5 Cara Memutihkan Kulit Siku dan Lutut yang Menghitam, Mudah Dilakukan

Sumber: Beautynesia

Memiliki siku dan lutut hitam bagi sebagian orang, khususnya wanita jelaslah sangat mengganggu penampilan, terlebih untuk mereka yang gemar menggunakan celana pendek atau rok di atas lutut. Bahkan menurut salah satu penelitian di mana ada sejumlah laki-laki yang ditanya tentang daya tarik mereka pada perempuan, disimpulkan bahwa mereka sangat tertarik dengan wanita yang memiliki kulit lutut dan siku berwarna cerah. Hal inilah yang tak jarang membuat sebagaian wanita merasa kurang percaya diri.

Penyebab Lutut Hitam

Sumber: Hellosehat

Lutut dan siku adalah daerah yang lebih gelap dari pada yang lain karena daerah ini adalah area tubuh yang sering mengalami gesekan. Berikut beberapa kemungkinan penyebab memiliki lutut dan siku yang gelap:

  • 1. Efek penuaan – kondisi ini biasanya lebih sering terjadi pada orang dewasa dan lansia. Timbulnya bintik gelap pada lutut dan siku berhubungan dengan penuaan.
  • 2. Adanya gesekan – Dalam aktivitas sehari-hari siku dan lutut sering mengalami gesekan, hal ini menyebabkan penggelapan kulit bahkan tak jarang kulit menjadi kering.
  • 3. Faktor genetik – Bintik gelap pada lutut dan siku adalah suatu kondisi yang cenderung diturunkan dari faktor keluarga. Jika orang tua atau anggota keluarga dekat memiki lutut dan siku gelap tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut di wariskan dari mereka.
  • 4. Tidak menjaga kebersihan – lutut dan siku harus rutin dibersihkan setiap hari menggunakan produk perawatan kulit. Jika tidak, bintik-bintik gelap dan kulit kering bisa muncul di bagian-bagian tubuh lainnya.
  • 5. Paparan matahari – Gunakan pelindung tabir surya pada kulit Anda jika ingin melakukan aktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama. Tanpa perlindungan, bagian siku dan lutut Anda kemungkinan akan semakin menghitam karena terkena paparan matahari.
  • 6. Kulit kering – Kulit kering dapat menyebabkan sel-sel kulit Anda lebih cepat mati, sehingga membuat bintik-bintik gelap lebih cepat terbentuk pula.
  • 7. Penyebab lainnya – Ada beberapa hal lain yang dapat berkontribusi pada pembentukan bintik-bintik gelap pada siku dan lutut di antaranya adalah mengonsumsi obat-obat tertentu, gejala penyakit tertentu (obesitas, sindrom Addison, dll) ketidakseimbangan hormon, dan hiperpigmentasi kulit.

Cara Memutihkan Siku dan Lutut yang Menghitam

Sumber: Teen.co.id

Berikut hal yang bisa dilakukan untuk membantu menyamarkan warna hitam pada kulit siku dan lutut menggunakan bahan-bahan alami.

Lemon

Potong jeruk lemon menjadi dua bagian, lalu gosokkan lemon pada lutut dan siku. Namun ingat, hindari dari luka terbuka, karena keasamaan lemon akan membuat kulit menjadi perih. Gunakan cara ini setiap malam sebelum tidur kemudian bilaslah pada keesokan harinya.

Lidah Buaya

Armoura
Gambar: Pixabay

Biasanya lidah buaya digunakan untuk perawatan rambut, namun siapa sangka selain untuk perawatan rambut lidah buaya juga memberikan manfaat yang baik untuk kulit? Caranya, belah lidah buaya menjadi dua bagian. Ambil gel yang terkandung dalam lidah buaya lalu oleskan pada kulit siku ataupun lulut. Lidah buaya digunakan sebagai pelembab alami untuk membantu mengurangi area gelap pada kulit jika digunakan secara rutin.

Gula

Sumber: Halodoc

Masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa gula lebih dari sekadar bahan pemanis. Pasalnya, gula dapat digunakan untuk membantu proses pengelupasan kulit. Campur gula dengan minyak zaitun pada sebuah wadah, lalu oleskan ke bagian yang di rasa memiliki warna gelap. Tekstur kasar pada gula mampu menjadikan scrub alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada daerah lutut dan siku.

Minyak Kelapa

Gambar: Alodokter

Ada beberapa orang yang menganggap bahwa hampir semua jenis minyak dapat digunakan untuk melembabkan kulit. Hal ini tidak benar sama sekali. Hanya beberapa jenis minyak yang memiliki khasiat dapat mencerahkan kulit, contohnya minyak kelapa dan minyak zaitun. Setelah mandi, Anda bisa mengoleskan secara merata minyak pada daerah yang memiliki warna gelap pada kulit.

Soda Kue

Armoura
Gambar: shutterstock

Scrub pun bisa dibuat menggunakan soda kue. Caranya adalah dengan mencampurkan soda kue menggunakan air, jangan terlalu encer, biarkan sedikit mengental. Oleskan pada kulit tangan, siku, maupun kulit kaki. Scrub dari soda kue ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati di kulit tangan maupun kulit wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top