6 Manfaat Buah Plum Hitam Untuk Kesehatan Tubuh, Cocok Buat Diet Saat Puasa

Armoura
Sumber: freepik.com

Selain mengkosumsi kurma dan buah-buah lainnya saat puasa, kamu juga bisa mencoba buah plum hitam. Memag buah plum sendiri belum familiar bagi masyarakat Indonesia. Buah plum sendiri memiliki beberapa warna salah satunya ialah buah plum hitam.

Buah plum hitam memiliki warna menarik serta rasa yang lezat. Dalam plum hitam mengandung vitamin A, magnesium, zat besi, kalium, vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, mineral dan juga fenol serta beberapa kandungan lainnya.

Bentuk buah plum mirip dengan buah apel, diameternya sekitar 3-7 cm dan mengandung banyak air serta antioksidan. Sedangkan kulit buahnya lembut dan disertai lilin alami yang melekat pada permukaan dagingnya. Buah ini juga terkenal dengan khasiatnya yang dianggap ampuh untuk diet. Produk diet terbaik disini. 

Buah plum hitam memiliki rasa agak asam, bagian dalamnya berwarna kuning serta dagingnya agak keras dibanding plum jenis lain jadi jangan terlalu banyak mengkosumsinya saat puasa ya. Namun buah plum hitam ini ternyata sangat baik untuk kesehatan.

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 manfaat buah plum hitam untuk kesehatan tubuh yang baik dikosumsi selama puasa, Senin (27/4/2020).

1. Menjaga keseimbangan asam-basa tubuh

Sumber: freepik.com

Buah plum hitam dikenal kaya akan kalium, salah satu jenis mineral yang sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu mengatur kontraksi otot dan keseimbangan asam-basa tubuh. Kalium juga digunakan oleh sistem saraf otonom yang berperan sebagai pengendali detak jantung, fungsi otak dan proses fisiologi penting lainnya. Selain dalam buah plum, kalium juga banyak ditemukan pada buah pisang, alpukat, jeruk, daging, susu serta kacang-kacangan. Produk diet terbaik disini. 

2. Membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut

Vitamin A, C, E dan berbagai senyawa antioksidan lainnya dalam buah plum hitam mampu berperan sebagai perisai alami tubuh dalam melindungi asam lemak tak jenuh dan membran sel dari serangan radikal bebas. Hingga memungkinkan tubuh dalam melawan tanda-tanda penuaan dini seperti kulit keriput dan rambut rontok. Produk diet terbaik disini. 

3. Menjaga tingkat kolesterol.

Sumber: freepik.com

Mengonsumsi buah plum hitam juga bisa mengurangi kadar kolesterol sehingga baik untuk menghindari penyakit jantung. Senyawa fenol di dalamnya juga efektif melawan penyakit jantung. Nggak hanya itu, buah plum mengandung vitamin K yang bisa mengatur dan mengendalikan denyut jantung serta memperlancar aliran darah. Produk diet terbaik disini. 

4. Mengurangi risiko diabetes

Umumnya para penderita diabetes takut makan-makanan yang mengandung kadar gula terlalu tinggi. Namum, buah plum hitam ini memiliki sifat anti-hiperglikemik yang bisa mengontrol kadar gula darah. Menurut beberapa sumber, buah ini bisa mengurangi kadar glukosa darah dan trigliserida dai dalam tubuh. Ini juga karena kandungan flavonoid di dalamnya memberikan resistensi insulin. Produk diet terbaik disini. 

5. Baik untuk mata

Sumber: freepik.com

Buah plum mengandung vitamin A yang berfungsi menjaga, melindungi, serta meningkatkan kualitas organ mata dalam melihat. Tak hanya itu saja, buah ini juga mengandung senyawa karotenoid yang berperan melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar matahari seperti radiasi UV.

6. Cocok buat diet

Manfaat buah plum hitam selanjutnya yaitu dapat mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan sakit perut. Seperti kita tahu buah plum hitam memiliki kandungan serat yang tinggi dan baik untuk memperlancar pencernaan dan memperbaiki sistem pencernaan. Sehingga bisa mengeluarkan racun dalam tubuh. Oleh sebab itu buah ini juga dikenal sebagai salah satu buah yang ampuh untuk menu diet.

7. Bisa mengobati osteoporosis

Sumber: freepik.com

Wanita rentan mengalami osteoporosis, hal ini dikarenakan massa tulang yang lebih kecil dibandingkan pada tulang pria. Untuk mengatasinya, dapat mengonsumsi buah plum hitam ini secara rutin. Karena kandungan antioksidannya mencegah osteoartritis dan degenerasi makula. Selain itu plum juga mengandung senyawa flavonoid dan mineral.

8. Mempertahankan sistem saraf yang sehat

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah plum hitam secara teratur dapat membantu mencegah kedatangan gangguan neurodegeneratif terkait usia, seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. Buah plum hitam juga memiliki kandungan vitamin B6 dan asam amino triptofan yang berperan penting dalam transmisi sinyal saraf dan produksi neurotransmitter serotonin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top