6 Makanan Berminyak Penyebab Jerawat, Bukan Hanya Gorengan

Armoura
Gambar: Pixabay

Makanan berminyak dikenal sebagai penyebab utama munculnya jerawat. Hal ini dikarenakan makanan berminyak dapat meningkatkan gula darah yang kemudian memicu meningkatnya insulin.

Apabila insulin meningkat di dalam tubuh, maka produksi minyak di kulit akan meningkat sehingga lebih rentan menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, Anda perlu meninggalkan kebiasaan mengonsumsi makanan penyebab jerawat seperti makanan berminyak. Produk penghilang jerawat, disini. 

Berikut kumpulan makanan yang perlu Anda hindari untuk mencegah munculnya jerawat. Selain membiasakan pola makan sehat, Anda juga perlu menegtahui cara sehat mencegah jerawat yang dimulai dari pola hidup sehat.

Keripik Kentang

Gambar: Pixabay

Makanan berminyak pertama yang menyebabkan jerawat adalah keripik kentang. Hal ini dikarenakan keripik kentang memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat memicu meningkatnya insulin dan glukosa dalam tubuh. Selain keripik kentang, kentang goreng, dan roti juga memiliki indeks glikemik yang tinggi yang sebaiknya perlu Anda hindari. Produk penghilang jerawat, disini. 

Gorengan

Sumber: pixabay

Makanan berminyak berikutnya yang enak namun menimbulkan jerawat adalah gorengan. Gorengan bisa menyebabkan munuclnya jerawat karena adanya kandungan minyak yang tinggi sehingga berisiko meningkatkan sebum atau produksi minyak pada wajah. Sebum yang berlebihan dapat menjadikan wajah berjerawat. Produk penghilang jerawat, disini. 

Makanan Pedas

Gambar: Pixabay

Selain gorengan, makanan pedas atau yang sangat pedas juga termasuk jenis makanan yang dapat menimbulkan jerawat. Hal ini dikarenakan makanan pedas mampu meningkatkan sirkulasi darah ke wajah yang berakhir dengan munculnya jerawat pada kulit wajah. Produk penghilang jerawat, disini. 

Makanan Berminyak

Gambar: Pixabay

Makanan berlemak tinggi seperti makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko terkena jerawat. Makanan yang tinggi lemak dan garam yang berpengaruh pada munculnya jerawat. Produk penghilang jerawat, disini. 

Makanan Olahan Susu

Gambar: Pixabay

Selain makanan berminyak, makanan olahan susu juga dapat menyebabkan jerawat. Makanan olahan susu seperti susu, keju, dan makanan olahan susu sapi lainnya dapat menyebabkan jerawat jika dikonsumsi berlebihan. Hal ini dikarenakan hormone yang terdapat di dalamnya dapat menyebabkan kelenjar minyak terus berkembang dan menjadi pemicu timbulnya jerawat.

Karbohidrat Olahan

Gambar: Pixabay

Makanan karbohidrat olahan seperti pasta, roti tawar, kue, nasi putih, dan sereal rupanya bisa menjadi penyebab kulit berminyak dan berjerawat. Deretan makanan tersebut memiliki kadar indeks glikemik tinggi yang bisa menyebabkan lonjakan gula darah.

Hal ini mengakibatkan produksi minyak di wajah ikut meningkat, membuatnya rentan berjerawat. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengganti produk karbohidrat olahan tersebut dengan alternatif yang lebih kaya serat seperti nasi merah, quinoa, dan oat. Mengonsumsi makanan tersebut dapat menjadikan tingkat gula darah tubuh tetap stabil.

Cara Sehat Menghindari Jerawat

Armoura
Gambar: Hellosehat

Konsumsi Makanan Sehat

Setelah mengetahui makanan berminyak penyebab jerawat, maka Anda perlu lebih memperhatikan asupan makanan agar terhindar dari jerawat. Nda harus memulainya dengan konsumsi makanan yang sehat.

Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat dalam makanan dapat memengaruhi tubuh Anda. Untuk mencegah munculnya jerawat, tidak ada salahnya memulai pola makan yang sehat.

Makanan yang baik untuk diknsumsi agar terhindar dari jerawat seperti kacang. Meski sering disebut sebagai penyebab jerawat, ternyata kacang kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi inflamasi di sekitar kelenjar minyak. Selain kacang, Anda juga bisa mengonsumsi ikan agar terhindar dari jerawat.

Jaga Kebersihan Kulit

Apabila Anda ingin terhindar dari jerawat, pastikan Anda menjaga kesehatan kulit, Caranya dengan mencuci wajah sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan malam.

Hal ini penting dilakukan karena kotoran, keringat, dan kosmetik dari aktivitas seharian menempel di wajah Anda dapat menyebakan penyumbatan pori-pori penyebab jerawat.

Pola Hidup Sehat

Selain memilih makanan sehat dan kebiasaan membersihkan wajah, cara lainnya untuk mencegah jerawat muncul dengan membiasakan pola hidup sehat. Bukan hanya mencegah jerawat, pola hidup sehat juga sangat memengaruhi kesehatan organ tubuh Anda.

Mendapatkan tidur yang cukup tidak terlalu malam dan olahraga yang teratur dapat membantu berkurangnya jerawat. Jika Anda sering tidur larut, maka mulailah untuk tidur lebih awal. Karena jika Anda kurang tidur, tiap jamnya dapat memengaruhi peningkatan stres sebanyak hampir 15 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top