7 Cara Memutihkan Bokong dan Selangkangan Secara Alami, Aman dan Ampuh

Sumber: Kabar6

Banyak cara untuk memutihkan bokong dan selangkangan. Mulai dari cara instan menggunakan bahan-bahan kimia hingga menggunakan bahan-bahan alami yang cenderung lebih aman tanpa efek samping.

Meski bokong adalah bagian tubuh yang jarang terekspos, namun warna bokong yang gelap kerap menjadi faktor pengurang rasa percaya diri.

Jarang terekspos adalah sebab utama orang mengabaikan perawatan kulit bokong, padahal kulit bokomg sama pentingnya dengan bagian tubuh lain.

Kulit bokong yang tidak dirawat dengan baik cenderung menggelap, tekstur berbintik, dan bahkan bisa berjerawat. Bukan hanya rasa percaya diri yang dibuat turun, tapi rasa nyaman saat duduk juga pasti terganggu.

Kalau kamu punya tanda-tanda di atas, kamu wajib mengubah kebiasaanmu dan mengikuti cara memutihkan bokong berikut ini. Berikut cara memutihkan bokong dan selangkangan yang telah dirangkum dari 99.co. Wajib dicoba.

Hindari Kebiasaan Duduk Lama

Gambar: Halodoc

Memutihkan bokong yang gelap harus dimulai dari mengontrol kebiasaan yang menjadi faktor penyebab menggelapnya warna bokong.

Kebiasaan duduk dalam waktu yang lama bisa memicu kulit bokongmu menjadi gelap, sebab peredaran darah di bokong jadi tidak lancar.

Semisal kamu memang harus duduk dalam waktu yang cukup lama, usahakan beri selingan stretching atau jalan kaki sejenak. Supaya peredaran lebih lancar, usahakan melapisi kursi dengan bantal empuk untuk mencegah bokongmu bergesekan dengan permukaan kursi yang keras.

Menggunakan Lulur

Lulur dikenal luas dengan manfaatnya yang mampu mempercantik kualitas kulit. Manfaatnya bisa berupa mencerahkan warna kulit, menghaluskan, mengeksfoliasi kulit, hingga mengatasi selulit.

Mengingat selulit juga sering berada pada area bokong, lulur jadi metode yang sangat ampuh untuk mencerahkan sekaligus mempercantik.

Menggunakan Masker Tomat

Armoura
Gambar: pixabay

Buah tomat sangat berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Harganya yang murah beserta kandungan vitamin E dan C yang tinggi sangat ampuh untuk mencerahkan warna kulit bokong.  Ikuti cara berikut ini:

  • – Cuci 3 buah tomat dan hancurkan
  • – Oleskan pada permukaan bokong yang berwarna gelap
  • – Tunggu sejenak, lalu bilas dengan air hangat

Menggunakan Masker Pepaya

Pepaya juga merupakan buah yang sering diolah menjadi berbagai produk kecantikan. Buah ini berkhasiat untuk mencerahkan, menghaluskan, dan melembabkan kulit. Ikuti cara berikut ini:

  • – Pilih buah pepaya matang
  • – Potong dalam beberapa bagian
  • – Haluskan menggunakan blender
  • – Tambahkan sedikit madu
  • – Aplikasiakan adonan pepaya pada permukaan bokong
  • – Diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air hangat

Menggunakan Masker Lidah Buaya

Armoura
Gambar: FaktualNews.co

Lidah buaya terkenal akan gelnya yang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Gel lidah buaya juga sangat ampuh untuk mencerahkan warna kulit, termasuk area bokong. Ikuti cara berikut ini:

  • – Pilih beberapa batang lidah buaya
  • – Potong durinya dan kupas kulitnya
  • – Ambil gelnya dan tambahkan minyak esensial
  • – Hancurkan hingga halus
  • – Aplikasikan pada patat sembari dipijat
  • – Diamkan sekitar 25 menit, lalu bilas dengan air hangat

Menurunkan Berat Badan

Berat badan juga menjadi faktor yang berpengaruh besar untuk menggelapkan warna bokong. Semakin berat timbanganmu, semakin tinggi juga resiko kulit bokongmu menghitam. Hal ini dikarenakan lemak seringkali menumpuk di bokong. Lemak yang menumpuk itu meningkatkan risiko terjadinya gesekan di bokong.

Membersihkan Secara Teratur

Kalau selama ini kamu abai dalam merawat kulit bokongmu, mulai dari sekarang kamu harus membangun kebiasaan rutin untuk merawatnya. Sama halnya dengan kulit tubuh lainnya, bokong juga membutuhkan perawatan rutin. Bukan cuma dibersihkan menggunakan sabun saat mandi saja. Melainkan gunakan cara-cara khusus seperti merawat bagian kulit lainnya, misalnya menggunakan scrub untuk mengangkat sel kulit mati.

Penyebab Bokong Gelap

Sumber: Tribun

Gesekan

Gesekan yang terjadi dengan celana dalam bisa menjadi penyebab utama kulit bokong yang semakin gelap. Gesekan ini akan menimbulkan iritasi pada kulit sehingga membuat warna kulit berubah. Apalagi, kombinasi celana dalam yang ketat dan celana yang sempit bisa menjadi best combo yang menyebabkan warna gelap pada bokong.

  1. Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk dan jorok juga bisa menyebabkan bokongmu semakin menghitam. Misalnya, kamu tidak rajin membersihkan bokongmu dan tidak mengeringkan kembali dengan tisu atau handuk bersih. Kebiasaan ini akan membuat kulit bokong menjadi lembap dan menghitam. Tidak hanya itu, kebiasaan ini juga bisa menimbulkan jamur dan bisul.

  1. Bokong Gelap Karena Alergi

Kalau kamu merasa tidak melakukan kebiasaan yang menyebabkan bokong gelap, bisa jadi warna gelap bokongmu itu disebabkan oleh alergi. Pada kasus ini, biasanya bokongmu akan terasa lebih gatal ketika menggunakan celana dalam dengan bahan tertentu. Selain rasa gatal, akan muncul juga bintik-bintik hitam yang membuat bokongmu terlihat kasar.

Cara mengatasi bokong menghitam lainnya selain cara-cara yang disebutkan di atas, kamu juga bisa melakukan perawatan dokter seperti peeling atau laser yang bisa mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit. Cara ini bisa menjadi cara tercepatmu untuk mengatasi masalah bokong gelap. Atau, kamu bisa melakukan perawatan-perawatan alami yang ampuh untuk mencerahkan kulit bokong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top