5 Cara Kosumsi Buah Plum Untuk Buka Puasa, Sehat dan Bisa Melangsingkan Badan

Armoura
Gambar: Istimewa

Buah-buah’an menjadi salah satu hal yang wajib ada saat berbuka puasa. Apalagi kalau buah-buahan tersebut segar seperti semangka tentunya menjadi menu buka puasa yang terlihat menggiurkan. Namun, untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, salah satu buah-buahan yang direkomendasikan saat buka puasa ialah buah plum.

Buah plum memang sangat baik untuk diet karena mampu melancarkan metabolisme dalam tubuh. Lancarnya metabolisme dalam tubuh ini akan membuat proses pembakaran lemak serta kalori dalam tubuh akan menjadi optimal. Buah plum secara umum aman untuk dikonsumsi karena mengandung lebih dari 15 vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Plum diklaim sebagai buah camilan yang bagus untuk diet karena minim kalori. Satu buah plum segar seberat 100 gram kira-kira mengandung 30-45 kalori. Buah plum juga termasuk makanan tinggi serat yang dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi asupan kalori tambahan yang tidak perlu. Produk diet terbaik disini. 

Buah plum baik sebagai makanan diet turut datang dari kandungan gula sorbitolnya. Sorbitol bersifat laksatif, alias pencahar, yang mampu membantu tubuh lebih cepat menguras kelebihan berat air lewat rutinitas BAB yang lebih lancar. Berikut kami rangkum 5 cara kosumsi buah plum untuk buka puasa, sehat dan bisa melangsingkan badan, Minggu (19/4/2020).

1. Kosumsi secara langsung

Gambar: Istimewa

Buah plum ini memiliki kemiripan bentuk dengan buah apel. Buah plum sendiri merupakan jenis tanaman yang berasal dari famili Rosaceae bersama dengan aprikot, persik, dan nektarin. Memang di Indonesia buah ini kurang familiar, namun bukan berarti buah ini susah ditemukan. Buah plum cocok dimakan saat buka puasa. Produk diet terbaik disini. 

Meski terasa agak manis asam, namun buah ini tetap enak untuk dimakan secara langsung. Selain untuk buka puasa buah plum secara langsung sangat cocok dilakukan saat kamu sedang bersantai alias untuk pengganti cemilan-cemilan berminyak dan berlemak kesukaan.

2. Jus buah plum

Gambar: Istimewa

Cara kedua mengkonsumsi buah plum adalah dengan membuat jus. Adapun cara untuk membuah jus buah plum sangatlah mudah dengan menyediakan beberapa buah plum yang segar, cuci dan potong menjadi beberapa bagian, terakhir blender dengan menambahkan es batu serta madu. Jus buah plum ini biasanya digunakan sebagai metode diet dengan buah plum bagi orang-orang yang tidak mampu mengatasi rasa asam dari buah plum. Oleh karena itu ada tambahan madu di dalam jus buah plum ini.Produk diet terbaik disini. 

3. Pasta buah plum

Gambar: Istimewa

Pasta buah plum ini sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan, hal ini karena buah plum mengandung karbohidrat dan juga serat yang cukup efektif untuk memberi energi serta rasa kenyang hingga waktu makan siang nanti. Mungkin salah satu olahan buah plum dengan dijadikan pasta ini masih terdengar kurang familiar bagi sebagian orang. Mengolah plum menjadi pasta adalah cara makan buah plum yang memang cukup aneh dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Namun demikian, kamu bisa mencoba cara yang satu ini guna menambah variasi dalam mengonsumsi plum. Produk diet terbaik disini. 

4. Salad

Gambar: Istimewa

Selanjutnya  buah plum juga bisa diolah dengan menjadi salad buah.  Kamu bisa mengolah buah plum dengan mengkombinasikan bersama jenis buah-buahan lainnya seperti anggur, stroberi, jeruk, apel, dan melon. Potong kecil-kecil buah plum dan buah lainnya, masukkan ke dalam wadah mangkuk, kemudian beri dressing berupa mustard dan madu. Setelah itu, masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama kurang lebih 60 menit. Keluarkan salad plum dari kulkas dan makan selagi dingin. Produk diet terbaik disini. 

4. Campur dengan Oatmeal

Gambar: Istimewa

Cara terakhir untuk mengolah buah plum adalah dengan dicampur bersama oatmeal. Oatmeal atau sereal gandum lainnya adalah makanan yang bisa dikombinasikan dengan buah apapun guna menambah cita rasa, tak terkecuali dengan buah plum. Terlebih lagi, baik oatmeal maupun buah plum sama-sama mengandung serat, sehingga mengonsumsi keduanya adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegahnya dari mengalami sejumlah masalah kesehatan seperti sembelit.

Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan

Gambar: Istimewa

Seperti yang sudah disebutkan di atas, buah plum adalah buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi buah plum secara rutin diklaim akan mendatangkan sejumlah manfaat untuk tubuh kamu.

  • Mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Merawat kesehatan sistem pencernaan
  • Mencegah osteoporosis
  • Merawat dan mengoptimalkan fungsi otak
  • Memperlancar peredaran darah
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menjaga keseimbangan cairan elektrolit
  • Membantu penyerapan zat besi
  • Merawat kesehatan kulit
  • Antioksidan
  • Mengoptimalkan tumbuh kembang janin
  • Mengatasi influenza
  • Menjaga kesehatan jiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top