5 Cara Samarkan Bekas Jerawat di Wajah, Bikin Tetap Percaya Diri

Armoura
Armoura
Gambar: Medium.com

Jerawat bisa dibilang sebuah masalah wajah terbesar bagi sebagian besar orang, khususnya wanita. Jerawat umumnya disebabkan karena pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak berlebih, kotoran, sel kulit mati, dan terinfeksi bakteri. Meskipun bahaya bagi kesehatan tidak terlalu signifikan, namun, bila tak dirawat dengan cara yang tepat maka risikonya akan semakin besar.

Jerawat merupakan sebuah kondisi di mana folikel rambut di kulit tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Jerawat tidak hanya bisa memperburuk penampilan pada saat kemunculannya. Tapi, juga dapat meninggalkan bekas luka yang tidak kalah menyebalkan. Hadirnya jerawat ditandai dengan kulit berminyak, munculnya bintil kecil, dan komedo.

Namun, salah satu masalah yang kerap muncul saat memiliki jerawat ialah bekasnya yang susah hilang. Untuk mensiasati itu terkadang harus melakukan berbagai cara. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 5 cara samarkan bekas jerawat di wajah yang bikin tetap percaya diri, Rabu (21/5/2020).

1. Soda Kue

Armoura
Gambar: Istimewa

Cara menghilangkan bekas jerawat yang pertama yakni dengan memanfaatkan soda kue yang ada di dapur kamu. Caranya pun cukup mudah yakni dengan menjadikannya sebagai masker yang dapat diaplikasikan ke wajah. Campurkan 2 sdm soda kue dengan air bersih hingga menjadi pasta yang kental. Oleskan ke kulit wajah secara merata. Pastikan untuk mencuci wajah hingga bersih terlebih dahulu. Setelah itu, diamkan hingga 15 menit dan bilas.

2. Tabir Surya

Bekas jerawat memang bikin bete, tapi bukan berarti Bela bisa mengabaikannya. Justru kamu harus makin rajin memberikan perlindungan bagi kulit. Pengobatan bekas jerawat harus dimulai dengan memberi perlindungan terhadap matahari, dan perlu dilakukan secara rutin. Maka dari itu, rutin berikan tabir surya dengan minimal SPF 30 setiap hari pada kulitmu, tak peduli apakah hari itu cuaca mendung atau panas. Cara ini akan membantu mencegah terjadinya lebih banyak kerusakan pada kulit.

3. Masker Lemon

Armoura
Gambar: BP Guide

Cara menghilangkan bekas jerawat selanjutnya dapat menggunakan lemon yang diaplikasikan ke wajah sebagai masker. Caranya, bersihkan lemon lalu belah menjadi dua bagian. Setelah itu, peras di dalam wadah yang bersih lalu aplikasikan pada wajah yang terdapat jerawat secara perlahan. Tambahkan madu atau air hangat apabila dirasa terlalu perih.

4. Produk yang Mengandung Vitamin C

Ternyata vitamin C merupakan salah satu kandungan vitamin yang mampu mencerahkan kulit, ada beberapa produk juga yang memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi untuk memudarkan bekas jerawat. Vitamin C ini jadi salah satu yang aman digunakan untuk kulit berminyak dan cenderung berjerawat karena dapat menekan produksi sebum berlebih.

5. Masker Pisang dan Kunyit

Armoura
Gambar: Istimewa

Cara menghilangkan bekas jerawat lainnya yakni dengan menggunakan masker pisang dan kunyit yang dihaluskan. Sebab, vitamin E pada pisang dan curcuminoid pada kunyit dapat meringankan kondisi kulit ketika muncul jerawat. Caranya, aplikasikan masker pisang dan kunyit pada kulit wajah secara merata. Setelah itu, tunggu hingga 15 menit dan bilas menggunakan air hangat dan handuk bersih.

6. Produk Asam Laktat

Pilih produk mengandung asam laktat Produk skincare atau perawatan kecantikan yang mengandung asam laktat dapat mengurangi hiperpigmentasi setelah kulit jerawat meradang. Selain itu, asam laktat juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga, bekas luka dan tekstur kulit yang kasar bisa membaik. Asam laktat juga dapat mengatasi bekas jaringan luka yang berubah warna menjadi lebih gelap. Namun, hati-hati, beberapa orang yang menggunakan produk berbasis asam laktat justru mengalami hiperpigmentasi. Coba dulu di bagian kulit yang tersembunyi, sebelum menggunakannya untuk mengatasi bopeng di wajah

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top