6 Manfaat Buah Plum Merah Untuk Diet, Baik Dikosumsi Selama Ramadan

Armoura
Gambar : iStockphoto

Bagi sebagian orang indonesia mungkin belum banyak yang mengenal buah plum merah. Buah plum merupakan salah satu makanan superfood. Plum termasuk ke dalam keluarga Rosaceae yang juga mencakup buah persik, aprikot, dan nectarine.

Buah plum merah termasuk dalam genus Prunus. Bentuknya bulat atua oval, kurang lebih seukuran tomat. Rasanya berkisar dari manis hingga sedikit asam. Buah plum merah sendiri menjadi varietas yang paling umum dan populer di berbagai negara.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan usai mengkosumsi buah plum merah ini. Manfaat buah plum merah yang paling dikenal ialah kemampuannya mencegah sembelit. Serat buah plum memadatkan massa feses dan melancarkan proses pembuangannya, sehingga mengurangi risiko kanker usus besar dan wasir. Produk diet terbaik disini. 

Ada begitu banyak manfaat buah plum merah yang selama ini mungkin belum diketahui. Mulai dari menjaga kesehatan pencernaan, jantung hingga fungsi kognitif. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 manfaat buah plum merah untuk diet yang baik dikosumsi selama Ramadan, Senin (27/4/2020).

1. Memperluas efek perlindungan pada lemak esensial

Gambar : iStockphoto

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food, oleh para peneliti di Perancis menyimpulkan bahwa fenol yang ada di dalam plum ini dapat memperluas efek perlindungan pada lemak esensial di neuron dan membran sel terhadap cedera yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Buah plum merah mengandung vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin hingga asam klorogenat. Komponen-komponen ini memiliki kualitas antioksidan yang efektif sehingga dapat mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Produk diet terbaik disini. 

2. Membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh

Kandungan flavonoid yang ada di buah plum merah dapat memberikan efek perlindungan terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh dan sangat baik untuk mengobati sakit diabetes. Produk diet terbaik disini. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biomedical Research pada tahun 2005 telah menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak plum dapat membantu mengurangi gula darah dan kadar trigliserida dalam tubuh.

3. Melancarkan pencernaan

Gambar : iStockphoto

Manfaat buah plum merah untuk diet adalah dapat melancarkan pencernaan. Buah plum mengandung serat yang sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Attaluri. A, dari University of lowa Carver College of Medicine, Amerika Serikat yang diterbitkan dalam Alimentary Pharmacology and Therapeutics Journal, plum kering lebih efektif dalam mengobati gangguan pencernaan seperti sembelit. Produk diet terbaik disini. 

4. Mengurangi LDL atau kolesterol jahat

Kandungan serat yang terkandung di dalam buah plum merag juga dapat menambah efek perlindungan jantung dengan mengurangi LDL atau kolesterol jahat dan membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik. Selain itu buah plum merah segar atau plum kering dapat membantu mencegah hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia.

Sebuah studi perbandingan oleh para peneliti di Departmen of Nutrition, University of California, Amerika Serikat telah membuktikan kemanjuran buah plum dibandingkan dengan jus anggur dalam mempertahankan kadar plasma dan kolesterol hati yang sehat.

5. Menurunkan berat badan

Gambar : iStockphoto

Buah plum merah dapat membantu mengatur berat badan. Alasannya, buah ungu tua yang rasanya masam ini mengandung banyak serat dan indeks glikemiknya rendah. Padatnya serat buah plum lambat untuk dicerna oleh tubuh sementara indeks glikemik rendah berperan mengatur pelepasan kadar gula darah, sehingga membuat kamu kenyang lebih lama. Plum mengandung sorbitol alami, gula alkohol dengan tingkat penyerapan lambat dalam tubuh.

6. Bahaya memakan buah plum terlalu banyak

Tertarik untuk mulai mengonsumsi buah plum merah? Tapi jangan kebanyakan. Konsumsi buah plum merah yang berlebihan dapat menyebabkan perut kembung juga sembelit. Asupan serat berlebihan juga dapat menyebabkan diare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top