5 Makanan Penyebab Jerawat Muncul, Segera Hindari

armoura
Armoura
Gambar : pixabay

Jerawat merupakan masalah kulit yang hampir bisa diderita oleh seluruh orang di dunia. Banyak yang mengira bahwa jerawat hanya disebabkan oleh wajah yang kotor atau karena kurang telaten merawat wajah.

Padahal, makanan dan minuman yang Anda makan setiap hari ternyata ikut menjadi dalang di balik timbulnya jerawat. Berikut beberapa makanan penyebab jerawat muncul yang perlu Anda hindari.

Alasan Makanan Bisa Menyebabkan Jerawat

Armoura
Gambar:Hellosehat

Munculnya jerawat umumnya ketika pori-pori di kulit tersumbat oleh sel kulit mati, bakteri, minyak (sebum), kotoran, atau kombinasi semua itu. Pori-pori yang tersumbat kemudian meradang dan selanjutnya tumbuh sebagai jerawat.

Hubungan antara makanan dan jerawat itu sendiri sebenarnya belum bisa dipastikan. Bukti sejauh ini melaporkan makanan bukanlah penyebab utama dan satu-satunya dari kemunculan jerawat. Namun, beberapa jenis makanan memang disinyalir dapat memengaruhi kadar hormon yang yang disebut insulin-like growth factor 1 (IGF-1).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar IGF-1 yang berlebihan dapat memicu peningkatan produksi sebum atau minyak di kulit yang menyebabkan jerawat.

Jenis Makanan Penyebab Jerawat yang Perlu Dihindari

  • Makanan dan Minuman Tinggi Gula
Armoura
Gambar: pixabay

Terlalu banyak makan gula atau makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dapat meningkatkan risiko Anda berjerawat. Ada beberapa jenis makanan dan minuman tinggi gula seperti nasi putih, minuman kemasan, pasta dan mie yang terbuat dari tepung terigu, roti putih, sereal instan, kue, permen, soda, minuman kemasan, dan makanan olahan lainnya.

Makanan yang mengandung karbohidrat olahan dan gula tergolong tinggi glikemik. Makanan dengan indeks glikemik tinggi membuat tubuh memproduksi lebih banyak insulin yang meningkatkan kadar gula darah dengan sangat cepat. Hal ini kemudian memengaruhi kadar hormon lain sehingga bisa meningkatkan produksi minyak di kulit.

Ketika produksi minyak di kulit berlebihan, jerawat pun bisa muncul dengan mudah. Oleh karena itu, batasi konsumsi makan makanan yang mengandung karbohidrat olahan dan gula.

  • Makanan Cepat Saji
Armoura
Gambar: pixabay

Makanan cepat saji seperti burger, nugget, hot dog, kentang goreng, soda, dan milkshake sudah sejak lama disinyalir menjadi penyebab jerawat.

Belum dapat dipastikan bagaimana makanan cepat saji memicu jerawat, tetapi satu penelitian dari Tiongkok yang diterbitkan dalam Journal Of The European Academy Of Dermatology And Venereology menduga bahwa risiko ini datang dari kandungan lemak jahatnya yang memengaruhi kadar hormon dalam tubuh.

Hasil penelitian itu menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi meningkatkan risiko kemunculan jerawat sebesar 17-43 persen.

Penelitian lain dari Turki, masih dalam jurnal yang sama, juga menemukan hal serupa. Studi yang dilakukan pada 2.300 pria Turki menemukan bahwa sering makan burger atau sosis dapat meningkatkan risiko terkena jerawat sebesar 24 persen.

Namun, penting untuk dicatat bahwa sebagian besar penelitian tentang makanan cepat saji hanya menunjukkan pola kebiasaan makan dan risiko jerawat. Bukan berarti makanan cepat saji adalah penyebab jerawat yang pasti setiap kali Anda memakannya. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian.

Makanan Tinggi Lemak Omega-6

Armoura
Gambar : Pixabay

Makanan kaya omega-6 diduga jadi penyebab jerawat. Jagung dan minyak kedelai termasuk makanan yang kaya lemak omega-6.

Pola makan sebagian masyarakat dunia kini condong ke makanan tinggi omega-6 dan lebih sedikit omega-3. Sayangnya, ketidakseimbangan asam lemak omega-6 dan omega-3 ini mendorong tubuh mengalami peradangan yang dapat memperburuk keparahan jerawat.

Sebaliknya, suplemen dengan asam lemak omega-3 dapat mengurangi peradangan dan telah terbukti mengurangi keparahan jerawat. Namun, tentu saja diperlukan penelitian lanjutan untuk membuktikan hal ini.

Cokelat

Armoura
Gambar: pixabay

Cokelat diduga kuat oleh beberapa survey medis sebagai salah satu makanan penyebab jerawat.

Sebuah penelitian yang terbit dalam International Journal of Dermatology menemukan bahwa jerawat tumbuh semakin banyak setelah dua minggu mengonsumsi dark chocholate 99 persen setiap hari.

Penelitian lain juga menemukan bahwa laki-laki yang yang mengonsumsi bubuk kakao setiap hari memiliki jerawat lebih banyak setelah satu minggu mengonsumsinya. Perbandingan ini dilihat dari mereka yang hanya diberikan plasebo.

Masih belum diketahui secara pasti mengapa makanan yang satu ini bisa menyebabkan jerawat. Akan tetapi dugaan kuatnya yaitu karena cokelat bisa meningkatkan reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap bakteri jerawat.

Lemak Trans

Armoura
Gambar: Pixabay

Lemak trans biasanya berasal dari minyak sayur yang sudah pernah digunakan untuk memasak. Lemak sayur juga umumnya terdapat dalam makanan olahan mulai dari kue, keripik, biskuit, dan mentega.

Selain menyumbat pembuluh arteri di jantung, lemak trans bisa menyumbat pembuluh darah kecil di kulit. Di waktu yang bersamaan, lemak trans juga memicu peradangan yang bisa menumbuhkan jerawat di wajah.

Oleh karena itu, kurangi makan makanan olahan dan kemasan karena merupakan sumber lemak trans yang cukup kaya. Sebaiknya, konsumsilah berbagai sumber lemak sehat seperti yang terdapat dalam minyak zaitun, alpukat, atau kacang kenari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top