6 Manfaat Susu Rendah Lemak Untuk Tubuh, Tambah Kekuatan Tulang

Armoura
Gambar : Istimewa

Susu rendah lemak merupakan salah satu susu yang baik dikosumsi saat diet. Asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan dan memilih susu rendah lemak, susu justru membantu mengurangi berat badan berlebih. Soalnya, saat diminum, susu membuat pencernaan mengolah makanan lebih lama, sehingga kecepatan tubuh untuk mengosongkan lambung pun menjadi lebih lama. Perut menjadi kenyang lebih lama, dan mengurangi keinginan untuk makan atau ngemil.

Susu rendah lemak ada beberapa jenis, yaitu susu rendah lemak dengan kadar lemak 1%, 2%, dan tanpa lemak sama sekali atau yang disebut juga dengan susu skim. Susu dengan kadar lemak 2% setidaknya mengandung 120 kalori dan 4,5 gram lemak. Sedangkan susu dengan kadar lemak 1% mengandung 100 kalori dan 2,5 gram lemak.

Susu dengan kandungan lemak yang rendah bisa dikonsumsi oleh pria dan wanita dari berbagai rentang usia, mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa. Di pasaran banyak dijual susu rendah lemak dengan kadar atau persentase yang berbeda-beda. Produk diet terbaik, disini. 

Ada susu dengan kadar lemak 1 persen, 2 persen, atau di bawah 1 persen juga ada (biasanya 0,5 %). Sedangkan buat kamu yang sangat serius dalam menjalani program penurunan berat badan, ada juga jenis susu skim alias susu yang sama sekali tidak mengandung lemak. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 manfaat susu rendah lemak untuk tubuh, tambah kekuatan tulang, Sabtu (2/5/2020).

Manfaat Mengonsumsi Susu Rendah Lemak

Selama ini, susu rendah lemak dianggap sebagai satu minuman yang pantang dikonsumsi para peserta diet, karena dapat menggemukkan badan. Faktanya, susu rendah lemak mengandung vitamin D yang dibutuhkan tubuh guna membantu menurunkan berat badan. Bukan hanya baik dalam membantu program diet seseorang. Berikut manfaat susu rendah lemak yang dapat kamu rasakan:

1. Baik dikonsumsi oleh pengidap kolesterol tinggi.

Perlu diketahui bahwa susu rendah lemak dan susu skim baik dikonsumsi oleh pengidap kolesterol tinggi. Pengidap kolesterol tinggi diwajibkan untuk membatasi jumlah asupan kolesterol, setidaknya kurang dari 200 miligram per harinya. Dengan mengonsumsi susu rendah lemak atau susu skim, tubuh tetap mendapatkan kalsium, vitamin D, dan kalium, tanpa perlu khawatir kolesterol dalam tubuh melonjak naik. Produk diet terbaik, disini. 

2. Mengontrol Tekanan Darah dalam Tubuh

Kandungan kalsium dan protein dalam susu rendah lemak bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kamu dapat mengonsumsinya secara rutin, sehingga kesehatan jantungmu terjaga dan terhindar dari risiko mengidap stroke. Produk diet terbaik, disini. 

3. Minuman Terbaik setelah Berolahraga

Susu rendah lemak baik dikonsumsi setelah berolahraga untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Setelah membuang banyak lemak saat berolahraga, mengonsumsi susu rendah lemak akan memberikan nutrisi yang diperlukan tubuh, serta membantu tubuh dalam membentuk masa otot. Produk diet terbaik, disini. 

4. Menambah Kekuatan Tulang

Susu rendah lemak kaya akan kandungan baik bagi tubuh, salah satunya adalah kalsium. Segelas susu rendah lemak mengandung 299 miligram kalsium yang dapat memenuhi 30 persen kebutuhan harian tubuh, yang dapat membantu tubuh membuat tulang menjadi lebih padat. Karena kandungan lemaknya yang rendah, maka kalsium dalam susu dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Produk diet terbaik, disini. 

5. Menyehatkan Organ Pencernaan

Meminum segelas susu rendah lemak setiap hari dapat membuat usus bekerja dengan optimal. Usus yang bekerja dengan baik dapat mencegah seseorang mengalami masalah yang berkaitan dengan pencernaan, seperti diare dan sembelit.

6. Mencegah diabetes

Susu rendah lemak dan produk turunannya, seperti yoghurt, ternyata memiliki dampak baik untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi susu rendah lemak memiliki penurunan risiko sebanyak 32 persen untuk terkena diabetes. Hal ini dikarenakan susu rendah lemak dapat membantu mencegah melonjaknya kadar gula darah, penyebab penyakit diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top