7 Make-up untuk Kulit Berjerawat yang Perlu Diketahui, Hindari Bahan Tertentu

Armoura
Gambar: Pixabay

Jerawat menjadi masalah kulit yang hampir dialami oleh hampir semua orang. Kondisi ini membuat seseorang dengan jerawat melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya.

Namun, untuk menghilangkan jerawat cukup membutuhkan waktu. Hal inipun membuat seseorang yang berjerawat kerap menggunakan make-up dalam waktu tertentu untuk menyamarkan jerawat. Produk penghilang jerawat terbaik, disini. 

Tetapi bagi Anda yang sedang berjerawat dan ingin menggunakan make-up, tidak bisa sembarangan mengaplikasikan produk make-up ke wajah. Ada beberapa bahan yang tidak dianjurkan utuk digunakan pada seseorang yang berjerawat. Berikut make-up jerawat yang perlu Anda ketahui.

Menghindari Kandungan Tertentu pada Alas Bedak

Gambar: Pixabay

Bagi Anda yang memiliki kondisi wajah mudah berjerawat, menandakan bahwa Anda memiliki jenis kulit yang sensitif. Ketika jerawat muncul, pastinya Anda ingin menutupinya dan membuat wajah menjadi mulus. Produk penghilang jerawat terbaik, disini. 

Ketika Anda sedang berjerawat, Anda tetap diperbolehkan menggunakan make-up. Namun, pastikan gunakan bahan make-up yang aman. Ketika ingin menggunakan alas bedak, Anda harus menghindari alas bedak dengan bahan-bahan yang memicu pori-pori tersumbat.

Amannya, Anda bisa menggunakan produk yang berlabel noncomedogenic dan memang ditujuka untuk kulit sensitive agar kondisi kulit enggak makin iritasi.

Menggunakan Pelembap dan Serum yang Sesuai dengan Kulit Berjerawat

Gambar:Pixabay

Sebelum menggunakan make-up, Anda dianjurkan untuk menggnakan pelembap atau serum. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitive atau berjerawat, maka Anda harus memiliki pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Produk penghilang jerawat terbaik, disini. 

Menggunakan Produk dengan Kandungan Antibakteri

Gambar: Pixabay

Jerawat yang tumbuh pada wajah, umumnya disebabkan oleh bakteri yang berkembang pada kulit wajah. Berkembanya bakteri juga dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah produk foundation dengan kandungan yang dapat memicu berkembangnya bakteri. Sebaiknya, pilihlah produk wajah yang memiliki bahan pembasmi jerawat lainnya seperti salicylic acid, kaolin, clay, zinc. Produk penghilang jerawat terbaik, disini. 

Menggunakan Alas Bedak yang Mengandung Unsur Warna Kuning

Make-up jerawat selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah memilih alas bedak yang mengandung unsur warna kuning. Hal ini penting untuk dipilih karena sangat membantu untuk menyamarkan wajah kusam dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Kulit akan terlihat lebih cerah dan bintik hitam karena bekas jerawat dapat teratasi dengan baik.

Menggunakan Foundation yang Ringan

Gambar: nl.dreamstime.com

Memiliki wajah sensitif harus memperhatikan jenis make-up jerawat dengan baik. Anda bisa menggunakan foundation yang ringan agar tidak menutup pori-pori. Anda bisa mencoba menggunakan serum foundation.

Hal ini dikarenakan serum foundation diformulasikan dengan bahan dasar air atau water-based. Maka tidak heran jika formulanya sangat ringan. Dengan begitu hasil make-up jerawat Anda akan lebih halus karena langsung menyatu dengan kulit.

Menggunakan Bedak Tabur

Gambar:Pixabay

Bedak tabor bisa menjadi salah satu makeu-up produk yang wajib Anda gunakan untuk mengunci foundation. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah berjerawat dan berminyak, bedak yang paling disarakan untuk digunakan adalah bedak tabur.

Anda bisa menggunakan teknik baking yang bertujuan untuk mengunci foundation di wajah. Gunakan spons atau beauty blender, kemudian ambil bedak dan tap ke wajah. Tekan-tekan sedikit agar meresap ke pori-pori. Kemudian diamkan sekitar 5-10 menit.

Menghindari Blush On dan Highlighter dengan Butiran Glitter

Make-up jerawat selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah menghindari blush on dan highlighter yang mengandung glitter. Hal ini akan membuat wajah menjadi lebih merona sehingga jerawat akan semakin terlihat. Jika tetap ingin menggunakannya, Anda perlu memastikan untuk tidak terlalu berlebihan. Cukup gunakan dengan ditepuk-tepuk ringan dengan kuas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top