6 Manfaat Collagen Bagi Kesehatan Tubuh, Cegah Penuaan

Armoura
Gambar: Hipwee.com

Collagen atau kolagen merupakan jenis protein terbesar pada tubuh yang terbuat dari asam amino, bersifat keras, dan tidak larut di air. Kolagen membentuk sepertiga protein pada tubuh manusia. Banyak tersebar di tubuh, kolagen adalah salah satu zat pembangun utama tulang, kulit, tendon, dan ligamen. Kolagen juga terdapat di bagian tubuh lain, termasuk pembuluh darah, kornea, dan gigi.

Collagen merupakan protein alami dalam tubuh yang jumlahnya melimpah dan terdapat di dalam kulit, tulang, otot, tendon, dan ligamen. Namun, seiring bertambahnya usia, jumlah Collagen dalam tubuh dapat berkurang.

Manfaat Collagen mungkin lebih populer sebagai kandungan produk perawatan kulit. Padahal sebenarnya Collagen masih punya banyak manfaat lain yang tidak kalah penting untuk kesehatan, seperti meredakan nyeri sendi dan mendukung kesehatan jantung. Produk diet terbaik, disini. 

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber 6 manfaat Collagen bagi kesehatan tubuh, cegah penuaan, Senin (4/5/2020).

1. Cegah Penuaan

Gambar: Titiknol.id

Salah satu manfaat Collagen yang kerap dikeatui ialah untuk mencegah penuaan. Tidak salah memang mengaitkan manfaat Collagen dengan kesehatan kulit. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa Collagen memiliki manfaat dalam membantu mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, sekaligus mengurangi kulit kering dan keriput. Seiring bertambahnya usia, disarankan agar selalu menambah asupan makanan yang mengandung Collagen, seperti daging, ikan, sayuran hijau, susu dan telur. Produk diet terbaik, disini. 

2. Mengurangi Keriput

Collagen dalam tubuh lama kelamaan akan berkurang karena berbagai faktor, salah satunya adalah faktor usia. Oleh sebab itu, tidak heran jika seiring bertambahnya usia, muncul di wajah seperti garis halus dan keriput, khususnya di tempat-tempat di mana kulit wajah paling banyak bergerak, seperti di persendian dan dahi, serta di sekitar area  bibir dan mata. Penggunaan serum, krim anti-ageing, dan sunblock dapat membantu mengurangi gejala penuaan dini dan membantu proses penyembuhan serta perbaikan jaringan kulit. Produk diet terbaik, disini. 

3. Cegah Tulang Keropos

Gambar: Liputan6.com

Sama seperti sendi dan kulit, sebagian besar jaringan tulang terdiri dari Collagen. Seiring bertambahnya usia, jumlah Collagen dalam tubuh akan berkurang, dan inilah yang menyebabkan risiko masalah tulang seperti osteoforosis dan tulang keropos meningkat. Konsumsi suplemen Collagen bisa menjadi cara untuk mengatasi berbagai masalah tulang. Produk diet terbaik, disini. 

Tidak hanya tulang keropos dan osteoforosis saja, tapi Collagen juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan kepadatan tulang. Manfaat Collagen satu ini sangat baik dikonsumsi untuk penderita patah tulang. Sebuah penelitian menunjukan, wanita yang rutin mengonsumsi kolahen, mengalami peningkatkan kepadatan tulang hingga 7 persen. Walau begitu, masih perlu penelitian lebih lanjut mengenai manfaat Collagen satu ini.

4. Redakan Nyeri Sendi

Ketika tubuh kekurangan Collagen, risiko gangguan sendi dan tulang akan meningkat. Masalah ini sangat umum terjadi pada manusia seiring bertambahnya usia. Seperti gangguan nyeri sendi, osteoarthritis, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk mengatasi masalah sendi tersebut, kita bisa mengonsumsi suplemen Collagen secara rutin. Collagen mampu menjaga integritas tulang rawan, yang terdiri dari jaringan karet pelindung persendian. Manfaat kolagen ini kerap dimanfaatkan oleh para atlet untuk menjaga persendian mereka.

5. Mengurangi selulit

Gambar: Istimewa

Selulit merupakan istilah yang menggambarkan kondisi kulit bergelombang dengan lesung-lesung kecil seperti kulit jeruk yang biasanya muncul di bagian perut, pinggul, paha, dan bokong. Kondisi ini sering kali dialami oleh wanita ketimbang laki-laki. Pada sebuah penelitian, ditemukan bahwa konsumsi suplemen yang mengandung Collagen dapat membantu mengurangi selulit. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

6. Mendukung kesehatan jantung

Collagen memiliki peran besar pada kesehatan pembuluh darah Anda. Tanpa Collagen yang cukup, maka pembuluh darah bisa menjadi kaku, lemah, atau rapuh. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya aterosklerosis yang menjadi penyebab serangan jantung dan stroke. Selain beberapa manfaat Collagen di atas, masih ada beragam manfaat lain dari Collagen, seperti dapat meningkatkan kekuatan kuku, merangsang pertumbuhan rambut, serta mendukung kesehatan usus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top