6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Pipi, Alami dan Mudah Diterapkan

Armoura
Armoura
Gambar: Istimewa

Jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini umumnya ditkamui dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil atau yang terkadang berisi nanah di atas kulit.

Namun, tidak mudah untuk menghilangkan bekas jerawat apalagi di pipi. Perlu usaha dan waktu untuk menghilangkan bekas jerawat di pipi. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 cara menghilangkan bekas jerawat di pipi, alami dan mudah diterapkan, Senin (18/5/2020).

1. Tomat

Armoura
Gambar: pixabay

Tomat merupakan sayuran yang kaya akan vitamin A dan C, serta karoten yang merupakan antioksidan. Kandungan-kandungan dalam tomat mampu menyembuhkan kerusakan kulit akibat jerawat.

Cara menggunakan tomat: Iris tomat dibagi menjadi 3-4 bagian, Tempelkan pada kulit atau bisa dihaluskan menjadi masker, Diamkan 20-30 menit, Bilas wajah dengan air bersih atau lebih baik menggunakan air es supaya lebih segar dan Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

2. Lidah Buaya

Armoura
Gambar: pixabay

Tumbuhan ini sudah tidak asing lagi khasiatnya, selain banyak digunakan sebagai bahan perawatan rambut. Lidah buaya juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit. Lidah buaya mengandung zat aloesin yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Kamu dapat menghilangkan bekas jerawat atau flek hitam bekas jerawat dengan cara mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang bermasalah.

3. Kentang

Armoura
Gambar : pixabay

Ternyata kulit kentang mengandung vitamin B dan sejumlah mineral lainnya yang jumlahnya mencapai 20 persen. Itu makanya, kalau makan kentang memang sebaiknya dikonsumsi bersama dengan kulitnya. Kentang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat menyembuhkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam.

Cara menggunakan kentang sebagai berikut:Iris kentang tipis-tipis, Tempelkan pada area bekas jerawat, Biarkan selama 10 menit, kemudian cuci wajah dengan air bersih, Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

4. Ampas teh

Armoura
Gambar : Istimewa

Jangan buang dulu ampas teh yang telah Kamu gunakan! Ampas teh ternyata masih memiliki manfaat yakni menghilangkan bekas jerawat. Antioksidan yang terkandung di dalam teh ampuh untuk memperbaiki kondisi kulit dan memudarkan bekas jerawat. Siapkan sekantung teh celup yang sudah diseduh lalu usapkan saja ampas tersebut pada bagian kulit yang ternoda bekas jerawat.

5. Minyak Zaitun

Armoura
Gambar : Istimewa

Bukan rahasia jika minyak zaitun juga memiliki khasiat untuk kecantikan. Kamu bisa menggunakan beberapa tetes minyak zaitun pada wajah, kemudian pijat perlahan. Lakukan ini setiap hari. Ini mungkin tak bisa membantu mengurangi bekas jerawat hingga benar-benar hilang, namun bisa mencegah agar bekas jerawat tidak bertambah parah.

6. Masker yoghurt

Armoura
Gambar: Mademoiselle Beauty

Masker yogurt dapat meringankan kerusakan kulit akibat luka bekas jerawat. Kamu bisa mencampurkan yogurt dengan buah-buahan segar. Gunakan masker alami itu secara rutin setiap hari. Ini adalah cara efektif untuk menghilangkan luka bekas jerawat dan mencerahkan kulit secara alami.

Cara membersihkan jerawat dengan cara lainnya

Armoura
Gambar: Istimewa

Beberapa langkah pengobatan untuk mengatasi jerawat, antara lain:

  1. Mengurangi produksi minyak.
  2. Melawan infeksi bakteri.
  3. Mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan.

Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, konsultasikan terlebih dahulu kondisi jerawat dengan dokter. Dokter umumnya memberikan obat-obatan yang mengandung sulfur, resorsinol, asam salisilat, antibiotik, dan isotretinoin. Penggunaan obat-obatan ini harus dalam pengawasan dokter, karena efek samping yang dapat ditimbulkan. Wanita hamil tidak dianjurkan menggunakan isotretinoin, karena dapat menyebabkan kecacatan pada janin. Beberapa upaya lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat, antara lain:

  1. Membersihkan peralatan kosmetik dengan menggunakan sabun dan air hangat secara rutin.
  2. Memilih kosmetik non-comedogenic, yang sifatnya tidak menutup pori-pori di kulit.
  3. Menggunakan pelembap non-comedogenic, yang tidak dapat menyebabkan jerawat dan sesuai dengan jenis kulit.
  4. Menghindari memencet dan memegang jerawat, karena dapat memicu jerawat bertambah banyak.
  5. Menghindari menggosok wajah dengan menggunakan kain atau sarung tangan dengan permukaan kasar.
  6. Menjaga kebersihan tubuh dengan segera mandi setelah beraktivitas, karena minyak berlebih di wajah dapat memicu terjadi jerawat.
  7. Menjaga kebersihan wajah dengan membersihkan wajah dua kali dalam sehari, untuk mengangkat sel-sel kulit mati, minyak yang berlebihan, serta sisa kosmetik di permukaan kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top