5 Cara Memilih Facial Foam Terbaik untuk Warna Kulit yang Tidak Merata

Sumber: Tribunnews

Facial foam adalah krim lembut yang menghasilkan tekstur busa. Facial foam bisa digunakan setiap hari karena memiliki fungsi utama untuk mengangkat seluruh kotoran atau sisa make up yang menempel di wajah. Penggunaan facial foam cocok bagi Anda yang memiliki kondisi kulit berminyak dan rentan berjerawat. Pasalnya, facial foam memiliki kemampuan menyerap minyak berlebih atau sebum secara menyeluruh.

Bagi Anda yang menggunakan make up tebal, pembersihan bisa dibantu dengan make up remover atau menggunakan cleanser. Pada beberapa produk, facial foam memiliki fungsi tambahan yaitu mengontrol minyak berlebih dan mencerahkan kulit.

Selain itu, busa dari facial foam juga efektif dalam mengangkat minyak berlebih pada wajah. Beberapa pakar menyarankan penggunaan facial foam cocok bagi Anda dengan kondisi kulit berminyak berlebih dan acne prone.

Pasalnya, facial foam mampu menyerap kelebihan minyak serta sebum secara menyeluruh. Tidak hanya itu, facial foam ternyata juga ampuh dalam menarik keluar kotoran atau pun sel kulit mati yang terjebak di dalam pori-pori kulit. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 5 cara memilih facial foam terbaik untuk kulit yang tidak merata.

Pilihlah Berdasarkan Tipe Kulit

Gambar: ShutterStock.com

Secara kasatmata, kulit kombinasi dapat dikenali dengan mudah. Anda dapat melihat sebagian wajah yang tampak berminyak dan sebagian wajah yang tampak kering. Namun, ternyata kulit kombinasi tidak sesederhana itu. Jika diamati lebih saksama, sebenarnya ada banyak tipe kulit kombinasi.

Pilih yang Melembapkan

Gambar: Istimewa

Apabila kulit Anda tergolong normal, tetapi berminyak di zona T, sebenarnya Anda memiliki jenis kulit kombinasi normal dan berminyak. Umumnya, zona T memang memiliki banyak kelenjar sebasea, yakni kelenjar yang melepaskan sebum yang berguna untuk melembapkan kulit.

Namun, penyebab kelebihan minyak di zona T pada kulit kombinasi tidak hanya terjadi akibat kelenjar sebasea. Hal ini bisa saja diakibatkan oleh kulit yang awalnya terlalu kering.

Pada kondisi kulit yang kering sekaligus berminyak, Anda memerlukan pembersih yang dapat mengurangi sebum, tetapi juga melembapkan. Pilihlah pembersih yang dapat mengangkat sisa sebum yang menyumbat pori-pori secara lembut dan memberikan kelembapan setelah Anda cuci muka.

Pilih yang Daya Pembersihnya Tidak Terlalu Kuat

Gambar: Istimewa

Zona T adalah daerah yang berminyak untuk sebagian orang. Namun, untuk kulit kombinasi normal dan kering, zona U Anda akan terasa lebih kering. Untuk zona ini, kekeringan tidak hanya disebabkan oleh rendahnya kelembapan, tetapi juga kekeringan di lapisan kulit yang lebih dalam.

Kondisi yang kering tersebut akan mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak sebum dari yang kulit Anda butuhkan guna menghindari kekeringan yang lebih parah. Jika itu terjadi, kulit Anda akan mengalami kekeringan sekaligus berminyak. Namun sebelum kulit berubah menjadi berminyak, kulit akan terlihat kering pecah-pecah. Pada tahap ini, jenis kulit Anda adalah kulit kombinasi normal dan kering.

Pilih yang Mampu Membersihkan Hingga ke Pori-Pori

Armoura
Gambar:Liputan6.com

Kulit kombinasi perpaduan antara kulit kering dan berminyak cenderung mudah berjerawat, bahkan di zona U yang umumnya memproduksi sebum cukup rendah. Dimulai dengan menurunnya produksi sebum dan tingkat perlindungan kulit, lalu kulit pun menjadi sensitif terhadap rangsangan dari luar.

Kondisi kulit Anda akan makin memburuk jika diperparah dengan stres, gangguan keseimbangan hormon, penyakit, dan gaya hidup yang tidak sehat. Alhasil, masalah jerawat akan makin sulit diatasi. Selain itu, tipe kulit ini biasanya juga mengalami peradangan berikut kulit yang terasa kasar. Untuk kondisi ini, diperlukan pembersih yang dapat membersihkan pori-pori.

Cek Komposisi Bahan Pembersih Wajah Anda

Armoura
Gambar:royalty.id

Sebenarnya, kulit kombinasi dikatakan sebagai jenis kulit yang paling bebas masalah, kedua setelah kulit normal. Meskipun begitu, kulit kombinasi tetap memerlukan perawatan khusus yang berbeda dengan kulit normal. Untuk langkah selanjutnya, perhatikanlah bahan yang terkandung dalam pembersih wajah Anda.

Sabun pembersih wajah tipe batangan umumnya mengandung bahan yang lebih alami dibandingkan facial foam. Namun, sabun batangan padat ini memiliki daya pembersih yang kuat sehingga berpotensi mengikis terlalu banyak sebum yang justru diperlukan oleh kulit kombinasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top