10 Penyebab Kulit Berminyak Saat Puasa, Perhatikan Pola Makan

Armoura

 

Sumber : Istimewa

Di Bulan Ramadhan ini hampir mengubah segala rutinitas harian yang biasa dijalani. Salah satunya ialah perawatan terhadap kulit berminyak. Memang tidak semua orang mengalami kulit berminyak saat puasa, akan tetapi hal ini perlu diwaspadai untuk kesehatan.

Kulit berminyak atau oily merupakan kondisi ketika kelenjar sebaceous menghasilkan terlalu banyak minyak di kulit. Akibatnya, kulit terlihat mengkilap dan berkilau. Kulit yang gampang berminyak bisa jadi masalah yang sangat menjengkelkan. Produk penghilang kulit berminyak, disini. 

Makeup yang dipakai jadi nggak bisa bertahan lama, sungguh merepotkan saat harus touch up berkali-kali. Belum lagi dengan kulit yang jadi gampang jerawatan dan komedoan Ada beberapa penyebab penyebab kulit berminyak yang mungkin terjadi.

Berikut kami rangkum dari berbagai sumber, 5 penyebab kulit berminyak aaat puasa salah satunya ialah perhatikan pola makan, Senin (20/4/2020).

1. Hormon

Sumber : Istimewa

Penyebab kulit berminyak yang pertama ialah kelebihan hormon dihydrotestosterone (DHT) yang bisa memicu kelenjar sebasea memproduksi sebum. Kulit yang gampang berminyak juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Pada wanita, saat premenopause dan selama hamil, kulit wajahnya bisa lebih gampang berminyak dari biasanya. Produk penghilang kulit berminyak, disini. 

2. Lingkungan

Perubahan di lingkungan juga bisa memicu produksi minyak berlebih pada kulit. Saat cuaca sedang lembap, bisa membuat kulit gampang berkeringat dan berminyak sehingga kita harus lebih rutin lagi membersihkan wajah dan menggunakan produk untuk mengatasi kulit berminyak lebih. Produk penghilang kulit berminyak, disini. 

3. Kosmetik yang berlebihan

Sumber : facetofeet.com

Terlalu sering melakukan eksfoliasi, mencuci wajah, dan scrubbing bisa merusak dan jadi penyebab kulit berminyak. Penggunaan produk kosmetik atau makeup yang berlebihan juga bisa menyebabkan kulit jadi lebih gampang berminyak. Produk penghilang kulit berminyak, disini. 

4. Stres

Penyebab kulit berminyak yang keempat ialah Stress. Saat stres bukan cuma kondisi tubuh saja yang akan terganggu, kulit pun ikut bermasalah. Ketika sedang stres, kulit akan memproduksi kelebihan hormon androgen yang dapat menyebabkan kulit berminyak. Jadi menjaga kesehatan mental dan pikiran juga sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan kulitmu.

5. Pola Makan

Sumber : uprint.id

Kurangi konsumsi makanan berminyak dan pedas, makanan cepat saji, produk olahan, dan produk yang berpemanis agar kulit tidak gampang berminyak. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi buah-buahan seperti mentimun, jeruk, dan alpukat serta aneka sayur dan ikan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Hal ini bisa diperhatikan saat puasa agar menjaga pola makan dan terhindar dari kulit berminyak.

6. Usia

Biasanya orang-orang di usia muda lebih rentan mengalami kulit berminyak. Pasalnya, semakin tua usia seseorang produksi minyak di kulit akan semakin sedikit. Kulit yang menua kehilangan protein seperti kolagen. Akibatnya, kelenjar sebaceous pun bekerja lebih lambat. Itu sebabnya banyak orang tua memiliki kulit yang cenderung kering.

7. Cuaca

Sumber :Istimewa

Cuaca panas dan lembap cenderung membuat wajah dan kulit kepala seseorang menjadi lebih berminyak. Oleh karena itu, di musim kemarau terutama, produksi minyak cenderung lebih banyak.

8. Memiliki Pori-Pori yang Besar

Pori-pori wajah bisa membesar dan melebar seiring dengan pertambahan usia, kenaikan berat badan, dan jerawat. Orang yang berpori besar biasanya cenderung memproduksi minyak lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak. Pori-pori wajah yang besar tidak dapat dikecilkan. Namun, Anda bisa menyamarkannya dengan produk riasan untuk meningkatkan kepercayaan diri.

9. Tidak Cocok Dengan Produk Skincare

Sumber : birchbox.com

Kulit berminyak juga kerap disebabkan karena Anda salah memilih produk perawatan kulit. Misalnya, menggunakan krim untuk kulit kombinasi padahal kulit Anda sangat berminyak. Atau menggunakan sampo untuk rambut kering padahal rambut Anda berminyak. Oleh karena itu, sebelum membeli produk perawatan kulit tertentu kenali dulu jenis kulit Anda dan baca label produknya.

10. Kurang Tidur

Kebanyakan orang suka begadang, entah karena hobi atau memang karena tuntutan pekerjaan yang belum selesai. Kurang istirahat atau kurang tidur bisa berpengaruh juga terhadap kesehatan kulit. Apapun alasannya, baik itu karena jalan-jalan, main, menonton TV, atau pekerjaan, semuanya akan memotong jam istirahat malam Anda.

Kebiasaan demikian harus segera dikikis karena malam hari adalah waktunya tidur di mana sel-sel jaringan tubuh mengalami proses perbaikan juga. Kurang tidur bisa membuat kulit menjadi mudah pucat, lesu, kuyu, kusam, serta berminyak, jadi bijaklah dalam menggunakan waktu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top