8 Cara Menghaluskan Kaki Secara Alami, Mudah dan Ampuh

Sumber: Nakita

Memiliki kaki yang mulus tentu dambaan bagi setiap orang. Terutama kaki bagian telapak yang sering kali digunakan untuk melangkah di berbagai tempat, apalagi bagi ibu-ibu yang masih mencuci menggunakan cucian manual sehingga membuat kaki terkena detergen dan menjadi rusak dan muncul kapalan atau kalus. Kapalan atau kalus juga bisa terjadi pada orang yang terbiasa berjalan kaki jauh atau para pelari.

Kaki kasar dan pecah-pecah akan membuat orang malu untuk keluar rumah. Apalagi ketika akan mengenakan sandal atau high heels, kaki yang rusak akan mengurangi rasa percaya diri. Kamu yang ingin menghilangi kapalan atau kulas jangan sekali-kali langsung kamu lakukan, karena hal itu bisa membuat kaki menjadi cedera.

Menghilangkan kapalan atau kalus pada kaki bisa menggunakan bahan alami agar lebih aman dan tanpa efek samping. Selain aman untuk kulit, bahan alami juga mudah digunakan alias nggak ribet, dan terbukti ampuh.

Apabila kamu ingin tahu cara menghilangkan kulit yang keras dan mendapatkan kaki yang lembut, berikut cara menghaluskan kaki yang telah dirangkum dari Brilio.net.

Air Hangat

Armoura
Gambar: Istimewa

Sebelum kamu mencoba menggunakan cara yang lain, kamu bisa merawat area kaki kapalan dengan air hangat. Caranya rendam kaki sekitar 20 menit lamanya. Kemudian keringkan kaki dengan handuk, usap dengan handuk tersebut secara perlahan bagian kaki kasarmu, maka kalusmu akan ikut terangkat dengan sendirinya. Merendam kaki dengan air hangat adalah obat pertama yang direkomendasikan oleh American Academy of Dermatology.

Cuka Sari Apel

Kandungan asam dalam cuka sari apel dapat melembutkan kulit keras kalus. Caranya campurkan larutan empat bagian air dan satu bagian cuka sari apel dan rendam bagian kakimu selama sekitar 20 menit. Saat kamu sedang merendam kakimu pada rendaman ini, kamu bisa sambil mengelupas satu atau dua lapisan kalus secara perlahan. Jangan menarik terlalu keras karena mengelupas kulit di sekitar atau di atas kalus dapat menyebabkan infeksi.

Minyak Jarak

Armoura
Gambar:99.co

Minyak jarak memiliki sifat pelumas kulit alami. Sifat ini bisa membantu ketika kamu mencoba mengkondisikan kulitmu untuk menghilangkan kalus. Caranya rendam kaki kasarmu dalam campuran air hangat dengan 5 sendok makan minyak jarak yang cukup untuk mengenai dan melumasi kulit keras dan menenangkan area yang terkena.

Batu Apung

Sebuah batu apung bisa sangat berguna ketika kamu memiliki kalus di bagian bawah kaki atau di bagian mata kaki. Caranya rendam kakimu secara menyeluruh dengan air hangat, kemudian berikan tekanan batu apung ke kalus dan gosok dengan gerakan memutar. Kamu bisa melakukannya secara perlahan, jangan mencoba untuk menghilangkan seluruh kalus sekaligus yang takutnya akan berdampak pada infeksi.

Garam

Armoura
Gambar: Istimewa

Garam di sini adalah garam epsom, yang dianggap sebagai exfoliator. Caranya campurkan 2 hingga 3 sendok makan ke dalam baskom atau mangkuk berisi air hangat, kemudian rendam kakimu. Manfaat perawatan ini juga bisa membuat kakimu terasa santai dan lebih rileks. Butiran halus garam larut untuk melemaskan otot-otot dan dapat menenangkan kulit.

Madu

Madu dikenal karena sifatnya pelembab dan antiseptik. Ini adalah penyembuh yang hebat dan dapat digunakan untuk menenangkan dan menghaluskan kulit. Caranya tambahkan secangkir madu ke seember air hangat. Rendam kakimu di dalamnya selama 20 menit. Sekarang bersihkan kakimu secara lembut menggunakan spons. Ulangi cara ini setiap malam sebelum tidur setidaknya dua kali seminggu.

Bawang Putih

Armoura
Gambar: parenting.firstcry.com

Bawang putih merupakan bumbu makanan yang memiliki banyak manfaatkan, terutama untuk kesehatan dan kecantikan kulit, termasuk bisa membuat kulit lebih halus dan lembut. Caranya iris bawang menjadi lebih tipis, kemudian gosokkan kulit kaki yang kasar dan kapalan dengan irisan bawang putih tadi.

Soda Kue dan Lemon

Kombinasi ini menggabungkan komponen asam (lemon) dan komponen kimia (natrium hidrogen karbonat, juga dikenal sebagai soda kue) untuk memicu reaksi yang membuat kapalan lebih mudah dihilangkan. Caranya siapkan air hangat pada baskom, kemudian campur 2 hingga 3 sendok makan jus lemon. Setelah beberapa menit merendam kalusmu dalam larutan ini, tambahkan soda kue secukupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top