4 Sabun Pemutih Alami dan Ampuh, Tanpa Efek Samping

Foto: webbly.co

Banyak orang berusaha untuk mendapatkan kulit yang cerah dengan menggunakan produk kecantikan atau melakukan perawatan tertentu. Namun, itu semua membutuhkan biaya lebih dan kandungan kimianya bisa berdampak pada kulit dari waktu ke waktu. Nah, sebelum kamu mengunjungi klinik kecantikan, pertimbangkan dulu beberapa cara alami untuk memutihkan kulit.

Salah satunya dengan menggunakan sabun pemutih alami. Sabun pemutih alami dianggap sebagai cara mendapatkan kulit yang lebih cerah tanpa membutuhkan dana yang besar. Dengan menggunakan sabun pemutih alami juga sehat bagi kulit tanpa efek samping.

Sabun pemutih alami dapat bekerja dengan mengurangi kadar pigmen melanin di kulit sehingga kulit akan tampak lebih cerah dan putih. Untuk mengaktifkan proses ini, produsen sabun biasanya menggunakan beberapa bahan pemutih yang tidak semuanya aman untuk kulit.

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, sabun pemutih alami yang ampuh bikin kulit bersih, tanpa efek samping.

Sabun Pemutih Alami dari Herbal

Armoura
Sumber: Pixabay

Untuk membuat sabun mandi dari bahan herbal, semua herbal yang akan digunakan harus dikeringkan terlebih dahulu. Beberapa bahan herbal yang kerap digunakan untuk membuat sabun alami, ialah lavender, chamomile, serai, hingga oakmoss.

Sabun Pemutih Alami dari Minyak Alami

Beberapa jenis minyak alami yang kerap digunakan untuk membuat sabun alami ialah minyak atsiri yang berasal dari akar, batang, bunga atau biji dari tanaman tertentu. Cara membuat sabun alami ini cukup dengan mencampurkan beberapa tetes minyak dalam adonan sabun.

Sabun Pemutih Alami dengan Pemilihan Warna

Ada banyak pilihan warna yang bisa kita gunakan untuk membuat sabun mandi alami kita sendiri. Untuk mendapatkan warna sesuai selera, kita bisa menggunakan bahan-bahan alami, seperti kunyit, bubuk cokelat, buat bit, atau bahan alami lainnya.

Sabun Pemutih Cold Process

Proses pembuatan yang kamu baca setelah ini dikenal dengan sebutan cold process. Metode ini cukup sederhana dan mudah karena tidak memerlukan kompor selama proses saponifikasi. Hasil akhir dari Cold Process berupa sabun batang, yang memakan waktu kurang lebih 2-4 minggu untuk benar-benar siap digunakan.

Cara membuat sabun alami sendiri:

Armoura
Sumber: Pixabay
  • Tutupi lantai atau meja yang akan digunakan untuk membuat sabun dengan koran bekas. Kemudian siapkan semua peralatan dan bahan di atasnya.
  • Kenakan sarung tangan, kacamata dan masker.
  • Siapkan mangkuk khusus yang sudah diisi air dingin, kemudian masukkan alkali perlahan-lahan.
  • Tunggu beberapa detik, kemudian aduk alkali hingga berasap dan air berubah menjadi lebih jernih.
  • Kemudian, tambahkan beberapa tetes minyak dengan menggunakan pipet.
  • Setelah itu, diamkan sejenak, dan hangatkan larutan ke dalam oven selama beberapa menit dengan suhu 95 hingga 120 derajat Celsius.
  • Setelah itu, tambahkan lagi beberapa tetes minyak alami dan aduk perlahan selama kurang lebih 5 menit.
  • Aduk hingga larutan berubah mengental seperti pudding.
  • Tambahkan beberapa bahan alami yang diinginkan, kemudian aduk lagi.
  • Setelah itu, masukkan adonan sabun dalam cetakan dan diamkan selama 12-24 jam.
  • Dan, sabun mandi alami siap digunakan.

Manfaat Sabun Pemutih Alami

Armoura
Gambar: Klikdokter

1. Aman untuk Kulit Sensitif

Bagi pemilik kulit sensitif, menemukan sabun yang cocok untuk digunakan sangatlah sulit. Apalagi bahan kimia pada sabun biasa bisa membuat kulit menjadi kering. Maka dari itu sabun organik lebih cocok digunakan untuk kulit sensitif, karena memiliki zat cair yang bersifat hidroskopis, atau mengikat uap air dan udara. Sehingga membantu membuat kulit menjadi lebih lembab, tidak kering, dan lembut.

2. Menyehatkan Kulit tanpa Efek Samping

Bukan hanya berbahaya bagi kulit sensitif, bahan kimia pada sabun memang berbahaya untuk semua jenis kulit. Sabun yang tidak cocok dapat menimbulkan gatal, iritasi, hingga bintik merah pada kulit. Beralih menggunakan sabun organik dapat menjadi solusi, apalagi bila kamu membuatnya sendiri di rumah.

3. Ramah Lingkungan

Bukan hanya berbahaya bagi kulit, sabun yang terbuat dari bahan kimia seperti natrium laurel sulfat juga berbahaya bagi lingkungan. Terutama bagi biota dalam air. Bilasan sabun yang masuk ke dalam saluran akan mengalir masuk ke perairan dan membunuh beragam makhluk hidup di dalamnya. Berbeda dengan bilasan sabun organik yang tidak mengandung bahan kimia di dalamnya.

4. Menunda Penuaan pada Kulit

Salah satu ketakutan terbesar banyak orang adalah mengalami penuaan dini pada kulit. Hal tersebut dapat kamu cegah dengan menggunakan sabun pemutih alami yang lebih aman bagi kulit. Dengan menggunakan sabun organik, kulit akan lebih kencang dan tidak cepat keriput.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top