6 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan, Bisa Cegah Penyakit dan Turunkan Berat Badan

Armoura
Armoura
Gambar: fossilcreeknursery.com

Jika berbicara tentang buah plum, mungkin sebagian masyarakat Indonesia tidak banyak yang mengenal buah ini. Ya, buah plum sendiri bukanlah buah asli dari Tanah Air. Buah plum memilki dua warna yang kabarnya berasal dari wilayah yang berbeda.

Buah plum yang berasal dari Eropa umumnya memiliki warna campuran merah dan ungu. Sedangkan buah plum dari Cina kebanyakan berwarna hitam. Buah plum juga populer dengan sebutan prem. Istilah plum sendiri berasal dari kata plume dalam Bahasa Inggris.

Selain untuk kesehatan buah plum juga menjadi salah satu bahan untuk pembuatan alkohol. Seperti buah anggur, buah plum juga dimanfaatkan sebagai bahan untk pembuatan minuman beralkohol. Masyarakat di Serbia, Inggris, dan Tiongkok mengolah buah plum untuk dijadikan brendi untuk menghangatkan badan. Produk diet terbaik, disini. 

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 manfaat buah plum untuk kesehatan, bisa cegah penyakit dan turunkan berat badan, Kamis (30/4/2020)

Mengatasi tekanan darah tinggi

Gambar:Merdeka.com

Manfaat buah plum mengandung lebih dari 100 mg kalium, yakni mineral yang mampu mengatasi tekanan darah tinggi. Warna merah buah plum berasal dari antosianin yang melawan radikal bebas. Buah plum kering juga berkhasiat melancarkan peredaran darah. Itulah sebabnya, buah plum mampu mencegah penyakit kanker dan jantung. Produk diet terbaik, disini. 

Mengurangi kerusakan tulang

Buah plum yang dikeringkan juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Banyak penelitian yang sudah menghubungkan manfaat buah plum dengan penurunan risiko pelemahan tulang seperti osteoporosis dan osteopenia. Penelitian itu menemukan plum dapat mencegah tulang yang keropos dan bahkan mengembalikan kondisi tulang yang sudah keropos. Produk diet terbaik, disini. 

Peneliti menyebut kandungan antioksidan yang tinggi pada plum membantung mengurangi kerusakan tulang ini. Plum juga meningkatkan kadar hormon yang baik untuk tulang. Selain itu, plum mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga tulang seperti vitamin K, fosfor, magnesium, dan kalium

Mengontrol Gula Darah

Gambar: Merdeka.com

Senyawa flavonoid memberikan proteksi pada resistensi insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin dalam darah. Oleh karena itu, manfaat buah plum banyak mengandung karbohidrat, buah ini tetap aman dikonsumsi bagi orang-orang yang memiliki keinginan diet gula atau potensi diabetes. Serat yang terkandung di dalam buah plum juga memperlambat pemecahan karbohidrat dalam tubuh menjadi gula. Produk diet terbaik, disini. 

Cegah Obesitas

Pada 2017 sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Obesity & Therapeutics menyatakan bahwa mengkonsumsi dan manfaat buah plum dapat membantu memerangi sindrom metabolik. Senyawa flavonoid juga komponen senyawa lainnya memberikan efek anti obesitas dan anti inflamasi pada sel-sel lemak. Buah plum kaya akan kandungan vitamin C tetapi mengandung kalori yang cukup rendah. Nah, inilah sebabnya manfaat buah plum menjadi salah satu buah yang dianjurkan untuk orang yang sedang diet. Produk diet terbaik, disini. 

Meredakan sembelit

Gambar: Merdeka.com

Plum juga ampuh meredakan sembelit lantaran tingginya jumlah serat. Plum banyak mengandung serat yang tidak larut sehingga mempercepat laju buang air besar dalam saluran pencernaan. Buah plum yang dikeringkan juga mengandung sorbitol, yaitu alkohol guya dengan efek laksatif alami. Mengonsumsi plum telah terbukti efektif mengobati sembelit daripada banyak pencahar lain, termasuk obat populer psyllium.

Mencegah kerusakan sel

Buah plum kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Penelitian menunjukkan plum mengandung antioksidan polifenol dua kali lipat lebih tinggi dari nektarin dan buah persik.

Antioksidan polifenol ini berkhasiat untuk kesehatan tulang dan mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Kandungan ini juga ampuh mengurangi inflamasi dan mencegah kerusakan sel. Selain itu, plum juga mempunyai antioksidan yang aktif yakni antosianin. Zat ini berkhasiat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top