6 Makanan Penyebab Kulit Berminyak, Segera Hindari

Armoura
Armoura
Gambar: Istimewa

Kulit berminyak merupakan salah satu masalah wajah yang memang kadang bikin rasa percaya diri menurun. Selain perawatan kulit yang salah, ada juga penyebab lain yang bisa membuat kulit jadi mengkilap minyak.

Umumnya, tiap kulit punya kelenjar minyak dan sebum yang fungsinya untuk mengeluarkan minyak pada pori-pori kulit. Sebenarnya minyak di kulit juga tidak selalu buruk kehadirannya. Ini karena minyak pada kulit berfungsi untuk melindungi dan melembapkan kulit wajah.

Penyebab kulit wajah berminyak antara lain adalah hormon yang tidak seimbang, genetika atau keturunan, stres, serta penggunaan kosmetik yang salah atau tidak cocok.  Selain itu, ada beberapa makanan penyebab kulit berminyak.

Makanan tersebut bisa mendorong produksi minyak di wajah Anda. Apa saja jenis makanan penyebab kulit berminyak? Berikut enam jenis makanan penyebab kulit berminyak yang bisa Anda hindari.

Makanan Manis Bergula

Armoura
Gambar: Istimewa

Makanan penyebab kulit berminyak pertama yang manis bergula. Hal ini dikarenakan makanan manis dan mengandung gula pastinya juga punya kadar glikemik yang tinggi. Menurut Lela Altman, seorang dokter dari Bastyr Center for Natural Health, untuk menghindari kulit berminyak, Anda harus mengurangi makan makanan manis.

Altman menyarankan untuk menjalankan diet yang kaya akan buah, sayuran, dan serat dengan kadar gula rendah seperti gula tebu dan sirup jagung, sebagai cara alami untuk mencegah munculnya jerawat. Kurangi makanan bergula seperti permen, kue, dan makanan ringan lainnya.

Konsumsilah makanan dengan pemanis alami seperti buah, ubi, mangga, dan apel. Smoothies buah dan air putih dengan lemon adalah alternatif minuman sehat yang bisa Anda konsumsi.

Lemak

Armoura
Gambar: Istimewa

Santapan berlemak memang sudah umum bisa menyebababkan kulit berminyak dan jerawat. Namun ada sumber lemak baik lainnya yang bagus dan bisa mengontrol lemak jahat penyebab jerawat muncul. Asam lemak omega-3 adalah jenis lemak baik yang memiliki zat antiradang.

Mengonsumsi lebih banyak asam lemak omega-3 dapat mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh. Karena itulah tubuh akan jauh lebih sehat dan akan membantu Anda memiliki kulit yang bebas jerawat sekalipun Anda memiliki kulit berminyak. Anda bisa mengonsumsi sumber makanan berlemak sehat seperti buah alpukat, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Beras dan Gandum Putih

Armoura
Gambar: Istimewa

Beras dan gandum putih (seperti tepung terigu) umumnya mengandung serat yang baik untuk tubuh. Sayangnya, ketika diproses untuk diolah, kedua sumber makanan tersebut banyak yang kehilangan serat dan nutrisinya.

Beras  dan gandum putih juga mengandung indeks glikemik tinggi yang akan berimbas pada gula darah Anda. Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa makanan tinggi glikemik dapat membuat kulit memproduksi minyak dan jerawat berlebih. Untuk menurunkan indeks glikemik, gantilah nasi putih dengan nasi merah dan pilih roti yang dibuat dari gandum utuh (whole wheat).

Gorengan

Armoura
Gambar: Istimewa

Sebuah studi tahun 2009 berjudul The relationship of diet and acne menemukan, konsumsi terlalu banyak asam lemak omega-6 dapat menyebabkan inflamasi dan memicu tumbuhnya jerawat. Senyawa tersebut banyak ditemukan dalam makanan yang digoreng dan mengandung banyak minyak, misalnya kentang goreng atau keripik kentang.

Garam

Armoura
Gambar: Istimewa

Garam memang memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh, namun terlalu banyak mengonsumsinya bisa menyebabkan kulit dehidrasi. Saat dehidrasi, kulit akan melawannya dengan cara memproduksi lebih banyak minyak. Untuk menghindarinya, batasi asupan makanan olahan dan kurangi campuran garam dalam menu makanan Anda sehari-hari.

Olahan Susu

Armoura
Gambar: Istimewa

Sebuah riset di tahun 2009 berjudul Acne, dairy and cancer mengungkapkan, konsumsi olahan susu secara rutin berpengaruh terhadap peningkatan jerawat. Pasalnya, susu, keju, dan olahan susu lainnya mengandung kadar hormon tinggi yang bisa menyumbat pori-pori dan meningkatkan produksi minyak. Bila Anda memiliki jenis kulit acne-prone, mungkin bisa memilih susu almond sebagai alternatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top