5 Manfaat Susu Rendah Lemak dan Waktu yang Tepat Minum Selama Puasa

Armoura
Armoura
Gambar: pixabay

Pada umumnya dalam rangka mempertahankan diet, ketika bulan Ramadan datang tak sedikit orang yang tetap berusaha memangkas asupan. Misalnya saja dengan mengonsumsi susu khusus diet ketika berbuka dan berharap bobotnya akan turun lebih cepat.

Produk susu pelangsing yang gunanya sebagai meal replacement jika digunakan sebagai makanan pembuka tidak tepat. Jika ingin mengonsumsinya, minumlah susu rendah lemak saat makan malam sedangkan saat berbuka tetap konsumsi buah segar.

Cukup hindari makanan yang miskin nutrisi dan ganti semua camilan dengan buah atau segelas produk susu rendah lemak. Kemudian, hindari gorengan dan makanan yang mengandung santan serta tetap melakukan aktivitas fisik.

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 5 manfaat susu rendah lemak diminum saat puasa, sukses turunkan berat badan, Rabu (22/4/2020).

Berikut manfaat Susu Rendah Lemak

Mengontrol Tekanan Darah dalam Tubuh

Kandungan kalsium dan protein dalam susu rendah lemak bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kamu dapat mengonsumsinya secara rutin, sehingga kesehatan jantungmu terjaga dan terhindar dari risiko mengidap stroke.

Minuman Terbaik setelah Berolahraga

Susu rendah lemak baik dikonsumsi setelah berolahraga untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Setelah membuang banyak lemak saat berolahraga, mengonsumsi susu rendah lemak akan memberikan nutrisi yang diperlukan tubuh, serta membantu tubuh dalam membentuk masa otot.

Menambah Kekuatan Tulang

Susu rendah lemak kaya akan kandungan baik bagi tubuh, salah satunya adalah kalsium. Segelas susu rendah lemak mengandung 299 miligram kalsium yang dapat memenuhi 30 persen kebutuhan harian tubuh, yang dapat membantu tubuh membuat tulang menjadi lebih padat. Karena kandungan lemaknya yang rendah, maka kalsium dalam susu dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Menyehatkan Organ Pencernaan

Meminum segelas susu rendah lemak setiap hari dapat membuat usus bekerja dengan optimal. Usus yang bekerja dengan baik dapat mencegah seseorang mengalami masalah yang berkaitan dengan pencernaan, seperti diare dan sembelit.

Menurunkan berat badan

Susu tidak selalu menjadi musuh bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Susu rendah lemak atau susu skim dapat menjadi pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan, karena hanya mengandung sedikit kalori.

Waktu Minum Susu Rendah Lemak Selama Puasa

Gambar: Istimewa

1. Waktu Berbuka

Banyak orang yang lebih memilih minuman manis atau makanan kaya karbohidrat saat berbuka. Mereka justru lupa akan segudang manfaat susu yang baik dikonsumsi ketika berpuasa. Minum susu pada waktu berbuka puasa baik untuk memenuhi cairan yang hilang selama berpuasa seharian penuh. Jangan ragu penuhi kebutuhan zat gizi saat bebuka puasa dengan minum susu.

2. Waktu Sahur

Segelas susu segar di saat sahur memberikan asupan protein yang membantu meningkatkan tenaga selama satu hari penuh. Susu akan menambah asupan energi dan gizi Anda ketika sahur. Mengonsumsi segelas susu saat sahur dapat menjadi penyumbang cairan tubuh. Selain itu, minum susu segelas susu saat sahur juga dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama berkat kandungan protein di dalamnya.

3. Malam Hari

Anda dapat kembali mengonsumsi susu di waktu usai berbuka puasa, setelah melaksanakan salat tarawih atau pada waktu sebelum tidur. Kalsium dan vitamin B kompleks dalam susu berperan dalam merelaksasi otot, sehingga membuat istirahat tidur malam Anda lebih lelap dan juga nyenyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top