5 Tips Diet Air Putih Saat Puasa, Ini Aturan Minum yang Benar Saat Sahur dan Buka Puasa

Armoura
Sumber: listerine.ca

Berpuasa pada bulan Ramadan adalah suatu kegiatan menahan haus dan lapar dari sebelum matahari terbit hingga matahari terbenam. Haus menjadi salah satu keluhan yang paling umum dilakukan bagi mereka yang berpuasa. Ketika menahan haus, tubuh seseorang pasti akan mengalami dehidrasi.

Padahal, sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Kekurangan air pada tubuh akan terlihat pada warna urine yang keluar dari dalam tubuh. Terkadang kamu malah lebih bisa menahan rasa lapar dibandingkan dengan rasa haus.

Tidak heran, pada saat jam berbuka puasa, kamu langsung mencari minuman entah itu minuman manis atau air putih untuk melepaskan rasa dahaga. Namun, sebelum menenggak minuman secara sembarangan, apakah kamu sudah tahu aturan minum saat sahur dan berbuka puasa?

Terlebih bagi mereka yang melaksanakan diet saat puasa. Banyak yang tidak mengetahui tips dan aturan diet air putih saat puasa. Berikut kami rangkum 6 tips diet air putih saat puasa, ini aturan minum yang benar saat sahur dan buka puasa, Sabtu (18/4/2020).

1. Dua Gelas Saat Sahur

Sumber: naukrinama.co

Tips diet air putih yang pertama ialah minum 2 gelas saat sahur. Ya, hal ini jarang diketahui oleh sebagian mereka yang mengikuti program diet saat puasa. Diet air putih dengan dua gelas saat sahur jadi langkah penting untuk mengatasi dehidrasi.

Gelas pertama dapat kamu minum ketika kamu akan makan makanan sahur dan yang lainnya ketika sudah akan memasuki batas waktu untuk makan dan minum. Hal tersebut dapat membuat kamu lebih kuat untuk beraktivitas, memperlancar pencernaan, serta membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh. Produk diet terbaik disini. 

Selain itu saat diet air putih hindari juga makanan atau minuman manis yang dapat dicerna oleh tubuh dengan cepat. Minum terlalu banyak air juga tidak dianjurkan karena dapat mencairkan asam lambung, serta menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan.

2. Dua Gelas Saat Berbuka Puasa

Sumber: pexels.com

Saat buka puasa, sangat disarankan untuk meminum dua gelas air putih. Hal tersebut sebagai langkah awal saat malaksanakan diet air putih  yang dapat mengatasi rasa haus saat tidak mendapat asupan air. Kamu dapat meminum satu gelas tepat saat berbuka dan satu lagi beberapa menit kemudian ketika menyantap makanan ringan.Produk diet terbaik disini. 

Selain itu kamu juga bisa minum satu gelas pada saat jam berbuka puasa, satu gelas setelah ibadah shalat maghrib atau sebelum Anda shalat tarawih. Sehinga diet air putih bisa menjadi salah satu solusi baik dalam menjaga kesehatan.

3. Empat Gelas di Malam Hari

Sumber : usnews.com

Demi menjalani diet air putih dengan baik dan menjaga tubuh dari dehidrasi, kamu dapat meminum empat gelas air putih di malam hari atau sekitar jam 8 ke atas hingga waktu tidur. Pola ini dapat membuat tubuh kamu lebih mudah untuk memproses makanan yang masuk dan memudahkan organ untuk mencerna. Produk diet terbaik disini. 

Empat gelas bisa kamu sesuaikan waktunya dari setelah shalat tarawih sampai malam hari dan dua gelas sebelum tidur. Inilah aturan diet air putih saat puasa dengan minum saat sahur dan berbuka puasa yang bisa memenuhi kebutuhan cairan .

4. Tambahkan Air Putih dengan Irisan Lemon

Sumber: creativenaturesuperfoods.co.uk

Tips diet air putih selanjutnya ialah tambahkan air putih dengan irisan lemon saat buka puasa. Diet air putih dengan menambahkan irisan lemon ini salah cara menarik untuk melepas dahaga saat buka puasa. Kandungan pektin dalam lemon juga membuatmu mengurangi konsumsi makanan berlebih. Ini menjadi tips yang wajib kamu coba saat mengikuti program diet air putih selama bulan puasa. Produk diet terbaik disini. 

5. Minum Air Dingin

Sumber: today.com

Minum air dingin juga membantu meningkatkan metabolismemu karena tubuhmu bekerja lebih keras untuk menghangatkan air. Dengan begitu, tubuhmu akan membakar kalori lebih sehingga berat badanmu akan turun. Belum lagi, air dingin juga lebih segar daripada air biasa. Minum air dingin justru membakar kalori lebih banyak daripada minum air biasa. Selain itu, minum air dingin juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak akan makan terlalu banyak. Itulah beberapa tips dan aturan minum saat puasa, semoga bermanfaat. Produk diet terbaik disini. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top