6 Makanan Pengikat Karbohidrat yang Baik Dikosumsi Saat Ramadan, Bikin Langsing Alami

Armoura
Gambar: benchfit.com.au

Di bulan puasa, tubuh hanya mendapat asupan makanan saat sahur dan berbuka. Oleh karena itu perlu memenuhi asupan nutrisi agar tetap bugar selama berpuasa. Makronutrien yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak haruslah dikonsumsi saat sahur dan berbuka agar tubuh tetap dapat berfungsi dengan baik.

Salah satu makronutrien, yakni karbohidrat berperan penting sebagai sumber energi utama untuk tubuh. Terdapat dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Perbedaan di antara dua jenis karbohidrat ini terletak pada struktur kimia dan seberapa cepat gula di dalamnya dapat diserap dan dicerna oleh tubuh.

Jika kamu ingin tetap makan karbo tapi tidak ingin berat badan naik terus, carilah sumber makanan yang bisa jadi pengikat karbohidrat pati resisten. Pati resisten adalah jenis karbohidrat kompleks yang tidak bisa dicerna oleh usus. Di usus, pati resisten akan menghasilkan asam lemak rantai pendek yang disebut SCFA sebagai sumber energi bagi sel-sel di usus.

Pati resisten akan merangsang sistem pencernaan kamu untuk melepaskan hormon kenyang yang lebih banyak, sehingga membantu menurunkan nafsu makan hingga lebih lama. Berikut kami rangkum dari berbagai sumber, 6 makanan pengikat karbohidrat yang baik dikosumsi saat Ramadan dan bikin langsing alami, Kamis (23/4/2020).

Tepung jagung

Gambar: nutritionreview.org

Tepung jagung dibuat dari biji jagung yang dikeringkan dan digiling halus. Untuk meningkatkan kandungan pati resisten dalam menu makan kamu yang bisa jadi pengikat karbohidrat cukup tambahkan 1 sendok makan tepung jagung murni ke dalam yogurt atau bubur oats dingin kamu. Tepung jagung juga membantu menstabilkan gula darah. Produk pengikat karbohidrat terbaik disini. 

Kacang-kacangan

Contoh kacang-kacangan yang tinggi kandungan pati resistennya adalah kacang hijau, kacang putih, lentil, kacang polong, kacang buncis, dan kacang merah. Tergantung jenisnya, per 100 gram kacang bisa mengandung 1-4 gram pati resisten. Tidak heran jika kacang-kacangan menjadi pilihan camilan untuk diet yang tidak hanya mengenyangkan, tapi juga sehat sekaligus jadi pengikat karbohidrat yang baik.

Beras coklat

Gambar: shape.com.sg

Per 200 gram nasi dingin yang terbuat dari beras bisa mengandung 3 gram pati resisten.  Bukan hanya kaya pati resisten, beras cokelat juga kaya akan vitamin dan mineral yang membantu proses pemecahan energi dalam tubuh dan jadi pengikat karbohidrat. Beras putih sebenarnya juga memiliki sifat yang sama seperti beras cokelat ketika didinginkan, meskipun kadar pati resistennya tidak setinggi beras cokelat.Produk pengikat karbohidrat terbaik disini. 

Pati

Sebagian besar orang memenuhi kebutuhan pengikat karbohidrat dari sumber pati. Pati termasuk dalam karbohidrat kompleks, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Sumber makanan ini di antaranya nasi, gandum, roti, pasta, kacang-kacangan, kentang, dan jagung.

Buah-buahan dan sayuran

Gambar: portonews.com

Buah dan sayuran juga merupakan sumber energi, hanya mengandung sedikit molekul gula sehingga mempercepat proses pencernaan. Seperti pisang, anggur, apel, jeruk, brokoli, bayam, wortel.

Susu

Sama halnya dengan buah dan sayur, susu juga merupakan sumber pengikat karbohidrat sederhana. Tidak hanya susu, yogurt juga dapat menyumbang kalori dalam tubuh kita.

Cara mengurangi karbohidrat

Gambar: sidneyhealth.org/
  • Berhenti minum minuman manis

Gula dalam minuman manis cepat menaikan kadar gula darah dan tidak membuat perut merasa kenyang. Itu sebabnya orang cenderung makan banyak setelah minum minuman manis. Akibatnya, kandungan gula tinggi ini justru menambah asupan kalori yang tidak perlu

  • Makan banyak sayur-sayuran

Serat sayuran juga berfungsi untuk mencegah dan/atau mengatasi sembelit, salah satu efek samping yang terjadi ketika kita mulai menghentikan asupan makanan karbohidrat. Pilihlah sayuran yang sedikit mengandung karbohidrat, seperti tauge, brokoli, kembang kol, terong, tomat, jamur, bayam, timun, bokcoy, selada, dan bayam

  • Baca informasi nilai gizi di setiap produk makanan

Untuk mengetahui kandungan karbohidrat yang ada dalam suatu produk makanan, bacalah label informasi nilai gizinya. Ingat, nilai gizi suatu produk makanan dibuat berdasarkan dengan porsi takaran saji, bukan berat bersih dari produk tersebut. Jangan sampai terkecoh membacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top