6 Tips Diet Air Putih yang Aman dan Ampuh Turunkan Berat Badan, Konsultasi ke Dokter

armoura herb
Gambar: Pixabay

Air putih memiliki banyak khasiat untuk tubuh dan kesehatan. Selain untuk melepas dahaga air putih menjadi salah satu pola diet yang dikenal ampuh dan aman turunkan berat badan. Selain ampuh dan aman diet air putih juga mudah untuk diterapkan.

Pada dasarnya, diet air putih mengharuskan seseorang hanya minum air selama beberapa hari. Asupan lain seperti buah dan sayuran baru boleh ditambahkan begitu berat badan terlihat turun. Minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan lewat berbagai macam cara. Bagaimana?

Rutin minum air putih melancarkan kerja ginjal untuk membuang limbah dan racun berbahaya dalam tubuh. Cukup minum air juga membuat kerja sistem pencernaan lebih efisien mengolah makanan sehingga mencegah sembelit, sekaligus mengendalikan nafsu makan. Produk diet terbaik, disini.

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 tips diet air putih yang aman dan ampuh turunkan berat badan, Selasa (28/4/2020).

1. Pilih waktu yang tepat

Gambar: Pixabay

Idealnya, kamu lebih baik memilih waktu yang tepat untuk mulai berdiet, yaitu ketika tubuh tidak memerlukan terlalu banyak energi. Jika sudah menetapkan waktu yang pas, kamu wajib mempersiapkan tubuh dengan asupan nutrisi yang mencukupi sejak jauh-jauh hari sebelum mulai diet. Boleh mulai kurangi porsi makan besar dan camilan dalam beberapa hari menjelang diet air putih, namun tetap pastikan lauk makannya bervariasi dan mengandung nutrisi serta energi tinggi. Produk diet terbaik, disini.

2. Minum kaya nutrisi

Mulailah perlahan dengan minum minuman kaya nutrisi seperti jus atau smoothie mengenyangkan di hari-hari awal diet. Selama sedang menjalani diet air putih, hindari berolahraga terlalu berat agar tidak dehidrasi. Hindari juga minum lebih banyak air dari biasanya saat diet. Terlalu banyak minum air putih bisa berbalik membahayakan kesehatan kamu. Produk diet terbaik, disini.

3. Tidak bisa dilakukan oleh semua orang

Gambar: Pixabay

Diet air putih tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Orang dewasa yang lebih tua dan anak-anak yang berusia di bawah 18 tahun tidak dibolehkan untuk melakukan diet ini. Selain itu, orang dengan kondisi berikut ini juga tidak dibolehkan melakukam diet minum air putih, karena dapat berpotensi menimbulkan masalah kesehatan. Produk diet terbaik, disini.

Segera hentikan diet air putih ketika jatuh sakit atau merasa sangat lemas di tengah-tengah waktunya. Ketika  selesai diet air putih, hindari makan terlalu banyak sekaligus. Mulai makan lagi secara bertahap untuk menghindari sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya.

4. Rutin berolahraga

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, cara diet air putih tidak ideal untuk menurunkan berat badan. Pola diet terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan menggabungkan kebiasaan makan sehat (seperti mengurangi garam dan gula serta lemak) dan olahraga rutin yang dilakukan bertahap. Produk diet terbaik, disini.

5. Hindari minuman bersoda

Gambar: Pixabay

Mulailah tinggalkan konsumsi jus kemasan, soda dan teh kotak yang mengandung banyak kalori. Selain bikin berat badan bertambah, konsumsi minuman tinggi kalori dan gula akan meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti jantung dan stroke. Oleh karena itu untuk terus menunjang diet air putih hindari minuman bersoda dan sejenisnya  demi menjaga kesehatan.

6. Kosultasi ke dokter

Walaupun diet air putih bisa menurunkan berat badan, namun diet jenis bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan, seperti dehidrasi, kekurangan nutrisi, dan hipotensi. Selain itu, diet air putih juga bisa membuatmu pusing, sulit untuk berkonsentrasi, dan menjadi kalap terhadap makanan setelah diet ini selesai.

Jadi, berkonsultasilah dulu dengan dokter sebelum menjalani diet air putih atau diet apa pun untuk menurunkan berat badan. Dokter akan menilai apakah kondisi kesehatanmu memungkinkan untuk menjalani diet tersebut. Selain itu, dokter juga dapat menganjurkan cara diet lain yang lebih aman dan sesuai dengan kondisi tubuhmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top