6 Manfaat Buah Plum Kering yang Jarang Diketahui, Bikin Badan Langsing

Armoura
Gambar: iStock

Jika berbicara tentang buah plum, mungkin sebagian masyarakat Indonesia tidak banyak yang mengenal buah ini. Ya, buah plum sendiri bukanlah buah asli dari Tanah Air. Buah ini termasuk dari genus prunus dan berkerabat dengan buah persik dan ceri.

Buah plum memilik banyak mamnfaat untuk kesehatan,salah satunya untuk diet. Buah plum memilki dua warna yang kabarnya berasal dari wilayah yang berbeda. Buah plum yang berasal dari Eropa umumnya memiliki warna campuran merah dan ungu.

Sedangkan buah plum dari Cina kebanyakan berwarna hitam. Biasanya buah plum yang kerap dimanfaatkan ialah buah yang masih matang. Sedangkan untuk buah plum kering sering dibuang dan jarang dikosumsi.  Produk diet terbaik, disini.

Bagi mereka yang paham, buah plum kering juga memiliki beragam manfaat. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 manfaat buah plum kering yang jarang diketahui dan sering diabaikan, Jumat (1/5/2020).

1. Obat pelangsing

Gambar: iStock

Plum kering atau prune kini tengah populer di kalangan millennial sebagai buah pelangsing. Prune atau buah plum kering memiliki tekstur kering dan keriput. Biasanya buah ini dijadikan camilan manis nan menyehatkan karena mengandung lebih dari 15 vitamin dan mineral berbeda, plus serat dan antioksidan. Produk diet terbaik, disini.

Buah plum kering juga terkenal dengan manfaatnya atasi konstipasi karena tinggi kandungan serat tak larut. Meski begitu, plum kering tinggi kalori dan gula jika dibandingkan plum segar. Konsumsinya perlu dibatasi, tak boleh lebih dari seperempat hingga setengah cup per hari.

2. Meredakan sembelit

Buah plum kering juga telah dijual sebagai obat pencernaan populer selama bertahun-tahun bersama. Menurut edisi April 2011 Alimentary Farmacology and Therapeutics buah plum kering lebih efektif daripada psyllium. Produk diet terbaik, disini.

Buah plum kering juga membantu tubuh mencerna makanan dengan baik, meredakan sembelit dan buang air besar secara teratur. Ini karena buah plum kering tinggi serat dan sorbitol. Namun, perlu diingat, jangan makan plum kering terlalu banyak, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena sorbitol dan serat yang berlebihan.

3. Meningkatkan kesehatan rambut

Gambar: iStock

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rambut rontok, kekeringan dan perubahan warna rambut. Buah plum kering adalah sumber zat besi yang bagus, berkontribusi untuk kesehatan rambut secara keseluruhan dan menawarkan manfaat yang tak terhitung jumlahnya. Mereka adalah sumber vitamin B, vitamin C, dan lain-lain yang bagus untuk pertumbuhan rambut. Nutrisi ini memperkuat rambut dari akar dan mencegah kerusakan dan kerusakan. Produk diet terbaik, disini.

4. Meningkatkan jumlah sel darah merah

Buah plum kering seperti kismis, kurma, dan prune mengandung senyawa zat besi yang berguna untuk meningkatkan jumlah sel darah merah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita anemia.

Kandungan gula pada buah plum kering juga dapat dimanfaatkan sebagai makanan penambah energi. Tidak jarang buah kering sering dibawa sebagai bekal ketika akan melakukan perjalanan jauh seperti liburan bahkan mendaki gunung.

5. Menghalau penyakit kronis

Gambar: iStock

Buah plum kering terbilang mudah diolah menjadi beragam produk makanan dan minuman. Mulai dari jus, energy bar, makanan bayi, saus, dan produk bakery. Plum kering juga dibuat jadi konsentrat dan bubuk sehingga pemanfaatannya lebih luas lagi.

Buah kering juga tinggi antioksidan untuk menghalau serangan radikal bebas penyebab beberapa penyakit kronis, seperti kanker, serangan jantung, sampai dengan kerusakan ginjal. Antioksidan berfungsi menghentikan sel kanker berbahaya dan menurunkan risiko terkena peradangan.

6. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin dan mineral hadir dalam plum membantu menjaga kesehatan kulit. Buah plum kering juga membantu memperlambat proses penuaan dan menunda perkembangan keriput. kehadiran banyak mineral membuatnya keluar dari camilan yang baik, lebih lanjut memberi kulit bercahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top