5 Bahan Alami Masker Jerawat, Alami dan Ampuh Digunakan Saat Ramadhan

Armoura
Gambar: wilesmag.com

Kesehatan dan kebersihan kulit tentunya perlu selalu dijaga dan diperhatikan, terlebih saat bulan puasa. Karena tubuh tidak mengonsumsi apa-apa, metabolisme pun ikut mengalami perubahan. Hasilnya, bukan saja kulit dan bibir cenderung menjadi kering, jerawat pun kadang turut bermunculan.

Salah satu cara untuk menghilangkan jerawat ialah dengan menggunakan masker jerawat. Selain menggunakan krim atau obat, kulit berjerawat membutuhkan perawatan yang rutin. Ini agar sebum dan aneka kotoran dari udara bebas, tidak mudah terperangkap dan menyebabkan peradangan.

Salah satu langkah perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker. Di saat puasa kamu bisa membuat masker jerawat dengan berbagai bahan alami dan mudah ditemukan. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 5 bahan alami masker jerawat yang baik untuk wajah, aman dan ampuh, Jumat (24/4/2020).

  1. 1. Madu
Sumber gambar: Pixabay

Madu merupakan bahan alami yang bisa difungsikan sebagai pelembap bagi kecantikan kulit. Hal ini karena madu memiliki kualitas antiseptik untuk menyembuhkan bakteri dan bekas luka akibat jerawat. Kamu bisa membuat ramuan masker jerawat alami ini dengan mencampurkan madu, kayu manis dan biji pala menjadi satu, kemudian lumuri masker pada wajah setiap tiga kali dalam seminggu. Dijamin dapat menyembuhkan bekas luka jerawat dengan cepat sekaligus mengembalikan kelembaban kulit tanpa menyumbat pori-pori. Obat jerawat disini. 

2. Jeruk Nipis

Gambar: Kitchenbyte.com

Jeruk nipis ampuh untuk merawat kulit dari jerawat loh. Simpel caranya dan pasti memberikan hasil maksimal. Kamu hanya perlu telaten saja melakukannya. Air jeruk nipis banyak mengandung senyawa asam alpha-hydroxy dan juga vitamin C. Efektif mengangkat minyak di wajah sekaligus mampu menghilangkan jerawat.

Kamu tinggal ambil jeruk nipis secukupnya lalu ambil airnya saja dan taruh dalam wadah. Ambil kapas lalu celup pada air jeruk nipis. Oleskan masker jerawat ini pada wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan. Biarkan beberapa saat hingga kandungan air jeruk meresap pada wajah. Lalu bilas sampai bersih dengan air hangat. Obat jerawat alami disini. 

3. Mentimun

Gambar: Pixabay

Mentimun merupakan golongan sayuran yang mengandung banyak sekali mineral di dalamnya. Zat dalam mentimun bisa juga dipakai untuk mengenyahkan jerawat di wajah. Pilih dan gunakan mentimun yang tak terlalu tua namun hindari juga mentimun yang terlalu muda supaya hasilnya lebih maksimal. Masker jerawat dari mentimun ini juga kerap menjadi pilihan banyak orang untuk menghilangkan jerawat.

Ambil mentimun secukupnya lalu kupas dan bersihkan dari kulitnya. Potong mentimun kecil-kecil dan masukkan dalam blender. Haluskan lalu saring untuk menghindarkan air dengan ampasnya. Campur dengan lemon, lalu oles di wajah. Biarkan 30 menit barulah cuci wajah dengan air hangat. Obat jerawat bahan alami disini. 

4. Bengkoang

Gambar: Pixabay

Bengkoang juga sudah lama dikenal memiliki beragam khasiat baik untuk kecantikan. Maka jangan heran jika banyak produk memakai sari bengkoang sebagai bahan dasar produknya. Nah yuk segera membuat masker bengkoang sendiri di rumah.

Siapkan 2 buah bengkoang kemudian kupas sampai bersih. Cuci buahnya supaya steril baru silahkan diparut buahnya. Peras hasil parutan lalu buang ampasnya. Endapkan sari bengkoang dengan mendiamkannya semalaman. Keesokan harinya buang air dan ambil endapan patinya.

Endapan itulah yang bisa dipakai sebagai masker jerawat pada wajah. Bersihkan dulu wajah lalu oles dengan sari bengkoang. Diamkan hingga kering baru bilas dengan air hingga bersih. Obat jerawat alami disini.

5. Tomat dan Alpukat

tomat dan alpukat

Buah tomat dan juga buah alpukat juga bisa jadi masker andalan. Kandungan antioksidan serta vitamin E pada kedua buah ini akan bisa menghilangkan jerawat membandel. Nah segera buat yuk masker jerawat alami dari kedua bahan ini.

Siapkan sedikit saja tomat dan alpukat. Potong sebuah tomat menjadi 4 bagian lalu lakukan hal yang sama dengan alpukatnya. Ambil satu bagian tomat dan satu bagian alpukan dan haluskan. Hilangkan biji tomatnya bisa dengan cara menyaringnya. Bersihkan wajah pakai air hangat lalu aplikasikan masker pada wajah. Diamkan 15 menit sebelum membilas bersih masker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top