6 Sabun Mandi untuk Kulit Sensitif, Aman dan Anti Iritasi

Gambar: Istimewa

Jika kulit Anda pernah mengalami reaksi yang tidak wajar atau gatal-gatal setelah memakai produk perawatan kulit atau produk wewangian, kemungkinan besar Anda memiliki kulit sensitif. Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang bereaksi secara berlebihan pada faktor lingkungan.

Reaksi kulit yang berlebihan ini kerap dialami saat memakai kosmetik, sabun, sampo, atau lotion tabir surya. Kondisi kulit sensitif bisa memburuk saat terpapar udara yang kering dan dingin. Meski tanda iritasi tidak selalu terdeteksi, rasa gatal, perih, tersengat  atau sensasi kulit kencang umumnya selalu ada.

Tiap orang memiliki pemicu reaksi kulit sensitif yang berbeda-beda, di antaranya bisa disebabkan oleh paparan polusi dan perubahan suhu. Sebagian lagi bisa terpicu oleh kebiasaan menjalani diet yang mengakibatkan penurunan berat badan secara cepat atau efek suatu pengobatan tertentu.

Salah satunya dengan menggunakan sabun khusus untuk kulit sensitif. Berikut 6 sabun mandi untuk kulit sensitif yang aman dan anti iritasi.

  1. Cetaphil Gentle Cleansing Bar
  2. Sumber: Suara.com

Berhasil dengan produk pembersih wajahnya yang aman untuk kulit sensitif, Cetaphil pun melengkapi rangkaian produknya dengan menghadirkan juga sabun mandi untuk kulit sensitif yang diperlengkapi dengan kandungan bahan yang hampir sama dengan pembersih wajahnya. Memiliki minyak yang dapat melindungi kulit dan menghidrasi kulit dengan sempurna.

  1. L’Occitane Shea Butter Body Shower Oil

Kulit sensitif memang dikenal memiliki tekstur yang sangat kering dan terkadang dapat menjadi dehidrasi. Kandungan bahan shea butter pun terpilih menjadi bahan yang tepat untuk memberikan hidrasi pada kulit serta menguncinya. Bahan tersebut digunakan L’Occitane ke dalam sabun mandi untuk kulit sensitif miliknya yang patut untuk menjadi produk andalanmu.

  1. Bioderma Atoderm Ultra-Gentle Shower Gel
  2. Gambar: Pixabay

Bioderma selalu ingin memberikan yang terbaik kepada para konsumer melalui produk-produknya yang berkualitas, merek ini pun juga memiliki sabun mandi untuk kulit sensitif yang merupakan favorit banyak orang. Bahan yang dipilih pun mampu meningkatkan perlindungan pada kulit sensitif sehingga tak mudah iritasi dan menjadi lebih lembut.

  1. Aveeno Skin Relief Body Wash

Diciptakan khusus untuk pemilik kulit sensitif, Aveeno patut disebut sebagai juaranya sabun mandi untuk kulit sensitif. Diformulasiakan dengan kandungan bahan alami yang aman digunakan pada kulit sensitif, tidak mengandung fragrance dan alkohol sehingga tidak membuat kulit menjadi iritasi serta tekstur sabunnya yang lembut sangat nyaman saat diaplikasikan pada kulit.

  1. Ives Soothing Oatmeal And Shea Butter Body Wash
  2. Gambar: www.shutterstock.com

Sabun bermerek St.Ives yang juga terkenal dengan produk face scrub-nya ternyata juga memiliki produk sabun mandi untuk kulit sensitif yang dilengkapi dengan perpaduan bahan yang terbaik, oatmeal dan shea butter. Teruji ampuh dalam memberikan perlindungan untuk kulit sensitif serta menutrisi agar menjadi lembut.

  1. The Body Shop Almond Milk & Honey Shower Cream

The Body Shop Almond Milk & Honey Shower Cream memiliki kandungan madu dan susu juga merupakan perpaduan bahan yang sangat sempurna jika dimanfaatkan sebagai kandungan pada sabun mandi untuk kulit sensitif. Selain mampu melembutkan serta mencerahkan kulit, kandungan tersebut juga sangat aman jika digunakan oleh pemilik kulit sensitif.

Jenis jenis sabun alami

armoura
Gambar: Soco

Ada banyak jenis sabun mandi alami yang bisa dibuat, mulai dari warna dan wanginya. Sebagian besar sabun mandi alami ini terbut dari bahan-bahan aditif. Seperti:

  1. Cara Membuat Sabun Mandi Alami dari Herbal

Untuk membuat sabun mandi dari bahan herbal, semua herbal yang akan digunakan harus dikeringkan terlebih dahulu. Beberapa bahan herbal yang kerap digunakan untuk membuat sabun alami, ialah lavender, chamomile, serai, hingga oakmoss.

  1. Cara Membuat Sabun Alami dari Minyak Alami

Beberapa jenis minyak alami yang kerap digunakan untuk membuat sabun alami ialah minyak atsiri yang berasal dari akar, batang, bunga atau biji dari tanaman tertentu. Cara membuat sabun alami ini cukup dengan mencampurkan beberapa tetes minyak dalam adonan sabun.

  1. Cara Membuat Sabun Alami dengan Pemilihan Warna

Ada banyak pilihan warna yang bisa kita gunakan untuk membuat sabun mandi alami kita sendiri. Untuk mendapatkan warna sesuai selera, kita bisa menggunakan bahan-bahan alami, seperti kunyit, bubuk cokelat, buat bit, atau bahan alami lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top