6 Manfaat Teh untuk Kecantikan Wajah, Bikin Wajah Bersih dari Jerawat

Armoura
Armoura
Gambar: Istimewa

Teh hijau diketahui banyak dikonsumsi sebagai penurun berat badan secara efektif. Namun, ternyata teh hijau juga memiliki manfaat pada kulit wajah. Kandungan anti-oksidan, anti-bakteri, dan anti-inflamasi membuat teh hijau kian digemari oleh banyak orang, terutama wanita. Sebab, teh hijau semakin terbukti dan berkhasiat untuk kesehatan kulit wajah.

Penelitian menujukkan bahwa mengonsumsi atau mengaplikasikan teh hijau secara topikal dapat membantu memperbaiki lesi, kemerahan, dan iritasi kulit. Manfaat ini sangat berguna untuk mengatasi jerawat. Teh ini memang sangat kaya dengan senyawa polifenol, yang memiliki sifat antiperadangan. Tak hanya polifenol, teh hijau juga mengantongi berbagai vitamin yang bermanfaat untuk wajah dan kulit.

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 manfaat teh untuk kecantikan wajah, bikin wajah bersih dari jerawat, Sabtu (23/5/2020).

1. Mengatasi Jetrawat

Armoura
Gambar: Istimewa

Kandungan anti-bakteri yang terdapat pada teh hijau membuat tanaman ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan masalah jerawat. Teh hijau memiliki kandungan katekin yang bermanfaat untuk mengurangi kelebihan sebum yang dapat terjadi pada wajah.

Sebum inilah yang kemudian menutup pori-pori dan dapat mengakibatkan timbulnya jerawat. Selain itu, vitamin C yang terdapat pada teh hijau juga dapat mengatur produksi kelenjar minyak pada pori-pori wajah sehingga dapat meminimalisir munculnya jerawat, komedo, dan lainnya.

Untuk mengambil manfaat dari teh hijau yang satu ini, Kamu dapat mengonsumsi teh hijau sebagai minuman. Namun, apabila Kamu menginginkan hasil yang maksimal, Kamu dapat mengaplikasikannya langsung ke wajah Kamu sebagai masker.

2. Melawan penuaan dini

Teh hijau mengandung molekul antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG). Menurut studi yang dilakukan ahli di Medical College of Georgia di Amerika Serikat, EGCG memiliki khasiat untuk meremajakan sel kulit mati.

EGCG dapat melawan kamu-kamu penuaan dengan melindungi dan memperbaiki sel kulit wajah, serta membantu mengatasi kulit kusam agar terlihat lebih sehat. Tak hanya EGCG, vitamin B2 dalam teh hijau membantu menjaga kadar kolagen di kulit. Dengan adanya vitamin B2, kekencangan kulit dapat terjaga dan membuatnya lebih terlihat muda.

3. Melembapkan kulit

Sumber: Merah Putih

Teh hijau kaya dengan beragam vitamin, termasuk vitamin E. Vitamin E telah dikenal berkhasiat untuk menjaga hidrasi dan kelembapan kulit.Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam The Dermatologic Theraphy, partisipan riset yang mengoleskan ekstrak teh hijau di area lengan merasakan kulit mereka lebih lembap, serta kekasaran kulit yang menurun.

4. Membantu melawan kanker kulit

Selain EGCG, teh hijau juga mengandung epicatechin gallate (ECG). Molekul ini juga memiliki efek antioksidan yang dapat melawan radikal bebas berlebih, si perusak sel tubuh. Radikal bebas juga dapat memicu penyakit, termasuk di antaranya kanker kulit. Menurut studi tahun 2010 silam, efek antioksidan EGCG dapat memperbaiki kerusakan DNA pada sel kulit akibat sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

5. Hilangkan Lingkaran Hitam

Armoura
Gambar: Istimewa

Lingkaran hitam merupakan tkamu dan mekanisme peringatan pada wajah bahwa Kamu lelah dan membutuhkan istirahat yang cukup. Namun, Kamu tidak perlu khawatir. Kamu dapat tetap menjaga penampilan dengan menghilangkan lingkaran hitam dengan memanfaatkan teh hijau. Caranya, kompres bagian mata yang terdapat lingkaran hitam dengan kantong teh hijau dingin. Hal tersebut dapat bekerja karena kandungan anti-oksidan yang mampu memperbaiki pori-pori dan kondisi kulit wajah.

6. Mencerahkan Wajah

Teh hijau dikenal menjadi minuman yang khas di Asia karena senyawa anti-oksidan dan vitamin C yang cukup tinggi. Di sisi lain, vitamin C dapat berfungsi untuk mencerahkan wajah. Gunakan eh hijau sebagai masker secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu dapat menambahkan air jeruk lemon ataupun madu untuk mendapatkan kulit wajah tampak b

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top