5 Menu Diet Selama Bulan Ramadan, Sukses Turunkan Berat Badan

Armoura
Gambar: glitzmedia.co

Selain berlomba-lomba meraih pahala yang melimpah, bagi sebagian orang, bulan suci Ramadan juga kerap dijadikan momen yang tepat untuk kembali mengatur pola diet. Ibadah puasa, termasuk menahan lapar dan haus, selama lebih dari 12 jam bisa memberi kesempatan tubuh untuk menyesuaikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Prinsip menurunkan berat badan di bulan Ramadan atau di bulan lainnya sebenarnya adalah sama. Pengaturan pola makan merupakan elemen penting dalam upaya menurunkan berat badan, selain tentunya didukung oleh keseimbangan dalam menjalankan aktivitas fisik dan pikiran.

Terkait dengan pola diet saat sahur dan buka puasa, sangat dianjurkan untuk memastikan komposisi makanan yang sehat, yakni dengan memastikan konsumsi garam, gula, dan minyak dalam porsi tidak berlebihan. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 5 menu diet selama Bulan Ramadan yang bisa sukses turunkan berat badan, Jumat (24/4/2020)

  1. 1. Kurma
Gambar:iStock

Kurma bisa menjadi salah satu menu diet yang wajib dikonsumsi saat Bulan Ramadan. Sebuah studi dari The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan makanan yang mengandung serat sepeti kurma bisa menurunkan bobot badan secara cepat.

Buah yang menjadi ciri khas saat bulan Ramadhan ini menjadi menu wajib waktu berbuka puasa. Bagi Anda yang sedang diet, menjadikan kurma sebagai makanan awal saat berbuka ditemani dengan segelas air hangat bisa menjadi pilihan. Satu buah kurma mengandung satu sendok teh gula, 20 kalori, 5,3 gram karbohidrat, dan serat.

2. Yoghurt

Gambar:porm.org

Yoghurt dipercaya efektif dalam menurunkan berat badan dan jadi menu diet yang baik dikosumsi selama Ramadan. Tak hanya itu, produk olahan susu juga mengandung probiotik yang bisa menjaga kesehatan pencernaan. Yoghurt bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang tidak mau repot mengolah makanan untuk berbuka puasa.

Yoghurt memang memiliki banyak varian rasa, tapi kamu perlu mengonsumsi yang tidak mengandung rasa atau plain. Ini karena varian tersebut tidak mengandung gula berlebih sehingga tidak memicu kenaikan berat badan.

3. Ikan Tuna

Gambar: Istimewa

Untuk melancarkan program diet, tentunya kamu perlu mengurangi  makanan yang berlemak tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengolah ikan tuna dengan cara dipanggang untuk menu diet selama Bulan Ramadan. Ikan yang kaya protein mengandung kalori rendah. Ini menjadikan tuna sebagai salah satu menu yang cocok untuk dikonsumsi saat kamu menjalani diet di bulan Ramadhan.

4. Kentang Tumbuk

Gambar: craftlog.com/

Kentang tumbuk juga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi dalam program diet. Kentang memiliki kadar kalori, lemak, dan karbohidrat yang lebih rendah dibanding nasi. Selain itu, kentang juga mengandung banyak serat efektif dalam mengontrol rasa lapar sehingga tidak menimbulkan kekalapan saat berbuka puasa.

Sebaiknya kosumsi kentang tumbuk ini selesai shalat tarawih. Beri jeda agar makanan bisa diproses secara optimal di dalam tubuh sehingga tidak menimbulkan gangguan yang bisa memicu kenaikan berat badan.

5. Sup Ayam

Gambar: mooimom.id

Menu diet selama Bulan Ramadan selanjutnya ialah sup ayam. Meski bisa diolah ke berbagai sajian makanan, namun hindari mengolah dengan menggorengnya. Kamu bisa menjadikan ayam sebagai pelengkap dalam sup sayuran. Kombinasi antara daging ayam dan kuah sup merupakan menu ideal buka puasa untuk melancarkan program diet. Meski memiliki kandungan lemak yang tinggi, lemak tersebut kalah dengan protein di dalamnya. Kandungan protein tersebut diyakini mampu membakar sekitar 80-100 kalori perhari. Produk diet terbaik disini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top