5 Kebiasaan yang Perlu Dihindari Si Pemilik Acne Prone Agar Jerawat Tidak Parah

Armoura
Armoura
Gambar: Pixabay

Bagi Anda penikmat produk skincare, pasti sudah enggak asing dengan label acne prone di produk kecantikan. Istilah satu ini masih banyak disalah artikan. Beberapa dari Anda mungkin beranggapan bahwa acne prone adalah jenis kulit berjerawat yang disebebkan oleh produksi minyak.

Namun, siapa sangka kalau ternyata acne prone bukan jenis kulit, melainkan masalah kulit. Sebenarnya, acne prone adalah masalah kulit yang umumnya disebebkan oleh hormon dan bisa juga bakteri.

Jika dikatakan bahwa tipe kulit berminyak cenderung lebih mudah terkena jerawat, hal tersebut memang benar. Namun, enggak jarang juga jerawat kerap muncul pada wajah dengan tipe kulit yang kering.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki masalah kulit ini, perlu memperhatikan produk perawatan yang perlu dimiliki. Berikut lebih jauh membahas tetang acne prone dan produk perawatan yang wajib dimiliki yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Mengenal Acne Prone

Armoura
Gambar: Hellosehat

Acne prone adalah masalah kulit yang umumnya disebabkan oleh bakteri (tidak hanya hormon) dan sering dialami oleh tipe kulit sensitif. Jadi, yang termasuk tipe kulit di sini adalah sensitif dan acne prone adalah masalah kulit yang dialami oleh kulit sensitif.

Kategori kulit sensitif ada dua. Pertama, kulit berminyak-sensitif. Kedua, kulit kering-sensitif. Itu sebabnya, acne prone tidak hanya bisa dialami oleh kulit berminyak. Kulit kering pun rentan dengan masalah jerawat yang mengganggu penampilan ini.

Perawatan Rutin yang Perlu Dilakukan

Armoura
Gambar: Klikdokter

Selain menggunakan skincare, umumnya jerawat yang disebabkan oleh bakteri lebih mudah hilang daripada jerawat yang disebabkan oleh pengaruh hormon. Jerawat yang dipicu oleh bakteri dapat segera hilang jika Anda teliti menjaga kebersihan wajah.

Mulai dari membersihkan wajah, menggunakan skincare, kebersihan tangan, dan yang sering terabaikan adalah kebersihan tempat tidur seperti sarung bantal, seprei, dan selimut.

Lainnya, jika sudah mengetahui tipe kulit Anda sensitif, dan rentan dengan munculnya jerawat di wajah, maka jagalah kebersihan kulit dengan disiplin membersihkan wajah. Aturan membersihkan wajah pun berlaku untuk masalah kulit berjerawat.

Anda perlu menghindari membersihkan wajah dengan menggosok kulit terlalu kuat. Pembersih wajah dengan kandungan scrub, sebaiknya dihindari karena butran scrub mudah menyebabkan iritasi pada kulit.

Ada baiknya Anda menggunakan pembersih wajah jenis foam atau gel. Hal ini dikarenakan tekstur lembut dari busa yang dihasilkan lebih aman untuk kulit wajah tipe sensitif.

Kebiasaan Mengonsumsi Makanan Manis Berlebih

Armoura
Gambar: Hello sehat

Apabila Anda merupakan pemilik kulit acne prone dengan jerawat yang sedang bermunculan, Anda perlu mengurangi atau bahkan tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang manis.

Hal ini dikarenakan terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang manis dapat memicu terjadinya jerawat pada kulit. Sebagai gantinya, Anda perlu mengonsumsi air mineral lebih banyak agar kulit lebih terhidrasi.

Kebiasaan Menggunakan Facial Scrub

Armoura
Gambar: Istimwa

Menggunakan facial scrub berlebihan dapat membuat jerawat terus bermunculan pada wajah Anda. Penggunaan facial scrub berarti Anda melakukan proses ekfoliasi. Proses eksfoliasi yang berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif serta terjadi breakout. Kalau Anda masih menggunakan facial scrub setiap hari, pastikan untuk mulai menguranginya.

Kebiasaan Berganti Skincare Terlalu Sering

Amoura
Gambar: Pixabay

Memiliki kebiasaan ganti-ganti skincare tidak dilarang, asalkan Anda memberikan jeda untuk kulit beradaptasi. Ganti-ganti skincare merupakan sebuah kebiasaan wajib dengan tujuan mendapatkan skincare yang benar-benar sesuai dengan skin concern.

Tetapi, Anda perlu memberi jeda setiap mengganti skincare. Berikan jeda 4-8 minggu untuk kulit beradaptasi, lalu Anda baru diperbolehkan mengganti skincare sesuai dengan keinginan. Hal ini perlu dilakukan agar jerawat pun tidak terus bermunculan pada wajah akibat tidak cocok dengan skincare yang kamu gunakan.

Memencet Jerawat

Armoura
Gambar: Istimewa

Kalau Anda masih memiliki kebiasaan memencet jerawat, berarti Anda memang membuat jerawat lebih parah. Pasalnya, memencet jerawat berarti Anda telah membiarkan bakteri dari tangan berpindah kepada wajah sehingga bakteri bisa saja memperparah jerawat atau membuat jerawat timbul di area lain. Jangan lakukan hal ini lagi.

Stres Berkepanjangan

Amoura
Gambar: Hello Sehat

Ada berbagai macam faktor penyebab seseorang mengalami stres. Tetapi, stres bisa menjadi pemicu jerawat yang susah hilang lho. Hal ini disebabkan saat stres, hormon pada tubuh dalam keadaan yang tidak seimbang. Oleh karena itu, coba mulai untuk mengelola stres mu sehingga tidak berdampak terjadinya jerawat pada kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top