6 Kesalahan Diet yang Kerap Dilakukan Tanpa Sengaja, Bikin Gagal Langsing

Armoura
Armoura
Gambar: Istimewa

Diet menjadi salah satu cara untuk mendapatkan tubuh ideal. Selain itu diet juga menjadi salah metode yang kerap digunakan untuk menurunkan berat badan. Di dunia diet menjadi salah satu tren yang bagi orang-orang untuk menerapkan pola hidup sehat.

Diet memiliki bermacam-macam jenis. Namun, jika kamu tidak memperhatikan dengan baik pola diet yang kamu lakukan bisa akan berbahaya bagi kesehatan. Agar diet yang dilakukan tidak sembarangan dan membahayakan kesehatan, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Namun, sering kali orang yang melakukan program diet tanpa sadar melakukan kesalahan-kesalahan yang membuat gagal langsing. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 kesalahan diet yang kerap dilakukan tanpa sengaja, bikin gagal langsing, Selasa (12/5/2020).

1. Menjauhi Karbohidrat

Armoura
Gambar: Istimewa

kesalahan diet yang pertama ialah menjauhi karbohidrat. Banyak orang diet yang kemudian memilih untuk menghindari nasi karena dianggap mengandung karbohidrat yang dapat membuat tubuh gemuk. Ini salah besar karena karbohidrat merupakan salah satu elemen penting dalam metabolisme tubuh. Perut malah akan menjadi lapar terus jika kita tak mengonsumsi karbohidrat.

2. Melewatkan Sarapan

Sarapan sehat akan membantu kamu mempertahankan diet dan komitmen dalam menurunkan berat badan. Melewatkan sarapan (maupun waktu makan lainnya) tidak akan benar-benar mengurangi kalori. Kamu justru akan sangat lapar dan cenderung makan berlebihan ketika jam makan berikutnya. Beberapa peneliti bahkan menyarankan kamu untuk makan lebih banyak kalori ketika sarapan (ketimbang nanti di saat makan malam) karena justru akan membuat diet berhasil. Untuk memastikan kamu cukup kenyang saat sarapan, pastikan untuk memasukkan banyak serat dan protein dalam menu.

3. Melewatkan Waktu Makan

Armoura
Gambar: Istimewa

Diet cenderung dikaitkan dengan berpuasa, tidak makan malam, menahan lapar sehingga cenderung menyiksa diri. Hal ini merupakan kesalahan yang paling umum yang dijumpai hampir pada semua orang. Menurut ahli dari Harvard Faculty of medicine, diet yang benar justru didukung dengan gizi yang seimbang, yaitu kalori yang cukup sebagai tenaga untuk bekerja dan mikronutrien yang cukup untuk menunjang fungsi tubuh.

4. Makan Tanpa Sadar

Ketika kamu tengah menonton TV atau membaca buku, biasanya tanpa sadar kamu akan merasa ingin menyantap camilan dan mulai memasukkan makanan ringan ke dalam mulut. Walaupun kalori yang dimiliki sebuah camilan tergolong rendah, namun camilan justru dapat dengan cepat menambahkan kalori dalam tubuh yang menyebabkan diet gagal.

Dari uraian di atas, kita dapat melihat bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan kesalahan diet. Untuk itulah, saat sedang diet ada baiknya kamu juga menyadari kebiasaan-kebiasaan makan dan minum yang mengundang banyak kalori.

5. Menghindari Makan Berat

armoura
Gambar: Istimewa

Hal ini juga sering dijumpai, terutama pada kawula muda yang menjalani diet kalori. Namun dengan menghindari makan berat, maka tubuh akan lebih mudah lapar. Ketika tubuh terasa lapar maka tubuh akan berusaha bertahan dengan meningkatkan kadar gula darah agar energi yang dibutuhkan tercukupi. Saat tubuh sudah tidak bisa bertahan lagi, maka akan terjadi hipoglikemi (kadar gula darah rendah) yang bisa menyebabkan pingsan, bahkan sampai mengancam jiwa. Sehingga salah satu kunci diet yang baik adalah tetap merasa kenyang dengan kadar kalori rendah, namun zat gizi yang cukup.

6. Terlalu Banyak Kalori Cair

Kamu mungkin lupa mempertimbangkan kalori yang berasal dari minuman. Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengemukakan bahwa sekitar 21% kalori justru berasal dari minuman. Kalori cair biasanya mengendap pada minuman beralkohol, kopi dengan krim dan gula, jus yang manis, dan soda. Minuman seperti itu biasanya malah akan meningkatkan berat badan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top