6 Penyebab Kulit Kusam yang Harus Dihindari, Perbaiki Pola Makan

Armoura
Gambar: Freepik

Kulit kusam bisa disebabkan oleh beragam hal. Mulai dari perawatan kulit yang salah, polusi udara, kelelahan, kurang olahraga, kurang tidur, dan pengaruh pola hidup yang tidak sehat. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mencerahkan kulit kusam yang mudah dilakukan.

Ada banyak produk pencerah kulit yang tersedia di pasaran, produk-produk tersebut banyak yang terbuat dari bahan kimia berbahaya. Bahan kimia ini dapat menyebabkan banyak efek samping pada kulit kamu, seperti kusam, warna kulit tidak merata atau jerawat.

Kulit kusam biasanya ditandai dengan ciri-ciri kulit yang terlihat tidak sehat, lelah dan menonjolkan ketidaksempurnaan di wajah. Kulit kusam juga membuat wajah menjadi tidak terlihat cerah dan glowing ketika terpapar cahaya. Produk diet terbaik, disini. 

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 penyebab kulit kusam yang harus dihindari, perbaiki pola makan, Selasa (5/5/2020).

1.Pola Makan yang Buruk

Penyebab kulit kusam yang pertama ialah pola makan yang buruk. Jika kamu sering mengonsumsi minuman beralkohol, kafein atau gula berlebih bisa membuat kulit terlihat kusam dan kering. Kurangi konsumsi makanan tidak sehat dan lebih banyak makan sayur dan buah yang kaya vitamin dan antioksidan agar kulit terlihat glowing. Produk diet terbaik, disini. 

2. Polusi dan Sinar Matahari

Lingkungan polusi disekitar kamu menjadi salah satu penyebab kulit kusam.  Kelembaban yang rendah, angin yang kencang dan paparan UV bisa merusak kulit yang tidak dilindungi dan dirawat. Solusinya kamu harus mencuci muka sebelum tidur dan menggunakan skincare yang mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Jangan lupa gunakan sunscreen saat beraktivitas di luar rumah untuk melindungi wajah dari polusi dan sinar matahari.Produk diet terbaik, disini. 

3. Tumpukan sel kulit mati

Dokter dermatologi di Yale School of Medicine, Mona Gohara menjelaskan, setiap orang menggugurkan jutaan sel kulit setiap harinya. Ketika kita tidak aktif mengangkat sel kulit tersebut (eksfoliasi), kulit kita akan tampak lebih gelap atau kusam, apapun warna asal kulit kita. Produk diet terbaik, disini. 

Anggaplah sel-sel kulit mati tersebut adalah debu. Kecuali dibersihkan, kotoran tersebut akan tetap ada dan mencegah kulit untuk merefleksikan cahaya. Solusinya ialah lakukan eksfoliasi kulit wajah secara lembut satu atau dua kali seminggu. Dokter dan peneliti dermatologi di Mount Sinai Hospital, Joshua Zeichner menyarankan penggunaan scrub dengan gula atau jojoba ester karena cukup lembut untuk kulit, bahkan kulit sensitif.

4. Stres

Jika kamu telah melakukan berbagai perawatan dengan berbagai macam produk, mungkin masalahnya bukan dari luar atau dalam tubuh, tapi dari apa yang ada di pikiranmu. Stres yang kamu alami bisa meningkatkan kortisol yang memengaruhi aliran darah ke kulit dan menghambat perbaikan kulit. Produk diet terbaik, disini. 

Padatnya aktivitas, beban kerja yang berat, kurang tidur, dan penyebab lainnya bisa merusak keteraturan hidup kita. Apapun penyebabnya, stres membawa dampak bagi kulit. Cobalah untuk melakukan pijat wajah singkat sambil membersihkan wajah atau mengaplikasikan pelembap untuk menstimulasi aliran darah.

5. Tidak membersihkan wajah sebelum tidur

Jika kamu termasuk salah satu orang yang tidur dengan makeup yang masih menempel di wajah, jangan kaget kalau kamu bangun dengan wajah yang tidak segar esok harinya. Tidur dengan makeup dan kotoran yang menempel di wajah tidak hanya akan membuat wajah terlihat kusam, tapi juga menyebabkan jerawat dan menimbulkan penuaan dini.

6. Pola tidur yang tidak baik

Banyaknya aktivitas terkadang membuat waktu tidur jadi berkurang. Padahal, waktu tidur memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan dan kecantikan lho. Ketika tubuh kurang beristirahat, regenerasi sel pun jadi terhambat. Inilah yang membuat wajah jadi terlihat kusam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top