6 Tips Memakai Sabun Muka Untuk Membuat Wajah Bersih Tanpa Jerawat

Gambar: www.shutterstock.com

Siapa pun pasti pernah mengalami jerawat. Terutama jika jenis kulitmu berminyak, jerawat akan lebih mudah muncul bahkan bertahan lama di wajah. Bukan cuma mengganggu penampilan, terkadang jerawat pun dapat menimbulkan rasa perih dan gatal.

Jerawat sudah tentu akan mengurangi rasa kepercayaan diri. Namun tak hanya itu saja, masih banyak permasalahan wajah lainnya yang dapat menghilangkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, kamu membutuhkan sabun yang dapat merawat wajahmu agar menjadi lebih kinclong.

Jangan khawatir karena saat ini sudah banyak brand skincare yang mengeluarkan sabun muka untuk mengatasi berbagai macam jenis jerawat, dimulai dari jerawat pasir atau yang sering disebut bruntusan sampai jerawat batu yang sulit dihilangkan.

Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 cara memakai sabun muka untuk membuat wajah bersih tanpa jerawat.

Gunakan sabun muka sesuai dengan jenis kulit

Gambar: Freepik

Sebagai dasar perawatan, mencuci muka dengan sabun pembersih yang bagus sangatlah dianjurkan. Gunakan sabun muka sesuai dengan jenis kulit dan komposisi yang cocok dengan tipe wajah kamu. Dengan kulit wajah yang terawat, makeup akan lebih awet dan membuat kulitmu senantiasa bersih dan bersinar.

Untuk menentukan sabun muka yang cocok diperlukan trial dan error. Sabun muka yang dipakai teman, belum tentu cocok di kulit kamu. Sabun muka yang harganya mahal juga tidak menjamin cocok di kulit kamu.

Perhatikanlah terlebih dahulu komposisi dari produk tersebut

Gambar: Istimewa

Sebelum membeli sabun muka, perhatikanlah terlebih dahulu komposisi dari produk tersebut. Minyak berlebih pada wajah memang bisa mengakibatkan bermacam-macam masalah pada kulit. Namun jika kulit terlalu kering, mekanisme tubuh akan menghasilkan minyak yang lebih banyak lagi agar kulit tetap lembap. Karena itu pilihlah sabun muka yang sesuai dengan kebutuhan kulit dengan formula yang lembut dan antibakteri.

Sabun berformula lembut memiliki label formula gentle wash di kemasannya. Jangan gunakan sabun muka yang mengakibatkan kulit menjadi terlalu kesat. Hal itu disebabkan oleh formula sodium lauryl sulfate yang mengandung deterjen sehingga sabun berbusa akan membuat kulit menjadi kering sesudahnya.

Jaga kebersihan tangan

Sumber: Cantik Tempo

Tangan adalah pembawa bakteri terbesar ke dalam tubuh. Menjaga kebersihan tangan adalah kunci untuk merawat dan menjaga kesehatan tubuh. Sebelum mencuci muka, pastikan tangan sudah dalam keadaan bersih. Cucilah tangan dengan air mengalir. Tanpa tangan yang bersih, sabun muka yang dipakai tidak akan memberi hasil yang maksimal.

Hindari sabun muka yang mengandung alkohol

Sumber: Klub Wanita

Alkohol adalah senyawa yang banyak digunakan dalam bahan-bahan kosmetik. Namun, jika kulit kamu sensitif parah, kering banget, ataupun gampang jerawatan, sebaiknya kamu menghindari sabun muka yang mengandung alkohol.

Alkohol pada dasarnya dapat merusak jaringan kulit dan menghilangkan kelembapannya. Untuk pemilik kulit sensitif, biasanya langsung muncul gejala alergi seperti kemerahan, gatal, dan kering. Maka dari itu sebelum membeli sabun muka, jangan lupa perhatikan baik-baik komposisi produk tersebut.

Jangan terlalu sering mencuci muka

Armoura
Gambar:Istimewa

Agar kulit senantiasa terawat, kamu harus mencuci muka setidaknya dua kali sehari. Mencuci wajah terlalu sering akan membuat kulit menjadi kering. Sebaliknya, jarang mencuci wajah akan membuat kulit tidak terawat dan kusam. Saat mencuci wajah gosoklah permukaan kulit dengan lembut dan teliti sampai benar-benar bersih. Jangan terlalu keras saat menggosok karena akan membuat kulit terluka.

Pilih yang berbahan alami

Armoura
Gambar: Shutterstock

Dalam memilih sabun wajah, pilihlah sabun dengan deskripsi produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Untuk kulit berjerawat pilihlah produk yang mengandung salicylic acid yang berfungsi untuk membasmi bakteri penyebab jerawat. Zat kimia ini berasal dari karbohidrat kompleks pohon dedalu.

Untuk kulit kering pilihlah produk yang membuat kulit senantiasa lembap. Untuk kulit normal, sepertinya tidak terlalu sulit menemukan produk yang tepat. Untuk kulit yang sensitif sebaiknya memilih produk dengan bahan alami yang tidak menimbulkan alergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top