6 Cara Mencerahkan Kulit Kusam Dengan Alami, Mudah Dilakukan

Armoura
Gambar: Pixabay

Pada umumnya, bersentuhan dengan sinar matahari untuk waktu yang lama dapat membuat kulit kamu kering, kusam, dan gelap. Terlebih lagi, jika kamu menggunakan beberapa produk kimia perawatan kulit tertentu dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan masalah yang sama.

Kulit kusam bisa disebabkan oleh beragam hal. Mulai dari perawatan kulit yang salah, polusi udara, kelelahan, kurang olahraga, kurang tidur, dan pengaruh pola hidup yang tidak sehat. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mencerahkan kulit kusam yang mudah dilakukan.

Ada banyak produk pencerah kulit yang tersedia di pasaran, produk-produk tersebut banyak yang terbuat dari bahan kimia berbahaya. Bahan kimia ini dapat menyebabkan banyak efek samping pada kulit kamu, seperti kusam, warna kulit tidak merata atau jerawat. Produk diet terbaik, disini. 

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 cara mencerahkan kulit kusam dengan alami yang muda h dilakukan, Selasa (5/5/2020).

1. Pakai masker alami

Sumber: Pixabay

Menggunakan masker secara rutin mampu membuat tampilan kulit kusam terlihat lebih cerah. Ada beragam bahan alami yang bisa kamu manfaatkan sebagai masker wajah, salah satunya ialah masker papaya. Masker yang terbuat dari campuran buah pepaya dan nanas mampu mengangkat kulit kering dan kulit mati penyebab kulit kusam. Jika kamu rutin melakukan perawatan ini sekali dalam seminggu, maka kulit akan terlihat lebih cerah dan bercahaya.

Untuk membuat masker ini, mencampurkan 1 sendok teh jus nanas segar ke dalam ¼ cangkir pepaya mentah yang telah dihaluskan. Aduk hingga keduanya tercampur rata lalu aplikasikan ke wajah dan leher selama 15-20 menit. Produk diet terbaik, disini. 

2. Bersihkan Wajah dengan Lemon

Gambar: Istimewa

Lemon secara alami kaya akan vitamin C, antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini. Lemon juga memiliki kandungan sifat pemutih kulit alami. Mulailah hari kamu dengan segelas jus lemon untuk mengeluarkan racun-racun itu dari tubuh kamu. Cuci muka kamu dengan jus lemon untuk mendapatkan manfaat antiseptik dan anti-inflamasi. Kulit buah berkulit kuning ini juga dapat digosokkan ke leher dan wajah kamu untuk menghilangkan bintik-bintik hitam juga. Produk diet terbaik, disini. 

3. Putih telur

Putih telur juga bisa dijadikan sebagai bahan alami mencerahkan kulit kusam. Cara memanfaatkan putih telur sebagai masker cukup mudah. Kocok putih telur hingga mengembang dan oleskan secara merata ke kulit wajah. Tunggu sampai kering lalu bilas dengan air. Produk diet terbaik, disini. 

4. Kunyit

Bahan alami berikutnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit kusam adalah kunyit. Kunyit mengandung antioksidan dan antiinflamasi sehingga dapat membuat tampilan kulit terlihat lebih kenyal, cerah, dan bercahaya.

Untuk mendapatkan manfaat kunyit ini, campurkan 1 sendok teh kunyit dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok makan yoghurt. Aduk hingga tercampur sempurna dan aplikasikan ke wajah selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

5. Madu

Armoura
Gambar: Istimewa

Madu dikemas dengan sifat antioksidan, antiseptik, anti-inflamasi, dan pencerah kulit. Tidak heran industri kosmetik menggunakan bahan alami ini dalam begitu banyak produk mereka.Campur 1 sdt masing-masing jus lemon dan madu lalu oleskan di wajah dengan lembut, sesuaikan dengan jalur pertumbuhan rambut Anda. Biarkan 10 menit sebelum dibilas dengan air.

Selain itu kamu dapat mencerahkan kulit kusam Anda dengan masker wajah yang terbuat dari madu dan oatmeal. Campurkan satu kuning telur dengan 2 sdm madu dan 3 sdm bubuk oat halus untuk mendapatkan pasta kental. Oleskan dengan lembut ke wajah, dan bersihkan setelah 20 menit. Kamu dapat melakukan ritual ini dua kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.

6. Lembabkan Wajah dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang kaya nutrisi dapat menghasilkan selaput yang menjaga kulit tetap terhidrasi. Kulit kering dapat terlihat kulit kusam dan tidak bernyawa. Dosis kelembaban yang sehat di kulit meningkatkan penampilan dan kesehatannya. Kamu dapat memijat wajah dengan minyak kelapa hangat setiap hari di wajah dan tubuh kamu agar kulit tetap lembab.

Selain itu kamu juga dapat menggunakannya sebagai masker. Campurkan 2 sdm. masing-masing minyak kelapa dan madu. Oleskan pada wajah dan cuci setelah 15 menit dengan air hangat. Sifat antioksidan dan antibakteri dari minyak kelapa menyembuhkan kulit yang rusak sambil memerangi tanda-tanda penuaan dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top