6 Cara Menjaga Berat Badan Bagi yang Hobi Makan, Mudah Diterapkan

Armoura
armoura
Gambar: BadpetFood.com

Memiliki berat badan dan tubuh ideal serta sehat merupakan harapan banyak orang. Dengan tubuh yang sehat maka kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa menyerang kapan saja. Untuk itu, banyak orang-orang yang mulai membiasakan diri untuk hidup sehat.

Namun tidak semua orang bisa menjaga berat badan agar tetap ideal. Terlebih bagi kamu yang hobi sekali jajan atau makan. Apalagi rencana diet yang tidak realistik membuat kamu semakin lapar dan berakhir pada makan yang berlebihan. Produk diet terbaik, disini. 

Namun, bagi kamu yang hobi sekali makan namun tetap ingin melakukan diet agar bisa menjaga berat badan stabil bisa kamu terapkan dengan mudah. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 cara menjaga berat badan bagi yang hobi makan, mudah diterpakan.

1. Buat Rencana dengan Baik dan Konsisten

armoura
Gambar: Pixabay

Buatlah rencana jangka pendek dan jangka panjang tentang makanan sehat, camilan yang diinginkan, rutinitas olahraga, motivasi, dan ide-ide lainnya. kamu juga bisa membuat strategi menjaga berat badan, misalnya dengan mengkombinasikan antara makanan favorit dan makanan sehat. kamu bisa gunakan aplikasi smartphone untuk terus memantau perkembangan berat badan dan kalori yang masuk ke dalam tubuh.Produk diet terbaik, disini. 

2. Makan dengan porsi kecil

Banyak orang mengira diet yang efektif adalah dengan memangkas jatah makan. Misalnya nih, jika orang tersebut makan tiga kali sehari, maka ketika diet mereka hanya makan satu kali sehari saja. Pemahaman bahwa semakin sedikit orang makan maka akan kurus ini ternyata salah. Karena pada faktanya ketika tiba saatnya makan kita dapat makan dengan porsi.

Karena itu bagi mereka yang ingin kurus justru disarankan lebih sering makan. Kalau biasanya kamu hanya makan tiga kali sehari, saat diet tambahlah menjadi lima kali sehari. Namun perlu diingat bahwa porsi tiap kali makan harus lebih sedikit. Makan lebih sering akan membantu kadar gula darah tetap normal, karbohidrat terserap sempurna, serta menjaga metabolisme tubuh yang membuat berat badan tetap terjaga.Produk diet terbaik, disini. 

3. Kunyah dengan Halus

armoura
Gambar: BP Guide

Kekeliruan pola makan yang bisa saja tidak disadari adalah aturan saat mengunyah makanan. Meski tahu bahwa idealnya kita mengunyah makanan sebanyak 32 kali, hanya sebagian kecil orang yang mempraktekannya. Akibatnya sistem pencernaan harus bekerja keras dan mengakibatkan gangguan kesehatan. Lebih jauh makanan yang tidak dikunyah secara sempurna dapat menyebabkan kelebihan berat badan.Produk diet terbaik, disini. 

4. Aktif Bergerak dan Olahraga

Ketika Akamu memakan berbagai macam makanan tanpa disadari, kalori yang masuk ke dalam tubuh pun bertambah. Biasakan tubuh kamu agar terus bergerak. Banyaknya aktivitas fisik dapat membantu mengelola berat badan. Menurut Katherine Zeratsky ahli nutrisi Mayo Clinic, mengurangi kalori sebenarnya lebih efektif dibandingkan olahraga dalam proses penurunan berat badan. Meskipun begitu, berjalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat menurunkan  0,15 kg setiap minggunya. Jika kamu menyukai olahraga, bahkan kamu bisa menurunkan berat badan lebih cepat, tidak hanya menjaga berta badan.

5. Rutin Minum Putih

armoura
Gambar: Pixabay

Berdasarkan penelitian, orang yang minum dua gelas air mineral sebelum makan memiliki kesempatan menghilangkan berat badannya daripada mereka yang tidak. Selain karena air mineral memang melarutkan lemak dalam tubuh, rasa kenyang setelah minum membuat orang makan dalam porsi lebih sedikit. Alasan tersebut membuat kamu yang hobi makan tapi tetap ingin kurus harus minum sebelum makan. Selain itu, kamu juga disarankan untuk tetap rajin minum delapan gelas air mineral dalam sehari agar berat badan ideal tetap terjaga.

6. Rutin Minum Teh Hijau

Khasiat teh hijau untuk kesehatan mungkin sudah banyak kamu ketahui. Selain untuk mempercantik kulit, teh hijau juga dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut penelitian, kandungan Epilgallocatechin Gallate (ECGC) dalam teh membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Tidak hanya membakar lemak saja, teh hijau juga berkhasiat mengurangi nafsu makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top