6 Perawatan Kulit Cantik Agar Bersinar Sepanjang Hari, Mudah Diterapkan

armoura herb
Gambar: Merdeka.com

Kulit memiliki siklus regenerasi setiap 27 hari dan menyebabkan penumpukan sel kulit mati yang perlu dibersihkan secara teratur dan dijaga kesehatannya. Pasalnya, jika tidak dibersihkan, sel kulit mati yang bercampur dengan keringat, debu, polusi, paparan ac, paparan sinar matahari, dan kotoran dapat memperburuk kondisi kulit.

Biasanya para wanita akan rajin melakukan berbagai perawatan untuk membuat wajah dan kulitnya tetap cantik dan awet muda. Namun untuk mewujudkannya, dibutuhkan usaha ekstra. Banyak wanita yang menghabiskan banyak uang untuk mempercantik kulit dengan membeli produk perawatan kulit.

Kamu harus melakukan perawatan rutin pada kulit serta menghindari hal-hal yang membahayakannya. Meski terlihat sederhana, namun perawatan rutin di rumah dapat membantu kamu mewujudkan impian memiliki kulit cantik terawat. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 perawatan kulit cantik secara alami yang mudah diterapkan, Selasa (6/5/2020).

1. Membersihkan wajah sebelum tidur

Armoura Cream
Gambar: Istimewa

Langkah awal untuk mendapatkan kulit cantik, sehat dan bersih yaitu cucilah wajah secara rutin sebelum tidur. Hal ini akan membantu membersihkan kotoran yang menempel pada wajah setelah beraktivitas seharian. Kotoran ini akan menutup pori-pori wajah yang jika tidak dibersihkan dapat menjadi penyebab munculnya flek hitam dan jerawat. Terlebih saat menggunakan makeup, pastikan kamu mencuci wajah dengan bersih.

2. Skincare routine

Melakukan ritual perawatan wajah secara rutin atau yang dikenal dengan skincare routine, dapat membuat wajah sehat terawat. Bukan hanya sekedar mengaplikasikannya namun perhatikan setiap langkahnya dengan tepat, seperti moiturizer, serum, hingga sunscreen. Merawat kulit cantik secara rutin dapat menjaganya dari radikal bebas sehingga lebih sehat bercahaya.

3. Mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Gambar: Istimewa

Menjaga pola makan juga berpengaruh pada kulit cantik, khususnya makanan yang mengandung antioksidan. Mengkonsumsi sayuran hijau dan sayuran berwarna cerah dapat melindungi kulit cantik dari radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak kulit secara perlahan, untuk itu upayakan untuk tetap mengkonsumsi sayuran agar kecantikan kulitmu terjaga.

4. Minum air yang cukup

Air mineral dapat menjaga kelembaban pada kulit cantik. Minumlah air setidaknya 8 gelas dalam sehari jika ingin memiliki kulit cantik sehat terawat. Ini menjadi cara paling mudah namun berdampak paling baik untuk mendapatkan kulit cantikmu.

5. Rutin berolahraga

Gambar: Hipwee.com

Penelitian dari Studi di McMaster University membuktikan bahwa laki-laki dan perempuan usia 40 tahun ke atas yang rutin berolahraga minimal 3 jam/minggu, memiliki kulit menyerupai mereka yang masih berumur 20-an atau 30-an. Olahraga tak hanya baik untuk tubuh dan pikiran, tapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, terutama untuk memperlancar peredaran darah dan menyerap nutrisi bagi kulit dengan baik. Kulit pun akan menjadi lebih kencang dan bersinar dengan olahraga yang rutin.

6. Bedakan Perawatan dari Area Wajah

Cara ini dengan mengaplikasikan krim malam ke semua area wajah kecuali bagian dahi. Penggunaannya dengan serum pemutih hanya pada bintik-bintik hitam, atau mengoleskan face oil hanya pada bagian terluar wajah, leher, dan dada misalnya. Memerhatikan fungsi produk wajah dengan saksama sangatlah penting, mengingat setiap area wajah membutuhkan nutrisi dan cara perawatan yang berbeda-beda.

Beberapa area wajah memiliki kulit yang lebih tebal (area dahi), sementara area wajah yang lain cenderung sensitif (area mata). Sebagai contoh, bila Anda memiliki kulit kombinasi (berminyak sekaligus kering), gunakan toner dengan asam salisilat atau glikolat hanya pada area T. Bila Anda memiliki garis-garis halus pada dahi, cukup aplikasikan retinol pada area ini dan hindari penggunaannya pada area wajah yang lain agar terhindar dari iritasi kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top