10 Tips Mencerahkan Siku dan Lutut, Ketahui Cara Mencegahnya

Sumber: Liputan6

Kulit adalah salah satu bagian penting yang perlu dijaga kebersihannya. Namun tak jarang kulit memiliki bagian tertentu yang lebih gelap dari bagian kulit lainnya, terutama kulit lutut dan siku. Terkadang kulit bagian ini hitam dan terlihat tidak menarik dilihat.

Tapi tak usah bingung cari cara untuk mencerahkannya. Ada banyak bahan dapur dan alami murah meriah yang bisa kamu manfaatkan untuk mencerahkan kulit lutut dan siku yang hitam. Simak dan catatan apa saja berikut ini, ya.

Mentimun

Armoura
Gambar: Pixabay

Timun punya sifat natural memutihkan kulit atau mencerahkan. Timun juga bisa melembapkan dan membersihkan sel-sel kulit mati sehingga tidak menumpuk dan menjadikan kulit gelap. Cukup potong secukupnya dan gosok di area hitam, bisa juga dijus dan dicampur dengan air lemon baru digosokkan ke siku atau lutut.

Kunyit

Kunyit sangat baik mencerahkan kulit hitam, membantu menutrisi kulit, mengelupas sel-sel mati dan menghilangkan belang pada kulit. Cukup parut dan gosok merata pada kulit. Jika menggunakan kunyit bubuk, bisa juga dicampur dengan air mawar atau air hangat hingga jadi pasta, baru digosok pada kulit.

Almond

Armoura
Gambar:Netz.id

Kacang almond maupun minyak almond bisa membantu mencerahkan kult. Almond kaya nutrisi, bukan hanya membersihkan kulit tapi juga membuat kulit sehat. Hancurkan kacang almond dan campur dengan yogurt, gosokan ke kulit. Minyak almond bisa langsung dioleskan.

Mint

Pohon Mint bisa dibeli di toko bunga, cukup ambil daunnya, dihancurkan dan campur dengan air lemon. Gosok-gosok dan biarkan hingga kurang lebih 15 menit di kulit. Bukan hanya mencerahkan, tapi juga membuat kulit lebih halus.

Minyak kelapa

Gambar: Alodokter

Bukan hanya baik untuk rambut, tapi juga membantu mencerahkan kulit karena kaya vitamin E. Minyak kelapa cukup dioles 2 kali sehari. Minyak kelapa bisa memperbaiki sel rusak kulit dan mempertahankan dari bahaya radiasi sinar matahari.

Lemon

Lemon punya sifat memutihkan dan membersihkan secara alami, jadi jangan heran jika lemon masuk dalam daftar mencerahkan kulit siku dan lutut. Lemon juga ampuh membantu meregenerasi sel-sel kulit sehat. Gosok merata, biarkan 5 menit lalu bilas. Lakukan rutin di kulit.

Yoghurt

Armoura
Gambar : Istimewa

Yoghurt bisa membatu mencerahkan kulit, membersihkan dan melembabkan kulit secara alami. Bisa juga dicampur dengan air lemon atau kunyit untuk dijadikan peeling lulur untuk menggosok kulit.

Gula

Gula punya kemampuan mengangkat sel-sel kulit mati dengan baik sehingga bisa mencerahkan kult hitam karena tertutup sel kulit mati. Campur dengan minyak zaitun atau minyak kelapa dan scrub bersih di siku dan lutut.

Baking soda

Armoura
Gambar: shutterstock

Baking soda mampu membersihkan bagian lutut dan siku dari kotoran dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dengan cepat. Campur dengan sedikit baking soda dan gosokkan pada kulit.

Lidah buaya

Ambil lidah buaya secukupnya, blender dan bubuhkan pada kulit. Lidah buaya ampuh membuat kulit lembut dan lembab sehingga kulit mudah dibersihkan dan digosok dari sel-sel kulit mati yang keras dan menumpuk hitam.

Jadi, jika ingin kulit lutut dan siku putih seperti bagian kulit tubuhmu, maka 10 bahan alami di atas patut kamu coba dan rutin terapkan setiap hari agar kulit bisa putih bersih.

Bahan-bahan yang Perlu Dihindari untuk Memutihkan Siku dan Lutut

Sumber: Teen.co.id

Perlu diingat, menggunakan bahan alami untuk memutihkan bagian kulit yang hitam harus dilakukan dengan penuh hati-hati. Belum banyak penelitian yang bisa membuktikan efektivitas bahan-bahan di atas untuk memutihkan lutut hitam. Secara khusus, hindarilah penggunaan produk pemutih lutut hitam yang mengandung bahan-bahan ini:

  • – Hidrogen peroksida
  • – Merkuri
  • – Hidrokuinon
  • – Steroid

Beberapa bahan di atas, seperti hidrokuinon dan steroid hanya boleh digunakan jika diresepkan oleh dokter. Sebab, penggunaan dosis yang tidak tepat malah bisa memberikan efek merugikan pada kulit.

Cara Mencegah Siku dan Lutut Hitam

Sumber: Hellosehat

Mencegah kedatangan lutut hitam dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut adalah dua metode pencegahan yang dianggap efektif:

  1. Mengoleskan tabir surya

Mengoleskan tabir surya ke bagian lutut secara rutin, bisa menjadi cara mencegah lutut hitam yang efektif. Sebab, hiperpigmentasi (penyebab lutut hitam) biasanya diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Oleh karena itu, pemakaian krim tabir surya bisa mencegahnya.

  1. Menggunakan melembapkan kulit

Gunakan krim pelembap pada kulit lutut Anda. Selain bisa mencegah kulit lutut hitam, mengoleskan krim pelembap bisa menjaga kulit agar tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top