6 Tips Kulit Sehat Dengan Diet yang Mudah di Jalani, Ampuh dan Aman

Armoura
Gambar: Klikdokter

Setiap perempuan pada umumnya tentu sangat mendambakan kulit sehat dan berkilau sepanjang hari. Karena itulah, banyak perempuan berbondong-bondong menggunakan produk perawatan kulit hingga melakukan berbagai macam treatment untuk mendapatkan kulit yang diidamkan.

Selain itu, sudah bukan rahasia lagi jika diet merupakan cara yang paling diminati untuk mendapatkan postur tubuh ideal. Tidak hanya postur tubuh, melalui diet pun kamu bisa memperoleh manfaat lain, salah satunya memperbaiki kondisi kulit dan membuatnya tampak jauh lebih sehat.Produk diet terbaik, disini. 

Namun, diet seperti yang bisa membuat kulit dan tubuh tetap sehat sepanjang hari. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 tips kulit sehat dengan diet yang mudah di jalani, ampuh dan aman dilakukan, Kamis (7/5/2020).

1. Rutin Minum Susu

Kebanyakan susu yang berasal dari hewan memiliki zat tertentu yang rentan memicu peradangan dan ketidakseimbangan hormon. Selain itu produk makanan yang berbahan dasar susu hewan seperti yogurt dan keju juga berpotensi tinggi menimbulkan gangguan pada kulit.

Jika kamu menginginkan diet yang tepat dan sehat ada baiknya kamu memilih alternatif susu yang berasal dari nabati seperti susu kedelai. Berbeda dengan susu hewan, susu yang berasal dari protein nabati terbukti lebih baik dalam menjaga kulit sehat dari reaksi alergi.Produk diet terbaik, disini. 

2. Batasi mengkosumsi makanan bergula

Bahan makanan yang mengandung karbohidrat tidak dapat dipisahkan oleh zat gula yang dimilikinya. Konsumsi gula yang disarankan WHO hanya di bawah 25 g per hari atau tidak boleh melebihi 50 gram. Kelebihan gula selain meningkatkan resiko penyakit diabetes juga dapat memengaruhi kerja kolagen di kulitmu.

Kerja kolagen yang terganggu dapat membuat kulit kurang elastis, memperbanyak kerutan bahkan mempermudah timbulnya jerawat. Jika kamu menginginkan kulit sehat dan awet muda sangat disarankan untuk menyeimbangkan konsumsi karbohidrat dengan serat, mengurangi makanan olahan (junk food), permen dan olahan lainnya yang mengandung kadar gula yang tinggi.Produk diet terbaik, disini. 

3. Hindari makanan yang mengandung glikemik

Makanan yang mengandung glikemik tinggi biasanya akan memengaruhi laju aliran darah seseorang dan mengakibatkan kadar gula darah dalam tubuh melonjak naik. Hal tersebut akan memicu produksi insulin berlebihan di dalam tubuh yang mengakibatkan ketidakseimbangan hormon dan menimbulkan jerawat. Untukmu yang ingin memulai hidup sehat dan memiliki kulit sehat yang terawat, dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan dengan kandungan glikemik tinggi misalnya seperti oat instan, roti putih, donat, kue, dsb.Produk diet terbaik, disini. 

4. Kosumsi Vitamin C yang cukup

Protein dan Vitamin C merupakan bahan penyusun kolagen yang sangat diperlukan untuk perawatan kulit sehat. Secara umum, aturan konsumsi protein dalam diet yang sehat adalah 0,35 gram protein per pon berat badan. Sumber protein dapat diperoleh dari daging hingga kacang-kacangan. Sementara untuk vitamin C, sumber terbaiknya adalah buah-buahan dan sayuran segar seperti jeruk, paprika, brokoli, tomat, dan sebagainya.

5. Minum yang cukup

Konsumsi air yang cukup membantu sistem tubuh berfungsi lebih optimal dan menjadikan kulit sehat lebih bercahaya. Diantara banyaknya jenis air yang ada, jenis air yang paling baik untuk kesehatan tubuh adalah air putih. Pada dasarnya, setiap orang dianjurkan mengonsumsi air putih kira-kira 0,5-1 ons per pon berat badannya. Jumlah tersebut bisa saja bertambah sesuai aktivitas yang dilakukan seseorang.

6. Pilih makanan mengandung prebiotik dan probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme yang berguna untuk pencernaan dan kesehatan usus. Untuk bekerja dengan baik di dalam usus, probiotik memerlukan makanan yang menunjang perkembangan hidupnya yang dikenal dengan sebutan prebiotik. Saling membutuhkan satu sama lain, konsumsi makanan yang mengandung probiotik dan prebiotik di dalam tubuh harus dalam porsi yang seimbang.

Sumber probiotik bisa kamu dapatkan di makanan hasil fermentasi. Sedangan untuk prebiotik dapat diperoleh dari pisang, apel, daun bawang, bawang merah dan bawang putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top