6 Cara Merawat Kulit Kering yang Wajib Diketahui, Aman dan Ampuh

Amoura
Gambar:

Memiliki kulit kering memang dapat membuat frustasi. Pasalnya, kulit terkelupas, kemerahan, penuaan dini, kerutan, kusam dan garis-garis halus bisa muncul pada kulit kering. Umumnya kulit kering disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti kelembapan dan suhu atau kosmetik dan pembersih wajah.

Kulit kering merupakan masalah yang bisa sangat mengganggu penderitanya. Kulit yang kering cenderung mudah gatal, bersisik, ruam, dan mengelupas. Tak heran, jika sebagian orang yang memiliki permasalahan ini rela merogoh kocek lebih dalam untuk perawatan kulitnya. Produk diet terbaik, disini. 

Umumnya kulit yang mengering disebabkan oleh cuaca dingin atau kosmetik dan sabun yang kamu gunakan. Kelenjar sebaceous di dalam kulit yang lamban memproduksi minyak alami juga bisa menyebabkan kulit kering. Berikut telah kami rangkum dari rangkum dari berbagai sumber, 6 cara merawat kulit kering yang wajib diketahui, aman dan ampuh, Selasa (5/5/2020).

1. Rutin Menggunakan Masker

Cara merawat kulit yang pertama ialah dengan rutin menggunakan maske.  Manfaatnya akan dapat kamu rasakan seperti kulit yang terhidrasi dengan baik serta mampu mengatasi masalah kulit kering yang dialami. Idealnya menggunakan masker wajah disarankan minimal seminggu sekali. Pilih masker yang berbahan dasar madu, alpukat, minyak zaitun, dan lidah buaya yang dikenal mampu membantu melembapkan kulit. Produk diet terbaik, disini. 

2. Jangan mandi berlama-lama serta hindari menggunakan air panas untuk mandi

Apakah kamu orang yang senang mandi berlama-lama? Jika iya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Mandi berlama-lama justru membuat kulit menjadi semakin kering karena air yang ada di permukaan tubuh akan banyak menguap. Jagalah waktu mandi kamu kurang lebih sekitar 10 menit.  Serta ketika mandi gunakan air biasa dan jangan menggunakan air panas.

Menggunakan air panas bisa membuat kulit kamu semakin kering. Air panas dapat menghilangkan minyak alami  yang merawat kulit untuk menjaga kelembapannya sehingga bisa membuat kulit menjadi kurang terhidrasi dan menjadi kering. Oleh karena itu, kamu juga harus menghindari mandi dengan air panas. Produk diet terbaik, disini. 

3. Terlalu sering menggosok tubuh (scrubbing)

Scrubbing memang diperlukan agar kulit mati bisa hilang, namun terlalu sering menggosok tubuh justru membuat permukaan kulit menjadi rusak. Penggunaan alat bantu mandi seperti batu apung, spons kasar, atau bahan kasar lainnya memang membuat kulit terasa lebih bersih. Namun, sebaiknya hanya gunakan tangan atau lap lembut untuk membersihkan tubuh. Karena itu bisa membuat kulit kering dan susah untuk merawatnya dengan baik. Produk diet terbaik, disini. 

4. Gesekan berlebihan antara tubuh dan handuk membuat permukaan kulit menjadi kering.

Cara merawat kulit kering selanjutnya ialah hindari gesekan berlebihan antara tubuh dan handuk membuat permukaan kulit menjadi kering. Setelah mandi, mayoritas orang terbiasa mengeringkan tubuh dengan cara menggosok-gosokkan handuk pada seluruh bagian tubuh.

Mengeringkan tubuh dengan menepuk-nepuk handuk secara lembut dapat menjaga kelembapan kulit kamu. jangan lupa gunakan produk pelembap untuk mempertahankan kelembapan kulit kamu sepanjang hari. Produk diet terbaik, disini. 

5. Paparan sinar matahari

Manfaat sinar matahari memang sangat baik bagi tubuh, terutama sinar matahari pagi. Namun, sinar matahari juga merupakan salah satu penyebab kulit kering. Minimalkan efeknya dengan menggunakan tabir surya ataupun topi lebar yang melindungi wajah.

6. Kondisi kesehatan tertentu

Kulit kering bisa menjadi tanda tubuh tengah mengalami perubahan atau mengalami penyakit tertentu. Misalnya, perubahan hormon pada wanita paruh baya menjelang menopause. Selain itu, beberapa kondisi seperti diabetes, gangguan tiroid, dan kurang gizi juga dapat menyebabkan kulit kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top