5 Tips Diet Vegan Bagi Pemula yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Armoura
Armoura
Gambar: Pixabay

Ada banyak beragam jenis diet yang bisa diterapkan oleh orang – orang. Namun, tidak semua diet memberikan dampak penurunan berat badan yang konstan dan berdampak baik bagi kesehatan. Oleh  karena itu langkah lebih baik memahami terlebih dahulu tips dan cara diet yang baik dan benar.

Salah satunya ialah diet vegan.  Diet vegan dikenal sebagai jenis diet yang tidak memperbolehkan adanya konsumsi produk olahan hewani sama sekali, termasuk telur dan madu. Diet ini merupakan pola makan yang rendah lemak dan tinggi serat, sehingga efektif untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, diet vegan juga mengurangi risiko kamu menderita penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer.

Akan tetapi, ada beberapa jenis produk hewan yang mengandung nutrisi tertentu yang tidak bisa dipenuhi melalui diet vegan, seperti vitamin B-12, zat besi, vitamin D, kalsium, dan asam lemak omega-3. Seringkali ini menjadi kesalahan diet vegan yang dilakukan pemula, yaitu tidak mempertimbangkan nutrisi yang tidak bisa didapatkan dari produk nabati. Tapi hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi multivitamin.

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 5 tips diet vegan yang ampuh turunkan berat badan, Rabu (13/5/2020).

1. Niat yang mantap

Armoura
Gambar: Pixabay

Beberapa orang memang masih ragu dan belum percaya diri, sehingga hanya berwacana terus untuk memulai diet ini. Padahal, semakin menunda tidak akan membuat Kamu semakin mantap memulai. Maka itu, lebih baik Kamu praktikkan langsung diet ini dengan menantang diri sendiri secara bertahap. Misalnya mulai dengan satu hari saja, kemudian tiga hari, satu minggu, hingga satu bulan. Lama-lama, tubuh akan menyesuaikan diri dengan perubahan pola makan ini dan Kamu bisa menjadi vegan sepenuhnya.

 

2. Meal plan

 

Armoura
Gambar: Pixabay

Setelah Kamu membulatkan tekad untuk melaksanakan diet vegan ini, langkah berikutnya yang tak kalah penting adalah membuat rencana makan (meal plan). Hal ini bertujuan untuk menghindari Kamu dari mengonsumsi makanan non-vegan secara tidak sadar maupun secara sadar.

Kamu bisa mengatur menu makan mulai dari sarapan, camilan, hingga makan malam. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang tidak ada dalam menu yang telah Kamu rancang. Kamu memang harus disiplin, tapi nantinya Kamu akan semakin mudah menjalani pola makan ini.

 

3. Mulai makan makanan ringan

 

Armoura
Gambar: Pixabay

Tips diet vegan selanjutnya yang bisa Kamu lakukan yakni mulai dengan makanan-makanan yang ringan. Sebab, ada berbagai macam makanan berbahan dasar nabati yang menarik untuk dicoba. Namun, untuk menghindari kebingungan dalam menentukan makanan vegan untuk dikonsumsi, sebaiknya Kamu mulai dengan makanan vegan yang ringan dan mudah untuk dibuat di rumah.

Kamu mungkin sering melihat berbagai resep vegan yang sangat menggiurkan di internet, tapi hal ini bisa jadi bumerang. Apalagi kalau Kamu tidak terlalu pkamui masak. Kamu justru akan merasa kewalahan karena harus repot masak dan berburu bahan-bahan vegan tertentu. Padahal, vegan itu tidak serepot bayangan Kamu.

 

4. Gabung dengan komunitas vegan

 

Armoura
Gambar: Pixabay

Tips diet vegan yang terakhir adalah bergabung dengan komunitas vegan.  Bergabung dan berkumpul bersama orang-orang vegan lainnya bisa membuat diri Kamu tetap termotivasi. Pasalnya, lingkungan sosial memiliki peran penting dalam menunjang aktivitas dan gaya hidup Kamu sehari-hari. Selain itu, Kamu juga bisa saling berbagi tips diet vegan atau resep-resep menarik dengan anggota komunitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top