4 Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa, Enggak Perlu Olahraga

armoura

Di Bulan Ramadan saat ini olahraga menjadi salah satu hal yang mungkin sulit dilakukan oleh sebagian orang. Tak ayal meskipun asupan makanan dibatasi selama puasa, bukan berarti berat badan juga tidak bertambah. Malahan selama bulan puasa bisa menambah berat badan jika tidak mengontrol makanan yang dimakan. Produk menurunkan berat badan terbaik, disini. 

Untuk mensiasati hal tersebut, jika kamu enggak bisa melakukan olahraga namun tetap ingin menurunkan berat badan ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 4 cara menurunkan berat badan saat puasa, nggak perlu olahraga, Sabtu (25/4/2020).

1. Konsumsi banyak protein

Gambar: hello sehat

Protein memiliki fungsi untuk meningkatkan perasaan kenyang sehingga dapat membantu mengrangi kalori. Hormon ghrelin—hormon yang menstimulasi rasa kenyang—dan GLP-1 dapat dirangsang oleh protein.

Berdasarkan penelitian yang dikutip oleh Authority Nutrition, partisipan terbantu untuk memakan 441 lebih sedikit kalori per hari dan dapat menurunkan berat badan sekitar 4 kg dalam 12 minggu, tanpa membatasi apa pun, hanya dengan meningkatkan asupan protein 15-30 persen.

Kita bisa mendapatkan protein dari telur sebagai menu sarapan. Makan telur saat sahur dipercaya akan membantu memasukan asupan kalori lebih sedikit untuk makan siang, bahkan sepanjang hari dan selama 36 jam ke depan. Protein juga dapat ditemukan pada dada ayam, ikan, Greek yogurt, dan kacang almond.

2. Pilih makanan yang banyak serat

Gambar: hello sehat

Cara menurunkan berat badan yang efektif adalah memperbanyak makan serat. Makanan yang kaya akan serat membantu kita merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama. Salah satu jenis serat, yaitu serat kental, dapat membentuk gel ketika terjadi kontak dengan air. Produk menurunkan berat badan terbaik, disini. 

Gel ini akan meningkatkan waktu untuk menyerap nutrisi dan memperlambat pencernaan, sehingga lambung tidak cepat kosong. Serat kental ini dapat ditemukan di sereal gandum, sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji rami. Selain itu, kita juga bisa mendapatkannya pada suplemen glucomannan. Kamu bisa menjadikan makanan serat untuk santapan berbuka.

3. Minum air putih sebelum makan

Gambar: Hipwee.com

Cara lain untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga adalah dengan meminum air putih sebelum makan. Ini dapat membuat kita memakan sedikit kalori. Dehidrasi juga dapat memicu rasa lapar, sebab saat dehidrasi, otak kebingungan menangkap sinyal tubuh, sehingga diterjemahkan sebagai rasa lapar.

Meminum sekitar 0,5 liter air setengah jam sebelum makan, dapat mengurangi rasa lapar. Partisipan dari penelitian yang melakukan cara ini, berat badannya turun sekitar 44% dalam 12 minggu dibandingkan dengan yang tidak melakukan cara ini. Usahakan yang dikonsumsi adalah air putih, hindari minuman manis. Produk menurunkan berat badan terbaik, disini. 

4. Pelan-pelan mengunyah makanan

Gambar: wowkeren.com

Otak butuh waktu untuk memproses apa yang akan kita kerjakan. Begitu juga ketika makan, otak harus memproses bahwa kita sudah cukup kenyang untuk berhenti makan. Mengunyah makan pelan-pelan, merasakan rasa makanan tersebut, lalu menelannya dapat membuat kita sadar bahwa kita sedang makan. Produk menurunkan berat badan terbaik, disini. 

Itulah yang disebut mindful eating. Kamu mungkin sering merasa tidak benar-benar sadar ketika sedang makan karena otak berkelana memikirkan pekerjaan, tugas sekolah, tugas di rumah, dan masih banyak lagi sehingga otak tidak memiliki waktu untuk memproses bahwa kita sudah kenyang.

Menguyah makanan pelan-pelan dapat meningkatkan rasa kenyang, selain itu makanan juga dapat dicerna dengan baik oleh enzim-enzim yang berada di mulut. Kalori yang masuk pun menjadi lebih sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top