6 Minuman Pencegah Jerawat yang Ampuh Bikin Wajah Bersih, Aman dan Ampuh

Armoura
Armoura
Gambar: Pixabay

Jerawat merupakan sebuah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak berlebih. Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit.

Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil atau yang terkadang berisi nanah di atas kulit. Gangguan kulit ini dapat terjadi di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung.

Jerawat memiliki banyak penyebab yang bisa dihindari. Salah satu cara untuk mencegah agar terhindar dari jerawat ialah mengkosumsi beragam obat-obatan. Selain obat-obatan ada beberapa minuman yang bisa dikosumsi dan  menghilangkan jerawat.

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 minuman pencegah jerawat yang ampuh bikin wajah bersih, aman dan ampuh, Jumat (15/5/2020).

1. Teh Hijau

Armoura
Gambar: Pixabay

Teh hijau memang terkenal dengan manfaatnya yang begitu banyak untuk kesehatan. Ternyata hal ini juga berlaku dalam menjaga kecantikan kulit. Teh hijau cukup handal dalam urusan meredakan jerawat.

Kandungan ekstrak etanolik yang terdapat di dalam teh hijau mampu menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus aureus yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Tak hanya itu saja, dengan kandungan antioksidan yang kaya, teh hijau juga dapat menurunkan berat badan dan mencegah risiko kanker.

2. Kunyit

Hampir serupa dengan teh hijau, kunyit juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kunyit mempunyai kandungan antioksidan, anti inflamasi, dan anti fungal. Rajin meminum kunyit setiap hari akan membuat kulit menjadi mulus, bersih, dan bebas jerawat. Kunyit asam merupakan salah satu jenis jamu yang terbuat dari campuran parutan kunyit dan asam jawa.

Minuman tradisional ini cukup disukai banyak orang karena memiliki rasa yang manis, asam dan segar. Kandungan curcumin yang terdapat dalam kunyit berfungsi sebagai anti-inflamasi yang mengatasi peradangan pada jerawat. Selain itu, antiseptik dan antibakteri yang terkandung dalam kunyit juga mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

3. Air Putih

Armoura
Gambar: Pixabay

Air putih bisa dibilang merupakan obat dari segala macam penyakit. Oleh karena itu, bagi kamu yang malas minum air putih, rasanya perlu berhati-hati. Pasalnya, kurang asupan air putih ternyata dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Seperti yang telah diketahui, tubuh manusia didominasi oleh air.

Jika kekurangan cairan, sel-sel yang ada di tubuh akan mati. Termasuk sel kulit wajah yang sangat rentan karena terpapar langsung dengan matahari dan polusi udara. Bahkan, selain melembapkan, air putih juga membantu proses penyerapan nutrisi, melancarkan peredaran darah dan menetralkan racun pada tubuh yang seringkali jadi penyebab jerawat.

4. Teh spearmint

Jenis minuman lain yang bantu hilangkan jerawat adalah teh spearmint. Kandungan yang ada di dalam teh spearmint akan membantu meredakan jerawat yang meradang. Disarankan untuk rutin meminum teh spearmit agar jerawat hilang dan wajah bisa kembali halus.

5. Air Kelapa

Armoura
Gambar: Pixabay

Selain memiliki rasa yang segar, air kelapa juga menyimpan begitu banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan air kelapa diketahui dapat dan menyembuhkan berbagai macam penyakit dan menetralkan racun di dalam tubuh. Rutin mengonsumsi air kelapa juga diyakini dapat menyembuhkan jerawat di wajah. Tak hanya diminum, membasuh wajah dengan air kelapa secara rutin ternyata juga dapat dijadikan terapi untuk menghilangkan jerawat.

6. Jus Timun

Minuman yang dpaat mencegah jerawat selanjutnya adalah kombinasi dari jus timun dan perasan lemon. Timun merupakan jenis sayuran yang kaya akan kandungan air. Selain terkenal akan khasiatnya yang dapat melembapkan wajah, timun juga memiliki zat aktif yang bisa mendetoks racun di dalam tubuh dan mengobati masalah jerawat di wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top