6 Jenis Diet Ampuh Turunkan Berat Badan, Pahami dan Terapkan dengan Baik

Armoura

 

Armoura
Gambar: Pixabay

Ada banyak beragam jenis diet yang bisa diterapkan oleh orang – orang. Namun, tidak semua diet memberikan dampak penurunan berat badan yang konstan dan berdampak baik bagi kesehatan. Beberapa jenis diet mungkin dapat memengaruhi perubahan berat badan, tapi berdampak kepada menurunnya kondisi kesehatan akibat penurunan berat badan drastis.

Beberapa  ada jenis diet yang fokus mengurangi nafsu makan, sementara yang lain membatasi kalori, karbohidrat, atau lemak. Karena semua metode mengklaim lebih unggul, mungkin sulit untuk mengetahui mana yang pantas untuk dicoba.

Akan tetapi  tidak ada satu diet yang terbaik untuk semua orang dan apa yang mungkin berhasil bagi kamu, mungkin tidak bekerja untuk orang lain. Karena pada dasarnya program diet ini memiliki karakter yang berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang.

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 jenis diet ampuh turunkan berat badan, pahami dan terapkan dengan baik, Rabu (13/5/2020).

1. Diet mayo

Armoura
Gambar: Pixabay

Diet mayo yang sebenarnya merupakan diet penurunan berat badan yang difokuskan kepada pengubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Namun sayangnya, ada pemahaman dan penerapan diet mayo yang keliru. Pemahaman keliru mengenai diet mayo ini erat dikaitkan dengan diet grapefruit atau diet mayo palsu.

Secara khusus, diet mayo menganjurkan seseorang untuk mengonsumsi rendah karbohidrat tetapi tinggi lemak dengan menyisipkan grapefruit sebagai salah satu menu utama di dalamnya. Diet grapefruit yang mengandalkan enzim pembakar lemak menjanjikan penurunan berat badan yang mencapai 5 kg dalam waktu 12 hari. Konsumsi rendah kalori yang mengutamakan buah yang bernutrisi tinggi seperti grapefruit memang merupakan pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan.

2. Diet vegan

Armoura
Gambar: Pixabay

Diet vegan dikenal sebagai jenis diet yang tidak memperbolehkan adanya konsumsi produk olahan hewani sama sekali, termasuk telur dan madu. Diet ini merupakan pola makan yang rendah lemak dan tinggi serat, sehingga efektif untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, diet vegan juga mengurangi risiko kamu menderita penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer.

Akan tetapi, ada beberapa jenis produk hewan yang mengandung nutrisi tertentu yang tidak bisa dipenuhi melalui diet vegan, seperti vitamin B-12, zat besi, vitamin D, kalsium, dan asam lemak omega-3. Seringkali ini menjadi kesalahan diet vegan yang dilakukan pemula, yaitu tidak mempertimbangkan nutrisi yang tidak bisa didapatkan dari produk nabati. Tapi hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi multivitamin.

3. Paleo Diet

Armoura
Gambar: Pixabay

Paleo diet atau juga dikenal dengan nama diet manusia purba (caveman diet) adalah metode diet yang mengadaptasi kebiasaan makan nenek moyang pada zaman dulu. Diet ini mengikuti kebiasaan diet orang-orang pada masa Paleolitik (sekitar 2,5 juta sampai 10.000 tahun lalu).

Tujuan dari diet ini adalah mengembalikan kebiasaan makan manusia seperti manusia zaman dulu. Paleo diet yakin bahwa tubuh manusia lebih cocok dimasuki dengan diet seperti orang-orang zaman dulu (yang mengonsumsi makanan dari hasil berburu dan mengumpulkan) dibandingkan dengan diet modern, di mana terjadi perubahan pada sistem pertanian yang lebih canggih.

4. Diet Dukan

Armoura
Gambar: Pixabay

Diet dukan adalah metode diet tinggi protein, penurunan berat badan rendah karbohidrat yang dibagi menjadi empat fase terbagi atas dua fase penurunan berat badan dan dua fase pemeliharaan. Berapa lama kamu bertahan di setiap fase tergantung pada berapa banyak berat badan yang kamu inginkan untuk menurunkannya. Setiap fase memiliki pola makannya sendiri.

Penciptanya adalah Pierre Dukan, seorang dokter dan ahli nutrisi dari Perancis yang mengklaim diet dukan dapat menurunkan berat badan sebanyak 5 kg hanya dalam waktu satu minggu. Kunci dari penurunan berat badan ala diet dukan adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi protein, oatmeal, air putih, dan berjalan kaki cepat minimal 20 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top