6 Tips Mencegah Jerawat Blackhead di Wajah, Mudah Dilakukan

Armoura
Armoura
Gambar: Istimewa

Jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Jerawat paling umum terjadi pada remaja dan dewasa muda. Gejala mulai dari komedo kepala hitam hingga jerawat nanah atau benjolan besar, kemerahan, dan lembut. Jerawat juga dikategorikan ke dalam beberapa jenis.

Salah satunya ialah Jerawat Blackhead.Blackhead atau komedo terbuka adalah benjolan kecil berwarna hitam di permukaan kulit wajah yang sering muncul di area hidung. Komedo ini terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh kombinasi sebum dan sel kulit mati.

Pada blackhead, bagian atas pori tetap terbuka, meskipun sisanya tersumbat. Ini menghasilkan karakteristik warna hitam yang terlihat di permukaan. Blackhead tidak menimbulkan rasa sakit atau kemerahan di kulit seperti jerawat pada umumnya.

Blackhead atau komedo terbuka ini juga sering disebut sebagai jerawat ringan karena tidak menyebabkan peradangan. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber, 6 tips mencegah jerawat Blackhead di wajah, mudah dilakukan, Senin (18/5/2020).

1. Asam salisilat

Asam salisilat merupakan opsi terbaik untuk menghilangkan balckhead, dan bisa kamu temukan di beberapa counter untuk acne treatment. Cara terbaik untuk menggunakan asam salisilat adalah dengan cara dioleskan setidaknya dua hari sekali pada permukaan wajah. Asam salisilat dapat membantu pergantian sel-sel kulit, membuka pori-pori kulit yang tersumbat. Kamu bisa memulainya dengan penggunaan facial wash yang dilengkapi dengan kandungan asam salisilat.

2. Chemical exfoliants

Chemical exfoliants dengan kandungan AHA dan BHA membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Aplikasikan pada kulit yang bersih dan kering selama 20 menit, kemudian basuh dengan air hangat. Gunakan produk perawatan wajah ini sekali dalam dua minggu. Perlu diingat jika eksfolian tipe ini mengandung formula yang cukup intens. Namun perlahan tapi pasti, dan diimbangi dengan penggunaan rutin, blackhead akan bersih tuntas.

3. Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi secara rutin juga menjadi salah satu cara agar wajah terbebas dari blackhead. Scrubing dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menjadi penyebab tersumbatnya pori-pori. Pilihlah face scrub yang lembut dan gunakan setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu. Terlalu sering melakukan eksfoliasi juga tidak disarankan.

4. Benzoyl peroxide atau salicylic acid

Jika membersihkan wajah dengan produk yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid selama sebulan, dan masih melihat munculnya blackhead, coba gunakan alat mekanik saat mencuci wajah, seperti facial cleansing brush” ujar Dr. Zoe Draelos, dermatolog asal Durham, North Carolina, “Getaran cepatnya membantu menguraikan sumbatan kotoran lebih cepat.” Jika memiliki kulit berminyak, ia menyarankan untuk menggunakan alat tersebut setiap hari. Namun jika kulitmu kering dan/atau sensitif, cukup gunakan dua kali dalam seminggu.

5. Coba Retinoid

Retinoid juga menjadi salah satu bahan yang disarankan untuk membantu menghilangkan blackhead. Seorang dermatologis bernama Rebecca Kleinerman pun juga mengatakan bahwa retinoid merupakan treatment yang baik untuk blackhead. Meskipun mungkin para pemilik kulit sensitif lebih memilih untuk menghindarinya, ada beberapa pilihan produk dengan kandungan retinoid yang tidak terlalu kuat.

6. Gunakan Pelembab Kulit

Produk untuk kulit berjerawat umumnya dapat membantu membersihkan blackhead. Namun efek sampingnya, dapat membuat kulit menjadi kering. Lebih jauh lagi, keringnya kondisi kulit memicu produksi minyak berlebih sehingga dapat memunculkan lebih banyak blackhead! Karena itu, pastikan untuk menjaga kelembapan kulit dengan produk pelembap yang tepat untukmu. Jika memungkinkan, pilih pelembap dengan formula dikhususkan untuk kulit berjerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top