4 Manfaat Whey Protein Bagi Kesehatan Tubuh, Kaya Sumber Protein

Armoura
Gambar: Istimewa

Apakah kamu pernah mendengar whey protein? Bagi kamu yang belum tau, whey protein merupakan produk yang dihasilkan dari proses pembuatan keju. Setelah membuat keju, cairan yang menetes dari gumpalan atau ampas susu disebut sebagai whey.

Whey protein lebih dikenal dengan sebutan mentega. Sebelumnya, whey protein dibuang begitu saja. Setelah ditemukan khasiatnya, whey kini jadi santapan lezat. Protein whey umumnya digunakan untuk meningkatkan kinerja atletik dan menambah kekuatan, tetapi bukti yang mendukung penggunaan ini tidak konsisten. Produk diet terbaik, disini. 

Protein whey juga digunakan untuk mengembalikan berat badan pada orang dengan HIV dan membantu mencegah kondisi alergi pada bayi. Berikut telah rangkum dari berbagai sumber, 4 manfaat whey protein bagi kesehatan tubuh yang kaya sumber protein, Jumat (1/5/2020).

1. Kaya sumber protein

Kandungan whey protein sering kita jumpai seperti di dalam produk susu yang sering dikonsumsi. Para ahli menyebut protein whey sebagai ‘protein lengkap’ karena kaya akan semua asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, termasuk untuk memperbaiki otot, tulang, jaringan, organ, dan lain-lain. Produk diet terbaik, disini. 

2. Bisa menurunkan berat badan

Bagi mereka yang melakukan diet, whey protein bisa menurunkan berat badan dan mengonsumsi makanan berkalori rendah. Whey protein bisa dijadikan tambahan jumlah protein yang tinggi dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga bisa secara signifikan menurunkan berat badan dibandingkan yang berdiet dan mengonsumsi protein dengan kadar rendah. Produk diet terbaik, disini. 

3. Menaikkan massa otot

Selain bisa menurunkan berat badan, whey protin juga bisa menaikkan massa otot. Bagi kamu yang berniat menaikan massa otot sangat diuntungkan dengan whey protein yang membantu pembentukan otot terutama setelah habis melakukan olahraga. Selain itu menambahkan bubuk whey protein pada minuman juga membantu mengontrol rasa lapar. Sehingga keinginan untuk makan pun berkurang. Produk diet terbaik, disini. 

4. Berfungsi sebagai antioksidan

Whey protein juga memiliki kandungan glutathione yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan sangat baik terutama untuk wanita yang ingin memiliki kulit tampak lebih muda. Selain itu, antioksidan membantu sistem pertahanan tubuh. Dengan kata lain, whey protein juga sangat bagus untuk system imun dalam tubuh. Produk diet terbaik, disini. 

Efek samping whey protein

Whey protein mungkin aman bagi sebagian besar anak-anak dan orang dewasa ketika diminum dengan dosis yang tepat. Dosis tinggi dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti peningkatan buang air besar, mual, haus, kembung, kram, nafsu makan berkurang, kelelahan, dan sakit kepala.

Namun, tidak ada informasi yang cukup reliabel tentang keamanan mengonsumsi protein whey pada Ibu hamil atau menyusui. Hindari penggunaannya agar tetap aman. Jika kamu alergi terhadap susu sapi, hindari penggunaan protein whey.

Dosis untuk penggunaan whey protein ini juga harus diperhatikan dengan. Untuk penurunan berat badan terkait HIV/AIDS: 8,4-84 gram protein whey setiap harinya, 2,4 gram/kg per hari dalam formula kalori tinggi, atau 42-84 gram per hari dalam formula yang diperkaya glutamin. Untuk kulit merah dan bersisik (psoriasis plak): 5 gram ekstrak protein whey tertentu setiap harinya.

Alangkah lebih baiknya pahami dulu sebelum ingin mengkosumsi whey protein ini jika tidak ingin malah bisa mengakibatkan kerusakan pada tubuh dan kesehatan kamu. Penelitian menunjukkan bahwa minum minuman yang mengandung protein whey setiap hari hingga 2 tahun tidak meningkatkan kepadatan tulang pada wanita pascamenopause dengan osteoporosis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top