bisa muncul di wajahmu, kulit pun akan terkesan kusam dan berminyak.

Sering Terkena Sinat Matahari dan Polusi

Sinar matahari dan polusi jadi penyebab utama kulit wajah terlihat kusam. Terlebih, jika kamu tidak pernah menggunakan tabir surya. Dijamin kulit wajahmu akan semakin terlihat tidak cerah. Untuk itu, pastikan kamu selalu mengawali perawatan wajah dengan menggunakan sunscreen untuk menangkar pengaruh buruk sinar matahari.

Tidak Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Armoura
Gambar: iStockphoto

Banyaknya aktivitas terkadang membuat waktu tidur jadi berkurang. Padahal, waktu tidur memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan dan kecantikan. Ketika tubuh kurang beristirahat, regenerasi sel pun jadi terhambat. Inilah yang membuat wajah jadi terlihat kusam.

Sering Mengalami Stres

Jika kamu telah melakukan berbagai perawatan dengan berbagai macam produk, mungkin masalahnya bukan dari luar atau dalam tubuh, tapi dari apa yang ada di pikiranmu. Stres yang kamu alami bisa meningkatkan kortisol yang memengaruhi aliran darah ke kulit dan menghambat perbaikan kulit.

Tubuh Kurang Mendapatkan Nutrisi Cukup

Armoura
Gambar: Istimewa

Ungkapan ‘you are what you eat’ nampaknya ada benarnya. Ketika tubuh tidak ternutrisi dengan baik, kulit wajah pun akan terlihat kusam dan tidak sehat. Oleh karena itu, jika kamu menginginkan wajah yang cerah dan bersinar, batasi konsumsi garam dan makanan yang digoreng. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak zat antioksidan.

Tidak Membersihkan Wajah Sebelum Tidur

Jika kamu termasuk salah satu orang yang tidur dengan makeup yang masih menempel di wajah, jangan kaget kalau kamu bangun dengan wajah yang tidak segar esok harinya. Tidur dengan makeup dan kotoran yang menempel di wajah tidak hanya akan membuat wajah terlihat kusam, tapi juga menyebabkan jerawat dan menimbulkan penuaan dini.

Tidak Pernah Melakukan Eksfoliasi

Sumber: Sociolla

Sel kulit mati yang menumpuk di wajah juga menjadi penyebab wajah menjadi kusam dan terasa kasar. Eksfoliasi berguna untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati. Jika kamu tidak pernah mengeksfoliasi wajah, maka sel kulit mati yang ada di wajah pun akan semakin banyak dan wajahpun akan terlihat kusam.

Itu tadi kebiasaan-kebiasaan yang bisa menyebabkan wajahmu jadi kusam. Mana nih yang masih sering kamu lakukan? Segera hentikan yah!

Kebiasaan Merokok

Kebiasan merokok juga bisa menyebabkan kulit kusam. Ini karena zat karsinogenik yang terkandung dalam rokok dapat merusak struktur kulit. Asap rokok juga bisa merusak kolagen, membuat kulit tampat pucat, berkerut, dan kusam. Jadi sebisa mungkin, hindari kebiasaan merokok untuk kesehatan kamu, ya. Jika sulit, kamu bisa melakukannya secara perlahan atau meminta bantuan teman, keluarga, hingga dokter.

Kekurangan Antioksidan dan Zat Besi

Armoura
Gambar: Hipwee.com

Tanpa disadari, asupan nutrisi juga dapat memengaruhi kesehatan kulit. Sebab, kurangnya asupan tertentu seperti antioksidan dan zat besi bisa menjadi penyebab kulit kusam. Karena itu, kamu perlu memenuhi asupan antioksidan dan zat besi dalam tubuh dengan mengonsumsi sayur, buah, daging merah, dan makanan lain yang kaya antioksidan dan zat besi. Sebab, antioksidan berfungsi untuk memerangi radikal bebas dalam tubuh dan zat besi berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi antioksidan serta mempertahankan kesehatan kulit.

Kulit Dehidrasi

Kamu tentu tahu kalau sekitar 70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Nah, sebagian besar air tersebut ternyata disimpan di bawah lapisan kulit. Akibatnya, saat tubuh kekurangan cairan, aliran darah ke kulit akan menurun dan membuat kulit menjadi kering, kasar, dan kusam. Kekurangan cairan di lapisan dermis dan di bawah epidermis juga bisa menyebabkan penipisan ketebalan kulit. Untuk mencegahnya, kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas sehari atau disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top