6 Obat Jerawat Ini Alami dan Mudah Ditemukan, Gunakan Selama Bulan Ramadhan

Armoura
Gambar: nl.dreamstime.com

Munculnya jerawat di bagian tubuh mana pun bukanlah hal yang menyenangkan, baik bagi wanita maupun pria. Masalah kulit yang satu ini bahkan bisa berdampak pada berkurangnya rasa percaya diri. Siapa pun pasti kesal dan nggak nyaman jika memiliki kulit berjerawat.

Kehadiran jerawat di wajah juga sangat mengganggu penampilan. Tidak heran jika umumnya pasti orang ingin mencoba beragam cara untuk menghilangkannya. Ada banyak cara untuk menghilangkan obat jerawat. Salah satu cara yang kerap digunakan ialah dengan memakai obat jerawat alami.

Perawatan alami memang masih jadi primadona karena dianggap minim risiko dan efek samping. Menariknya lagi, semua obat-obat alami ini mudah kamu dapatkan di dapur, atau dibeli di pasar maupun supermarket terdekat. Produk obat jerawat, disini. 

Apalagi ditengah Bulan Ramadhan seperti ini, banyak waktu luang yang bisa digunakan untuk menggunakan dan membuat obat jerawat alami. Berikut kami rangkum 7 obat jerawat alami dan mudah ditemukan, gunakan selama Bulan Ramadhan, Senin (20/4/2020).

  1. Bawang Putih
Gambar: parenting.firstcry.com

Bawang putih dikenal sebagai bumbu masakan, tetapi tak hanya itu, bawang putih juga dipercaya sebagai obat jerawat. Bawang putih memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Selain itu, sifat antioksidan, antijamur, antivirus, dan antiseptik yang ada dalam bawang putih mampu mencegah peradangan pada kulit. Produk obat jerawat, disini. 

  1. Mentimun
Gambar: nl.dreamstime.com

Mentimun memiliki sifat antioksidan yang tinggi yang mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu, mentimun memiliki kandungan vitamin dan asam amino yang ada di dalamnya dan dipercaya mampu mengurangi pembekakkan, peradangan pada jerawat, dan memberikan efek dingin pada kulit wajah. Kamu cukup gunakan obat jerawat masker mentimun pada kulit secara teratur. Produk obat jerawat, disini. 

  1. Lemon
Gambar: czarnikow.com/

Asam askorbat-L yang terkandung dalam lemon dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit berjerawat serta membersihkan pori – pori wajah yang tersumbat. Lemon juga dikenal baik sebagai pencerah kulit dan penghilang noda pada wajah dan obat jerawat alami yang ampuh. Produk obat jerawat, disini. 

Kamu cukup menyiapkan satu buah lemon, peras lemon pada wadah. Gunakan air perasan lemon dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.  Lakukan perawatan ini secara rutin sekali dalam sehari untuk mengatasi masalah jerawat membandel.

  1. Lidah Buaya
Gambar: FaktualNews.co

Lidah buaya dikenal sebagai bahan obat jerawat alami yang sangat ampuh. Lidah buaya mengandung banyak zat aktif yang dapat mengusir jerawat. Lidah buaya mengandung senyawa aktif yang disebut dengan polifenol. Polifenol sendiri berguna sebagai anti-bakteri. Senyawa ini dapat membantu menghilangkan jerawat. Caranya memakai obat jerawat dengan lidah buaya adalah dengan iris lidah buaya hingga tinggal dagingnya. Haluskan dengan sendok hingga membentuk gel. Lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama lebih kurang 20 menit lalu bilas dengan air.

  1. Teh hijau
Gambar: iStockphoto

Obat jerawat alami selanjutnya adalah teh hijau. Dauh teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang diketahui dapat membantu melawan bakteri P. acnes penyebab jerawat. Teh hijau juga terkenal tinggi kandungan antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Senyawa ini telah terbukti dapat melawan peradangan dan mengurangi produksi sebum (minyak alami) pada kulit orang yang berjerawat.

Cara menggunakannya cukup dengan menyeduh kantung teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit. Diamkan teh sampai dingin, kemudian celupkan kapas dan oleskan langsung pada wajah yang bersih. Kamu bisa juga memasukkan cairan teh ke dalam botol semprot, dan semprotkan beberapa kali pada seluruh wajah. Biarkan selama 10 menit atau semalaman, lalu bilas wajah kamu dengan air.

  1. Madu
Gambar: s1keperawatan.stikesdhb.ac.id/

Madu mengandung enzim yang berperan sebagai zat antimikroba untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan melawan infeksi pada kulit. Sementara itu, sifat antiradang alami dari madu dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri sekaligus melembapkan kulit, yang berguna untuk mempercepat proses penyembuhan atau obat jerawat.

Jenis madu yang diklaim ampuh dalam mengobati masalah kulit tersebut adalah madu manuka. Sejauh ini, pemanfaatan masker madu sebagai obat jerawat alami belum ditemukan efek sampingnya.

Jika kamu ingin menggunakan madu manuka untuk menghilangkan jerawat, berikut tips yang bisa dicoba di rumah: Oleskan madu ke area wajah yang terdapat jerawat, dan diamkan beberapa menit. Jika sudah cukup kering, bilas dengan air hangat. Lakukan tiap pagi dan malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top