4 Penyebab Jerawat di Pipi yang Bikin Tidak Percaya Diri

Armoura
Armoura
Gambar: Pixabay

Jerawat merupakan sebuah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak berlebih. Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit.

Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil (yang terkadang berisi nanah) di atas kulit. Gangguan kulit ini dapat terjadi di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung.

Salah satu letak jerawat yang kerap muncul ialah di wajah. Di wajah sendiri pipi menjadi salah satu letak yang sering tumbuh jerawat. Namun, tahukah kamu apa penyebab jerawat tumbuh di pipi? Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 4 penyebab jerawat di pipi yang bikin tidak percaya diri, Jumat (15/5/2020).

1. Kebiasaan Menyentuh Wajah

Armoura
Gambar: Pixabay

Penyebab timbulnya jerawat yang pertama yaitu terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan kalian. Sadar atau tidak, kebiasaan menyentuh wajah kerap terjadi di sebagian besar wanita. Baik itu untuk memastikan make up di wajah atau menopang wajah dengan tangan kalian.

Sayangnya, kebiasaan ini merupakan salah satu pemicu timbulnya jerawat di wajah terutama area pipi. Perlu diingat, tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi sarangnya kuman dan bakteri. Tentu saja, dengan menempelkan tangan di wajah mampu membuat kuman dan bakteri berpindah tempat.

Terlebih bila kalian tidak terlalu sering membersihkan wajah, membuat sel kulit mati dan sebum (minyak alami wajah) menjadi menumpuk di kulit. Perpaduan sel kulit mati, sebum dan kuman bakteri inilah yang menyebabkan jerawat muncul tak terbantahkan.

2. Sarung bantal dan sprei yang kotor

Armoura
Gambar: Pixabay

Salah satu penyebab jerawat di pipi adalah sarung bantal dan sprei yang kotor. Sel-sel kulit mati, kotoran, sisa make up, dan bakteri bisa berkumpul di sarung bantal dan sprei. Saat tidur di tempat tidur yang kotor, kotoran dan kuman tersebut bisa menempel di kulit dan menyumbat pori-pori wajah.

Jika sarung bantal dan sprei tidak sering diganti, bisa muncul jerawat di pipi dan area tubuh lainnya. Oleh karena itu, Kamu dianjurkan untuk rutin mengganti sprei beberapa hari sekali atau seminggu sekali. Selain itu, pilihlah sprei berbahan katun yang bisa menyerap keringat dan minyak di wajah, agar tidak menimbulkan jerawat di pipi.

3. Ponsel yang kotor

Armoura
Gambar: Pixabay

Tak hanya tangan, ponsel juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat di pipi. Bahkan, ini merupakan penyebab utama jerawat sering muncul di area pipi. Sebabnya, tidak semua orang memperhatikan kondisi kebersihan ponsel secara menyeluruh. Padahal, ponsel dikenal sebagai salah satu benda yang menjadi sarang kuman dan bakteri selain toilet serta remot.

Terlebih ponsel juga sering bersentuhan langsung dengan tangan. Sayangnya, sebagian dari kalian cenderung akan membersihkan wajah bila ponsel terlihat sangat kotor secara kasat mata. Padahal, ponsel yang terlihat bersih saja belum tentu terjamin bebas dari adanya kuman dan bakteri.

4. Stres berlebih

Armoura
Gambar: Pixabay

Saat mengalami stres berat atau terlalu sering stres, tubuh akan mengalami perubahan hormon. Hal ini dapat berkontribusi pada terbentuknya jerawat di pipi ataupun di bagian tubuh lainnya. Maka dari itu, kurangi stres dan beristirahatlah yang cukup agar jerawat di pipi tidak sering muncul.

Selain karena beberapa penyebab di atas, jerawat juga bisa muncul karena efek samping penggunaan pil KB, kehamilan, menjelang menstruasi, sering berkeringat, hingga faktor keturunan. Agar jerawat tidak muncul di pipi atau bagian tubuh lainnya, perhatikan jenis makanan dan minuman yang Kamu konsumsi. Selain itu, rutinlah berolahraga, selalu cuci tangan sebelum memegang wajah, cuci muka dua kali sehari, dan bersihkan make up sebelum tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top