4 Obat Pelangsing Badan Alami, Sehat dan Bisa Dikosumsi Selama Puasa

Armoura
Gambar:pixabay

Bulan puasa menjadi bulan yang penuh berkah. Selama satu bulan penuh umat muslim menjalani ibadah puasa. Bulan Ramadan menjadi salah satu momen dimana siapa pun yang menjalankan puasa akan mengalami perubahan yang positif, baik itu secara kualitas ibadah, maupun perubahan yang dialami terhadap tubuh.

Untuk kamu ketahui, penurunan berat badan sangat mungkin terjadi bagi kamu yang menjalankan puasa. Hal ini dikarenakan selama menjalankan puasa frekuensi kamu mengonsumsi makanan menjadi berubah. Jika biasanya 3 kali sehari, kini berubah hanya 2 kali, saat sahur dan ketika berbuka puasa.

Yang harus kamu ketahui juga, apapun bentuk adaptasi gaya hidup yang kamu lakukan selama berpuasa, mulai dari rutinitas, pola makan, hingga aktivitas fisik, tentu akan berpengaruh pada perubahan fisiologis tubuhmu.

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 4 obat pelangsing badan alami yang sehat bisa dibuat sendiri di saat puasa, Kamis (23/4/2020).

1. Jinten

Gambar:pixabay

Di Indonesia biasa dikenal dengan jinten hitam. Herbal ini sangat disarankan untuk mengatasi segala macam penyakit. Dari hasil penelitian, dalam jinten terdapat lebih dari 100 unsur kimia alami yang sangat dibutuhkan tubuh, seperti oleat atau omega 9. Unsur kimia ini sangat penting bagi mereka yang memiliki asam lemak tak jenuh tunggal, menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan lemak baik.

Dalam Jinten juga terdapat asam amino. Setiap biji jinten mengandung 21 persen protein, 35 persen karbohidrat, 35 hingga 38 persen lemak, monosakarida atau gula sederhana dan polisakarida non stratch atau sumber yang berguna untuk serat diet. Jinten bisa dikonsumsi kapan saja, karena baik untuk memperlancar pencernaan dan meningkatkan produksi energi. Obat pelangsing alami disini. 

2. Lada Hitam

Gambar:pixabay

Dalam ilmu pengobatan, lada hitam bisa digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, nyeri, radang dan berbagai keluhan lainnya. Penelitian di Journal of Agricultural and Food Chemestry berusaha menganalisis lada hitam dan ditemukan kandungan piperin, bisa membantu pembakaran lemak. Piperin juga bisa mencegah pembentukan jaringan lemak baru, sekaligus baik untuk diet.

Hasil pengamatan di laboratorium dan simulasi dengan program komputer menunjukkan bahwa kandungan ini dapat mempengaruhi aktivitas gen yang berhubungan dengan kegemukan. Piperin sangat berperan dalam rantai reaksi yang menjaga lemak agar tetap terkontrol kadarnya. Obat pelangsing alami disini.

3. Kayu Manis

Gambar:pixabay

Kayu manis merupakan rempah-rempah sehat dan menjadi salah satu herbal terbaik untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi kayu manis juga bisa membantu menstabilkan kadar gula dalam darah. Efeknya dari mengonsumsi kayu manis, yakni merasa kenyang lebih lama, mengurangi rasa lapar dan mempercepat proses metabolisme lemak. Obat pelangsing alami disini. 

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Diabetes Care Jurnal pada 2003 silam, disebutkan orang yang diberi kapsul kayu manis dalam jumlah enam gram per hari akan mengalami penurunan kadar glukosa antara 18 hingga 29 persen setelah 40 hari.

Kayu manis terbukti membantu tubuh mengontrol kadar gula darah yang memungkinkan untuk memproduksi insulin lebih sedikit. Kayu manis juga menurunkan kolesterol buruk hingga 27 persen. Dan tentu saja akan menurunkan berat badan.

4. Cuka apel

Gambar:pixabay

Cuka apel jenis raw atau mentah yang belum mengalami proses filterisasi merupakan obat pelangsing alami selanjutnya. Selain membantu mencerna lemak, cuka apel juga bisa mencegah timbunan lemak dalam tubuh. Kamu  tinggal mencampurkan 2 sdt cuka apel ke dalam segelas air, lalu minum itu setiap hari – sebaiknya pagi hari sebelum makan. Kamu juga bisa minum segelas air yang diberi masing-masing 1 sdt cuka apel dan air lemon.

Soal batasan konsumsi cuka apel, sebaiknya jangan melebihi 2 sdm per harinya karena dapat menurunkan kadar potasium dalam darah sehingga kepadatan tulang berkurang. obat pelangsing alami disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top