15 Makanan untuk Jaga Kesehatan Kulit, Bikin Awet Muda dan Jauh dari Gangguan

Armoura
Armoura
Gambar: BP Guide

Semua orang menginginkan kulit yang sehat dan bebas masalah. Lebih baik lagi kalau terlihat segar dan awet muda. Kondisi tersebut bisa dicapai dengan perawatan yang disiplin, baik perawatan dari luar maupun perawatan dari dalam. Perawatan dari dalam maksudnya mengonsumsi makanan sehat agar kulit cantik.

Ada beragam makanan berkhasiat untuk kulit cantik yang bisa dikonsumsi setiap hari. Berikut deretan makanan sehat untuk kulit cantik yang perlu dikonsumsi secara teratur.

Mentimun

Armoura
Gambar: Pixabay

Kandungan air yang dimiliki mentimun akan membantu menghidrasi kulit dari dalam, memperbaiki elastisitas kulit, dan membantu pembentukan kolagen. Selain itu, kandungan air ketimun juga dapat membantu meluruhkan racun dari kulit.

Tomat

Buah yang satu ini kaya akan vitamin C yang penting dalam pembentukan kolagen. Tomat juga kaya akan likopen yang bertindak sebagai tabir surya alami. Jangan lupa untuk dimasak terlebih dahulu. Sebab likopen dalam tomat akan berlipat ganda setelah bersentuhan dengan panas.

Ubi Jalar

Ubi jalar yang berwarna oranye dan ungu merupakan salah satu sumber vitamin A terbaik. Vitamin ini dapat membantu dalam perkembangan sel-sel kulit baru dan dapat membantu memudarkan bekas luka.

Paprika

Vitamin C diperlukan untuk pembentukan kolagen. Karena itulah, sayuran sumber vitamin C yang tinggi seperti paprika kuning dan merah penting untuk dikonsumsi.

Telur

Diet dengan Bahan-bahan yang Ada di Rumah

Telur merupakan sumber protein hewani. Perlu diketahui, protein merupakan komponen penting pembentuk kolagen.

Kacang-kacangan

Menurut Lisa Hayim, ahli diet terdaftar dan pendiri The Well Necessities mengatakan bahwa kulit terdiri dari 75 persen kolagen yang bertanggung jawab menjadikan kulit halus dan elastis. Untuk memproduksi kolagen dalam tubuh, Anda perlu protein yang cukup dalam diet Anda. Protein ini dapat ditemukan dalam makanan rendah lemak dan kolesterol seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

Fillet Daging Ayam

Ahli gizi selebriti Lisa DeFazio, MS, RDN mengatakan bahwa zinc sangat penting untuk produksi kolagen, yang merupakan jaringan ikat yang menyatukan kulit. Zinc juga diperlukan untuk menyembuhkan luka pada kulit. Salah satu sumber zinc yang baik untuk tubuh adalah daging ayam. Singkirkan kulitnya yang mengandung lemak jahat.

Tempe dan Tahu

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga termasuk bahan makanan yang kaya akan Zinc. Jadi tempe dan tahu pun bisa membantu memenuhi kebutuhan Zinc.

Minyak Ikan

Hayim mengatakan bahwa vitamin D berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, dan, karena itu, mungkin memainkan peran penting dalam menghentikan atrofi epidermis yang terjadi dari peregangan berlebihan. Minyak ikan adalah salah satu sumber vitamin D tertinggi, diikuti oleh ikan pedang, tuna, dan kuning telur.

Sayur-sayuran Hijau

Armoura
Sumber foto : theprotean.in

Kelompok sayur-mayur dengan warna hijau seperti bayam, sawi, caisim, dan daun singkong merupakan sumber vitamin A dan vitamin E. Keduanya sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Alpukat

Menggabungkan lemak sehat dalam diet Anda juga akan memberikan elastisitas dan menghasilkan kulit yang sehat. Alpukat merupakan sumber lemak sehat dengan vitamin E berlimpah yang akan membantu melindungi elastisitas kulit.

Ikan Kembung

Omega-3 adalah asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Asam lemak ini juga memainkan peran penting dalam kesehatan kulit. Omega-3 berperan penting bagi pertumbuhan dan perbaikan kulit, menjaga kulit tetap lembap, dan mengurangi peradangan. Salah satu bahan makanan yang mengandung nutrisi ini dalam jumlah tinggi adalah ikan kembung.

Cokelat Hitam

Armoura
Gambar:Istimewa

Kepingan cokelat dengan kandungan kakao di atas 50 persen atau dark chocolate mengandung banyak zat antioksidan yang disebut dengan flavonoid. Zat ini membantu untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas, memperlambat penuaan dini, serta mampu menangkal efek negatif dari sinar matahari pada kesehatan kulit.

Biji Bunga Matahari Vitamin E mudah larut di dalam biji bunga matahari penting sebagai senyawa antioksidan pelinding kulit. Vitamin ini mampu mengangkat sel kulit mati dari dalam sehingga membuat kulit Anda sehat bercahaya.

Oatmeal

Mengonsumsi oatmeal secara rutin setiap hari mampu mencegah muncul kerutan di wajah serta tumbuhnya jerawat dari dalam. Selain itu oatmeal juga mampu menenangkan kulit yang sedang iritasi.

Wortel

Sayuran kegemaran Bugs Bunny ini merupakan sumber utama beta karoten, turunan vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan. Vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang paling penting bagi kesehatan kulit. Wortel juga mengandung vitamin C yang penting untuk memperbaiki kondisi kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top