5 Bahan Produk Skincare Untuk Jerawat yang Bikin Wajah Bersih

Armoura
Armoura
Gambar: shutterstock

Jerawat bisa dibilang merupakan sebuah masalah wajah terbesar bagi sebagian besar orang, khususnya wanita. Jerawat umumnya disebabkan karena pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak berlebih, kotoran, sel kulit mati, dan terinfeksi bakteri. Meskipun bahaya bagi kesehatan tidak terlalu signifikan, namun, bila tak dirawat dengan cara yang tepat maka risikonya akan semakin besar.

Salah satu hal yang kerap dianggap bisa menghilangkan jerawat ialah produk skincare. Penggunaan produk skincare perawatan kecantikan kerap dianggap jadi langkah yang tepat merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat membandel.

Pemilik kulit berjerawat kini bisa dengan mudah mendapatkan produk skincare di pasaran untuk mengatasi masalah kulitnya. Namun, jangan asal pilih. Pastikan produk skincare untuk jerawat pas dan aman digunakan. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 bahan produk skincare untuk jerawat yang bikin wajah bersih, Rabu (21/5/2020).

1. Salicylic acid                                                                                                                              

Salicylic acid atau asam salisilat adalah bahan paling populer untuk mengatasi kulit bermasalah, termasuk jerawat. Produk perawatan wajah mengandung asam salisilat bisa berupa pembersih sampai BB cream. Kegunaan asam salisilat adalah mengendalikan penumpukan sel kulit mati dan produksi minyak berlebih di kulit.

Kedua hal tersebut adalah penyebab utama jerawat. Asam salisilat dikenal sebagai eksfoliator lembut untuk mengangkat sel kulit mati, sekaligus zat antiperadangan untuk menenangkan jerawat yang meradang dan iritasi. Menurut ahli dermatologi, salicylic acid ideal untuk mengatasi jerawat ringan, kulit berkomedo, dan whitehead.

2. Glycolic acid

Beberapa produk skincare jerawat seperti serum dan toner mengandung bahan utama glycolic acid atau asam glikolat. Asam glikolat adalah zat untuk membantu pengelupasan kulit secara kimia. Kegunaan asam glikolat untuk membantu mempercepat proses pergantian sel. Semakin cepat sel kulit berganti, proses penyembuhan jerawat bisa makin cepat, bekas jerawat bisa lekas pudar, dan pori-pori bebas kotoran biang jerawat.

Produk skincare dengan kandungan glycolic acid pas digunakan pemilik kulit berjerawat yang cenderung bopeng atau jerawat dengan bekas luka membandel. Namun hat-hati, asam glikolat terkadang sulit ditoleransi untuk penggunaan setiap hari. Cukup gunakan produk berbasis asam glikolat sekali atau dua kali seminggu.

3. Witch hazel dan Retinoid

Witch hazel berfungsi sebagai astringen dan disinfektan untuk membantu membersihkan kulit secara mendalam sekaligus menenangkan iritasi akibat jerawat. Formulanya dapat digunakan untuk membersihkan noda bekas jerawat sekaligus menghaluskan pori-pori. Bahan alami ini sangat cocok untuk mengatasi jerawat pada kulit cenderung normal dan sensitif. Produk perawatan yang dijual di pasaran yang mengandung witch hazel biasanya berupa toner atau penyegar. Sebelum menggunakan berbagai rekomendasi produk skincare untuk jerawat di atas, ada baiknya Kamu lebih dulu berkonsultasi dengan dokter kulit yang menangani masalah kulit kamu.

Sedangkan Retinoid merupakan bahan produk skincare yang kerap direkomendasikan ahli dermatologi. Bahan aktif retinoid dapat menghilangkan bekas jerawat dengan mempercepat proses regenerasi sel. Selain menghambat pertumbuhan jerawat, retinoid djuga mengurangi intensitas peradangan. Bahan retinoid dengan berbagai konsentrasi biasanya dikemas dalam obat jerawat jenis oles seperti krim atau

4. Tea Tree

Salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami adalah rutin menggunakan produk perawatan wajah dengan bahan minyak tea tree. Minyak tea tree adalah obat jerawat alami dengan formula antibakteri dan antimikroba. Kandungan bahan aktifnya membantu membersihkan kotoran penyumbat pori-pori.

Menurut studi, minyak tea tree dapat membantu untuk menghilangkan jerawat seperti benzoil peroksida. Hal yang perlu diperhatikan, saat menggunakan produk perawatan wajah berbasis minyak tea tree, gunakan selalu tabir surya. Pasalnya, tea tree dapat membuat kulit lebih rentah terhadap paparan sinar ultraviolet.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top