6 Cara Mencerahkan Kulit Leher yang Gelap dengan Bahan Alami, Aman dan Mudah

Sumber: IDNtimes

Leher yang menghitam bisa menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Kulit pada leher rentan terhadap penggelapan, baik karena hormon, paparan sinar matahari, atau kondisi terkait kulit lainnya. Leher yang gelap akan merusak penampilan dan menghilangkan rasa percaya diri.

Terlalu banyak paparan sinar matahari, polutan dan penggunaan produk perawatan kulit yang sarat bahan kimia mungkin menjadi beberapa penyebab leher gelap. Dalam beberapa kasus, leher gelap bisa disebabkan oleh kebersihan yang buruk.

Penyebab umum ini bisa diatasi secara alami dengan bahan-bahan yang aman. Bahan-bahan untuk mencerahkan leher ini mudah ditemui.

Penting juga untuk membersihkan leher dengan menggosok dan melembapkannya setiap hari. Seperti menjaga kulit wajah, tetap hidrasi dan lindung leher dari sinar matahari. Selalu oleskan pelembap dan tabir surya dengan jumlah SPF yang baik ke leher. Berikut cara mencerahkan kulit leher yang telah dilansir dari Liputan6.com.

Gel Lidah Buaya

Armoura
Gambar: FaktualNews.co

Aloesin, flavonoid yang ditemukan dalam gel lidah buaya, membantu mencerahkan kulit dengan menghambat aktivitas enzim yang menyebabkan pigmentasi pada kulit. Gel lidah buaya juga menjaga kulit tetap terhidrasi dan bernutrisi karena mengandung asam lemak esensial, vitamin, dan mineral. Berikut cara mencerahkan leher dengan gel lidah buaya:

– Belah lidah buaya hingga mendapatkan gel lidah buaya.

– Gosok leher selama beberapa menit dengan gel ini. Biarkan selama 10 menit.

– Bilas dengan air.

– Ulangi ini setiap hari untuk hasil cepat.

Minyak Zaitun dan Air Lemon

Armoura
Gambar : Istimewa

Lemon memiliki sifat pemutihan alami. Ini mencerahkan kulit dan juga mengecilkan pori-pori. Minyak zaitun kondisi dan melembapkan kulit dan membuatnya lembut. Minyak zaitun dan lemon juga telah terbukti memiliki sifat antibakteri. Berikut cara pengaplikasiannya:

– Campurkan air lemon dan minyak zaitun dengan jumlah yang sama.

– Oleskan ramuan ini di leher sebelum tidur.

– Lakukan ini setiap hari selama sebulan atau lebih untuk melihat hasil pencerahan kulit yang terlihat.

Air Kentang

Armoura
Gambar:Istimewa

Sifat pemutih dalam air kentang meringankan dan mencerahkan kulit di leher. Air kentang dapat mengatasi kulit kering, paparan sinar matahari, dan mengangkat sel kulit mati penyebab kulit leher menggelap. Warna gelap pada kulit leher akan segera memudar dengan air kentang. Berikut caranya:

– Parut kentang dan peras dengan baik untuk mengekstrak air kentang

– Oleskan di leher dan biarkan kering selama 10-15 menit.

– Bilas dengan air hangat.

– Lakukan ritual ini sekali atau dua kali setiap hari.

Lulur Oatmeal

Armoura
Gambar: Pixabay

Sangat penting untuk mengangkat sel-sel mati yang telah terbentuk karena pemeliharaan yang tidak tepat. Oats membersihkan dan melembabkan kulit secara bersamaan.

Oats membantu menghilangkan kekeringan yang mungkin bertanggung jawab atas penggelapan kulit di leher. Pastikan untuk tidak menghaluskan oats ke karena sifat pengelupasannya akan hilang. Berikut caranya:

– Campurkan oats dengan jus tomat dan air mawar sampai mengahsilkan pasta kental.

– Oleskan campuran ini secara merata di leher dan biarkan selama sekitar 20 menit.

– Setelah itu, basahi ujung jari dan mulailah menggosok leher dengan lembut.

– Bilas dengan air dingin dan keringkan.

– Proses ini dapat diikuti dua atau tiga kali seminggu untuk mencapai hasil yang lebih cepat.

Kunyit

Armoura
Sumber: Pixabay

Kunyit mencerahkan warna kulit dan juga memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dengan sifat penyembuhannya. Kunyit mengandung antioksidan dan komponen antiinflamasi. Karakteristik ini dapat memberikan cahaya dan kilau pada kulit.

Kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit Anda dengan efek cerah alami. Berikut cara mencerahkan leher dengan kunyit:

– Campurkan 1/4 sendok teh bubuk kunyit ke dalam 1-2 sendok makan yogurt dan aduk rata.

– Oleskan pasta ini di leher dan diamkan selama 15 menit.

– Bilas dengan air hangat.

– Lakukan ini setiap hari untuk dapatkan hasil cepat.

Cuka Apel

Armoura
Gambar:99.co

Cuka sari apel menyeimbangkan pH kulit, membuatnya bersinar alami. Ini juga menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit dan membuatnya tampak gelap dan kusam.

Tindakan pengelupasan ini adalah karena asam malat yang ditemukan dalam cuka sari apel. Jangan lupa untuk melembabkan kulit setelah menggunakan bahan ini karena cuka sari apel dapat sedikit mengeringkan kulit.

– Encerkan 2 sendok makan cuka sari apel dengan 4 sendok makan air dan oleskan larutan ini dengan bola kapas di leher.

– Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air.

– Ulangi cara ini setiap harinya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top